Logo Daihatsu
Menu

Efek Negatif Pasang Terminal Aki Mobil Terbalik

Otomotif

2022-01-20

Pasang Terminal Aki Mobil Terbalik

Kerusakan pada aki mengakibatkan kelistrikan terganggu. Penggantiannya bisa dilakukan sendiri, namun jangan sampai pasang terminal aki mobil terbalik.

Aki merupakan komponen penting. Lampu, klakson bahkan mesin kendaraan tidak dapat berfungsi jika terjadi kerusakan. Beruntung, cara melepas dan menggantinya mudah sehingga Anda dapat melakukannya sendiri.

Pasang Terminal Aki Mobil Terbalik

Hanya dengan beberapa peralatan sederhana, Anda dapat mengganti aki di mobil kesayangan. jika kendaraan rusak di tengah perjalanan, tidak perlu mendereknya ke bengkel. Beli aki, baru dan pasang sendiri lebih praktis.

Sebelum pemasangan, bagian plus dan minus harus diperhatikan dengan benar. Jika terjadi kesalahan dalam pemasangan maka dapat berakibat beberapa hal berikut:

Konsleting

Tanda jelas yang diakibatkan karena terjadinya kekeliruan saat memasang aki adalah muncul asap. Tentu ini sangat berbahaya. Percikan api yang terjadi dapat menyebabkan kebakaran.

Asap tersebut menandakan bahwa telah terjadi konsleting pada kelistrikan di kendaraan. Segera putuskan arus dengan melepas aki kembali. Hal ini untuk mengurangi kemungkinan yang lebih buruk.

Kelistrikan Terganggu

Sebagaimana disebutkan di atas, aki merupakan sumber listrik pada kendaran. Oleh karena itu jika pemasangan antara kutub positif dna negatif terbalik, maka kelistrikan akan terganggu.

Akibat yang ditimbulkan adalah bagian-bagian dari mobil terganggu. Sebagai contoh lampu mati. Jadi jika lampu rem atau sein mati, belum tentu disebabkan karena bohlamnya putus. Bisa jadi kelistrikannya terganggu.

Selain lampu, klakson juga berfungsi karena proses kelistrikan dalam kendaraan. Jika aki bermasalah akibatnya klakson tidak bisa berbunyi. Padahal hal ini sangat penting ketika berkendara.

Akibat kelistrikan berikutnya adalah mesin mobil tidak bisa menyala. Ketika menstarter mesin, tidak mau menyala? Bisa disebabkan karena kelistrikan yang tidak berfungsi. Mungkin Anda salah memasang aki beberapa saat sebelumnya.

Pasang Terminal Aki Mobil Terbalik

Seperti rumah tangga, dalam mobil juga terdapat sekring. Tentu bentuknya berbeda dengan yang Anda gunakan di rumah, namun fungsinya sama. Sekering berfungsi sebagai pengaman.

Misalnya saat Anda salah dalam memasang aki yang mengakibatkan konslet. Sekring otomatis akan putus. Tujuannya adalah menghentikan arus pendek yang terjadi karena dapat menimbulkan kebakaran.

Merusak ECU

ECU atau Electronic Control Unit adalah bagian komputerisasi sistem yang terdapat pada kendaraan bermotor. Seperti hal nya computer sebenarnya, kinerjanya dipengaruhi oleh sumber listrik

Begitu juga ECU kendaraan, jika sirkulasi listrik yang berasal dari aki terganggu maka komponen ini tidak bisa bekerja dengan maksimal. Oleh karena itu, sebelum memasang aki harus benar-benar memperhatikan bagian plus dan minusnya.

Kesalahan dalam pemasangan terminal aki berakibat fatal bagi kendaraan. Lakukan dengan teliti dan hati-hati. Terlebih apabila Anda seksama, hal tersebut tidak perlu terjadi.

Pada semua jenis aki, kabel plus terdapat warna merah, sedangkan pada minus warnanya hitam. Dari hal ini sudah sangat berbeda.  Namun jika memang terjadi kesalahan dalam pemasangan sebaiknya lakukan pengecekan kendaraan segera.

Jika Anda menggunakan kendaraan bermerek Daihatsu, sangat beruntung. Selain harga kompetitif untuk kualitas prima, juga didukung oleh bengkel dan teknisi terpercaya. Jadi jika terjadi kesalahan seperti di atas cepat tertangani.

Sebagai kendaraan ternama di Indonesia, layanan purna jual Daihatsu pantas mendapat acungan jempol. Tim handal akan segera menyelesaikan permasalahan kerusakan, termasuk karena pemasangan terminal aki yang keliru.

Ketika hal tersebut terjadi, segera kunjungi atau hubungi bengkel Daihatsu terdekat. Kendaraan Daihatsu akan segera ditangani. Kerusakan karena pasang terminal aki mobil terbalik akan segera mendapat solusinya. Jangan lupa, pilih Daihatsu!


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Tips Memilih Cover Mobil yang Tidak Merusak Cat

2022-01-20

Cover mobil yang tidak merusak cat merupakan dambaan bagi banyak pemilik mobil. Memilih cover mobil yang pas memang tidak mudah. Selain melihat dari sisi harga, merek, d

thumbnail

Tips Memperbaiki Karburator Mobil Sendiri

2022-01-20

Pada mobil, karburator memiliki peran penting terhadap kinerja mesin. Konsumsi bahan bakar atau tenaga mesin dapat dipengaruhi oleh kondisi karburator.

thumbnail

E-Tilang – Cek Info dan Cara Pembayaran

2022-01-20

E-Tilang atau tilang elektronik adalah sistem tilang yang dilakukan secara elektronik dengan memanfaatkan CCTV pada lampu lalu lintas sebagai pengawas menggantikan petug

thumbnail

Yuk Ketahui Cara Menghitung Pajak Progresif Kendaraan yang Benar

2022-01-20

Ingin membeli kendaraan pribadi guna penuhi kebutuhan mobilisasi? Hal ini bisa saja Anda lakukan sesuai keinginan. Namun apakah Anda tahu, bahwa setiap kendaraan yang An