Fuel Pump Mobil Bermasalah? Cek Penyebab dan Solusinya
Fuel pump mobil memiliki fungsi memompa bahan bakar dari tangki ke mesin. Fuel pump yang bermasalah akan berdampak pada banyak hal, salah satunya mesin mobil sulit dinyalakan.
Apabila komponen ini bermasalah maka dipastikan kinerja ruang pembakaran mesin tidak optimal sehingga mobil sulit distarter, mobil tersendat-sendat saat berjalan, hingga mesin tidak dapat dinyalakan sama sekali.
Anda bisa mengetahui fuel pump mobil yang bermasalah dari beberapa gejala berikut ini.
Penyebab Fuel Pump Mobil Bermasalah
Penyebab fuel pump mobil bermasalah biasanya karena masalah umur. Namun selain umur pemakaian, ada juga penyebab lainnya:
Umur pemakaian yang sudah lama
Pemakaian dalam jangka waktu lama akan membuat fuel pump aus. Tak hanya itu, jarangnya pengecekan komponen secara berkala juga menyebabkan kerusakan yang lebih cepat karena tidak ada penanganan sejak dini.
Bahan bakar kotor
Selain karena pemakaian, faktor kualitas bahan bakar juga jadi pertimbangan. Bahan bakar yang kurang berkualitas biasanya meninggalkan sisa kotoran yang lama kelamaan mengendap. Hal ini menyebabkan filter bahan bakar mudah tersumbat dan membebani kinerja fuel pump.
Filter bahan bakar tersumbat
Ada beberapa penyebab filter bahan bakar tersumbat, antara lain karena bahan bakar yang kurang bagus yang menyebabkan endapan sisa kotoran. Tak hanya itu, karat dan kotoran dalam tangki juga bisa membuat filter tersumbat. Mobil yang lama tidak digunakan pun juga berpotensi untuk membentuk lumpur dan residu yang bisa terbawa saat mesin dinyalakan lalu menyumbat filter.
Korsleting atau masalah kelistrikan
Penyebab fuel pump bermasalah lainnya adalah masalah kelistrikan. Masalah ini biasanya dipicu oleh usia pemakaian kabel, kabel terjepit, kabel mengalami gesekan dengan bodi mobil, sambungan longgar dan berkarat, serta sekering terbakar karena kelebihan arus.
Asal Anda tahu, melakukan modifikasi aksesori mobil juga bisa berdampak pada kelistrikan jika bukan dilakukan oleh ahlinya. Penambahan aksesori kadang membuat arus listrik semakin besar hingga membuat sirkuit fuel pump terganggu.
Baca juga: Cara Mengetahui Pompa Bensin Rusak dan Tips Memperbaikinya
Ciri-Ciri Fuel Pump Mobil Bermasalah
Jika Anda menjumpai ciri-ciri seperti berikut, bisa jadi fuel pump mobil Anda bermasalah.
Mesin sulit hidup
Yang pertama adalah mesin sulit hidup. Saat fuel pump mulai lemah, bahan bakar tidak dapat dipompa dengan tekanan yang cukup hingga ke ruang bakar. Alhasil proses pembakaran tidak bisa dilakukan secara optimal saat mesin dinyalakan.
Jika Anda mengalami hal ini, Anda bisa mengecek kondisi fuel pump apakah sudah aus. Tak hanya itu, dugaan lainnya adalah tegangan listrik ke pompa bisa jadi tidak stabil, relay fuel pump bermasalah, atau filter bahan bakar tersumbat.
Akselerasi tidak responsif
Jika mobil Anda terasa lambat saat akselerasi, bisa jadi itu pertanda fuel pump bermasalah. Akselerasi yang lambat biasanya karena suplai bahan bakar ke mesin tidak mencukupi saat pedal gas diinjak. Hal ini biasanya disebabkan fuel pump tidak menghasilkan tekanan yang maksimal, filter bahan bakar tersumbat, atau sensor tekanan bahan bakar bermasalah.
Solusi dari masalah ini adalah Anda bisa melakukan pengecekan tekanan bahan bakar, mengganti filter bahan bakar, atau mengganti fuel pump jika tekanan yang dihasilkan tetap rendah.
