Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Efek Buruk Cuci Mobil Menggunakan Sabun Colek
12 April 2022
Cuci Mobil dengan Sabun Colek

Mencuci mobil terkadang menjadi suatu hal yang bisa dilakukan sendiri di rumah sambil menghabiskan waktu luang. Akan tetapi Anda tidak bisa mencuci mobil sendiri secara sembarangan, terlebih cuci mobil dengan sabun colek.

Memang sabun colek juga bisa membersihkan kotoran pada mobil, hanya saja ada kandungan tertentu yang tidak aman jika digunakan untuk mencuci mobil secara terus-menerus. Perhatikan efek buruk mencuci mobil dengan sabun colek berikut ini!

Efek Buruk Cuci Mobil dengan Sabun Colek

Mencuci mobil sendiri memang lebih menghemat pengeluaran Anda, akan tetapi apakah Anda yakin sudah mencuci mobil dengan benar?

Apalagi jika cuci mobil dengan sabun colek. Hal ini kadang sering diabaikan oleh pemilik mobil. Alih-alih ingin mencuci mobil sendiri malahan Anda bisa mendapatkan efek yang buruk terhadap mobil Anda.

Efek apa saja yang akan ditimbulkan jika mencuci mobil dengan sabun colek? Berikut penjelasannya!

1.      Dapat mengikis lapisan pernis pada cat mobil

Mencuci mobil dengan menggunakan sabun colek ternyata bisa membuat mobil Anda cepat kusam, bahkan jika dilakukan dengan terus-menerus bisa membuat cat mobil Anda akan memudar.

Sabun colek memang bisa memberikan hasil yang bersih, akan tetapi secara perlahan bisa mengikis lapisan pernis pada cat sehingga bisa memudah dan belang.

Sebenarnya sabun colek itu sendiri digunakan untuk mencuci piring dan gelas yang mampu membasmi lemak sehingga memiliki kandungan asam yang sangat tinggi. Hal ini ternyata bisa berbahaya pada lapisan clear coat cat mobil Anda.

Jika clear coat sering terkikis maka lama-kelamaan bisa hilang. Jika sudah hilang, maka lapisan cat mobil sudah tidak memiliki proteksi terhadap paparan sinar matahari dan cuaca. Inilah yang kemudian bisa menyebabkan warna cat mobil Anda menjadi kusam.

2.      Sil mudah rusak

Efek buruk lainnya yang bisa terjadi jika Anda sering cuci mobil dengan sabun colek adalah bagian sil yang mudah rusak.

Sil mobil terbuat dari bahan karet dan berpotensi cepat rusak jika sering terkena sabun colek. Misalnya saja sil-sil karet yang berada pada kaki-kaki mobil bisa jadi cepat getas dan kurang awet saat Anda sering mencuci mobil dengan menggunakan sabun colek.

3.      Merusak lapisan cat pada velg

Efek buruk lainnya yang bisa terjadi jika Anda mencuci mobil dengan sabun colek adalah bisa merusak lapisan cat pada velg mobil Anda.

Sabun colek memang tidak diperuntukkan untuk mencuci mobil karena bisa mempengaruhi kualitas catnya. Bahkan sabun colek sendiri tidak cocok untuk mencuci area velg, begitu pula dengan penggunaan detergen.

Hal ini dapat merusak lapisan cat pada velg mobil Anda. Untuk itu, Anda bisa menggunakan sabun yang memiliki pH balance karena jika menggunakan sabun colek bisa membuat lapisan cat bisa jadi kuning.

Hal ini bukan berarti sabun colek tidak bisa digunakan untuk mencuci mobil ya Sahabat! Sebenarnya sabun colek ini bisa digunakan untuk cuci mobil, akan tetapi hanya pada bagian-bagian tertentu saja, seperti ban, mesin, atau kolong mobil.

Sabun colek memiliki sifat abrasif yang kuat sehingga nantinya bisa menyebabkan efek buruk pada mobil Anda. Jadi, untuk bodi mobil, Anda bisa menggunakan shampo khusus cuci mobil yang beredar di pasaran untuk menjaga kualitas dan kebersihan mobil Anda.

Perbaiki Kualitas Bodi Mobil Anda Hanya di Bengkel Daihatsu!

Saat sudah terjadi kesalahan terhadap proses pencucian mobil yang Anda lakukan, maka efek buruk di atas bisa terjadi pada mobil Anda. Untuk itu, Anda perlu menghindari cuci mobil dengan sabun colek agar kerusakan tidak berlanjut.

Untuk mengembalikan kualitas bodi mobil Daihatsu kesayangan Anda, maka sebaiknya Anda bisa melakukan perawatan mobil di bengkel Daihatsu terdekat yang ada di kota Anda.

Baca Juga:  Cara Cuci Mobil yang Benar Agar Cat Tidak Cepat Kusam

Melalui bengkel Daihatsu kami, maka mobil Anda akan ditangani oleh mekanik andal dan sudah terlatih sehingga bisa mengatasi berbagai masalah dan kendala yang terjadi pada mobil Anda.

Selain itu, bengkel kami juga dilengkapi dengan berbagai peralatan modern dan canggih sehingga bisa memperbaiki kerusakan pada mobil dengan cepat dan tepat.

Segera lakukan booking service online melalui kami sekarang juga dengan mengunjungi website resmi Daihatsu! Dapatkan berbagai penawaran menariknya sekarang juga!

Tips Sahabat Lainnya
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Tidak ada yang pernah mengira sebelumnya bahwa virus Corona ini akan berdampak pada banyak hal di dunia. Termasuk di Indonesia sendiri pada saat awal isu virus Corona di Wuhan, masyarakat Indonesia ma
Cara Membuat Peredam Suara Mobil Sendiri
Cara Membuat Peredam Suara Mobil Sendiri
Kabin yang senyap merupakan salah satu kebutuhan penting bagi para pemilik mobil untuk bisa mendengarkan audio berkualitas. Namun sayangnya, tidak semua mobil memiliki kabin yang senyap. Hanya mobil y
Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat
Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat
Apa yang Sahabat lakukan ketika hendak bepergian? Banyak orang yang akan menjawabnya dengan jawaban membaca doa. Namun tahukah kamu, selain membaca doa perjalanan atau doa naik kendaraan darat, m
Anti Ribet, Begini Cara Membuat Paspor Online
Anti Ribet, Begini Cara Membuat Paspor Online
Jalan-jalan ke luar negeri butuh paspor. Buat Sahabat yang belum memiliki paspor tapi berencana liburan ke luar negeri, kamu harus membuatnya terlebih dahulu. Sekarang ini kita semakin dimudahkan

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku