Logo Daihatsu
Menu

Efek Negatif Sering Angkat Wiper Saat Mobil Parkir

Otomotif

2022-06-30

Angkat Wiper Saat Parkir

Anda salah satu pengguna kendaraan bermotor dengan jenis mobil? Apa Anda tahu bagaimana cara terbaik untuk merawat setiap komponennya? Mengetahui cara merawat setiap komponen mobil sangatlah penting. Meski terasa cukup sederhana fungsi dan cara merawatnya bisa saja Anda salah dalam melakukan perawatan.

Wiper adalah salah satu komponen sederhana yang dimiliki mobil. Untuk merawatnya cukup sederhana. Hanya saja banyak orang sering melakukan kesalahan. Salah satunya seperti keseringan angkat wiper saat parkir. Apa Anda tahu dampak yang akan terjadi?

Inilah Dampak Keseringan Angkat Wiper Saat Parkir

Mengangkat wiper saat sedang parkir memang cukup efisien untuk membuat karetnya lebih awet. Karena berbahan karet, sudah pasti tidak bisa sering terkena panas, baik panas secara langsung maupun melalui mediator.

Dengan mengangkat wiper saat mobil di parkir jelas mampu memberikan efek lebih awet pada karet wiper. Karet wiper tidak akan mudah getas atau mengalami kekakuan ketika tidak terkena panas berlebih. Panas hanya akan didapat dari sinar matahari langsung, tanpa melalui mediator, karena karet wiper tidaklah menempel pada kaca.

Tapi apa Anda tahu dampak negatif apa yang akan terjadi ketika keseringan mengangkat wiper tersebut? Pada batang wiper terdapat komponen berupa pegas. Pegas tersebut akan langsung tertarik ketika wiper mobil Anda diangkat.

Ketika wiper sering diangkat, dan diangkat dalam waktu yang lama, maka jelas kondisi pegasnya akan tertarik. Saat sering tertarik, konstruksi dan kekuatan pegas pun akan mulai menurun. Menurunnya kekuatan pegas sudah pasti berdampak pada penekanan wiper.

Wiper yang tidak memiliki daya tekan kuat, bisa dikatakan sebagai wiper yang rusak. Saat terjadi kerusakan, proses penggantiannya jauh lebih rumit dibanding jika memang sudah waktunya ganti. Tak banyak toko suku cadang atau aksesoris mobil yang menyedikan komponen pegas wiper. Makanya harus hati - hati dalam merawatnya.

Inilah Cara Efektif Merawat Wiper Tanpa Angkat Wiper Saat Parkir

Untuk menjaga kondisi wiper mobil agar tidak mudah rusak, baik untuk komponen pegasnya maupun karetnya, Anda bisa melakukan cara berikut. Anda bisa menggunakan kertas atau penyangga wiper yang dilapisi kain microfiber di antara kaca mobil dengan karet wiper mobil.

Dengan begitu, Anda bisa menjaga kondisi wiper agar lebih awet dan tahan lama. Karet wiper tidak akan mudah getas, dan pegasnya pun tidak akan mudah mengalami penurunan kekuatan. Sungguh efektif bukan untuk menjaga dan merawat kondisi wiper?

Atau lebih mudah lagi, Anda bisa mengangkat wiper ketika sedang parkir di bawah terik matahari langsung. Sedangkan saat Anda sedang parkir mobil di tempat yang teduh, tidak perlu mengangkat wiper tersebut. Mudah bukan untuk melakukan kedua cara yang kami rekomendasikan? Selain mudah, efektifitasnya pun cukup tinggi untuk menjaga kondisi wiper.

Nah, ketika Anda perlu mengganti wiper mobil, lakukanlah dengan tepat. Datang ke bengkel Daihatsu merupakan pilihan terbaik. Berikut ini laman yang berisikan informasi mengenai Daihatsu. Kami selalu menggunakan jasa dari teknisi yang sudah ahli. Yang jelas memiliki pengalaman lama di bidang service mobil.

Anda bisa percayakan penuh penanganan wiper mobil Anda di bengkel kami. Hasil pengerjaan kami sangatlah rapi dan memuaskan. Selain untuk perbaikan wiper, yang mengalami masalah karena keseringan angkat wiper saat parkir maupun sudah waktunya ganti, Anda juga bisa melakukan service rutin atau segala jenis service lainnya di bengkel Daihatsu.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Mengapa Mobil Listrik Dianggap Sebagai Teknologi Ramah Lingkungan? Ini Alasan dan Pengaruhnya Bagi Lingkungan

2022-06-30

Kendaraan listrik memang sudah menjadi salah satu alternatif transportasi yang semakin populer di seluruh dunia. Mobil listrik menjadi salah satu alternatif transportasi

thumbnail

Jangan Dibiarkan, Ini Efek Buruk dari Karet List Pintu Mobil Kendor

2022-06-30

Salah satu yang sering diabaikan oleh pemilik kendaraan roda empat adalah karet list pintu mobil yang  kendor. Karena biasanya hal ini sudah disadari saat sudah terjadi gangguan pada unit mobi

thumbnail

Mengenal Komponen Sistem Bahan Bakar Konvensional & Fungsinya

2022-06-30

Meski sempat tersohor di awal tahun 1980-an, sistem bahan bakar konvensional kini masih digunakan di beberapa moda transportasi baik pada roda empat maupun roda dua. Sal

thumbnail

Tips dan Cara Tukar Tambah Mobil Syariah

2022-06-30

Tukar tambah mobil syariah barangkali adalah salah satu langkah yang bisa Sahabat lakukan. Terutama, bila Sahabat ingin mendapatkan mobil baru dengan harga yang baik, Un