Mobil tersendat-sendat
Aliran bahan bakar yang tidak stabil menyebabkan mobil menjadi brebet saat dikendarai. Hal ini disebabkan karena fuel pump bekerja tidak konsisten. Penyebab utama mengapa mobil tersendat-sendat ini bisa jadi karena fuel pump mulai rusak, kotoran dalam tangki yang menghambat aliran, atau ada kabel yang longgar dan berkarat.
Solusi yang Anda bisa lakukan adalah pemeriksaan konektor dan kabel fuel pump, membersihkan tangki bahan bakar dan saluran, serta ganti fuel pump jika aliran bahan bakar masih tidak kunjung stabil.
Suara dengungan tidak terdengar saat kontak ON
Normalnya saat kunci kontak diputar ke posisi ON, fuel pump akan mengeluarkan suara singkat selama 1 hingga 2 detik. Jika suara ini tidak muncul, maka bisa jadi pompa tidak aktif.
Penyebab dari tidak didengarkan suara dengungan ini bisa karena fuel pump mati total, sekering putus, ada kabel yang putus, atau ECU tidak mengaktifkan pompa. Solusi yang bisa Anda lakukan adalah melakukan pengecekan pada sekering, kabel, dan kabel dari ECU ke fuel pump. Jika listrik normal namun pompa tetap diam, maka jalan satu-satunya Anda harus mengganti fuel pump.
Dampak Fuel Pump Rusak Jika Dibiarkan
Kerusakan pada fuel pump tidak bisa dibiarkan begitu saja. Anda harus segera menanganinya atau membawa ke bengkel terdekat agar dibantu oleh teknisi ahli. Berikut ini adalah dampak fatal jika Anda abai dengan fuel pump yang rusak.
Mobil mogok mendadak
Mogok mendadak di tengah jalan yang macet bukan hal yang menyenangkan. Apalagi jika cuaca sedang panas, hal ini akan membuat Anda semakin panik. Mobil mogok mendadak ini akibat dari pembakaran yang berhenti akibat tidak ada suplai energi ke mesin karena ketiadaan fungsi dari fuel pump.
Efisiensi bahan bakar menurun
Fuel pump yang rusak membuat efisiensi bahan bakar menurun. Hal ini dikarenakan tekanan bahan bakar tidak stabil, injektor tidak bekerja efisien, bahan bakar tidak kembali ke tangki dengan benar, dan ECU salah menyesuaikan campuran karena fuel pump memberi tekanan yang salah.
Kerusakan sistem injeksi
Jika fuel pump rusak dibiarkan, kerusakan pada sistem injeksi sangat mungkin terjadi. Hal ini karena fuel pump dan sistem injeksi saling mempengaruhi satu sama lain. Tekanan bahan bakar yang tidak tepat akan membuat injektor tidak bekerja optimal.
Baca juga: Beberapa Penyebab Kerusakan Fuel Pump Mesin Mobil Diesel
Solusi Mengatasi Fuel Pump Bermasalah
Berikut ini adalah solusi praktis yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi fuel pump yang bermasalah.
Periksa kelistrikan (relay, sekring)
Sekring dan relay biasanya ada di kotak sekring di ruang mesin atau di bawah dasbor. Anda bisa menggunakan multimeter untuk mengecek tegangan di socket fuel pump. Cek apa sekring putus atau meleleh. Cek juga socket apakah kendor, berkarat, atau terbakar.
Ganti filter bahan bakar
Anda perlu mengganti filter bahan bakar ini setiap 20 ribu hingga 40 ribu kilometer. Penggantian ini bertujuan mencegah penyumbatan dan menjaga aliran bensin tetap lancar. Filter yang tersumbat akan menyebabkan tekanan turun dan membuat fuel pump bekerja keras dan lebih cepat rusak.
Bersihkan tangki BBM
Anda bisa membersihkan bagian dalam tangki dengan karburator cleaner, kain bersih, dan semprotan angin. Tujuan pembersihan tangki ini untuk menghilangkan karat, lumpur, air, dan endapan yang bisa menyumbat filter dan merusak fuel pump.
Ganti fuel pump jika diperlukan
Jika pompa tidak bunyi sama sekali ketika kontak ON, maka Anda perlu mengganti fuel pump. Gunakan fuel pump yang original saat penggantian. Jangan lupa bersihkan tangki dulu sebelum Anda memasang fuel pump yang baru agar lebih efektif.
Biaya Ganti Fuel Pump Mobil
Estimasi biaya penggantian fuel pump mobil ini bervariasi, tergantung jenis mobilnya. Berikut ini adalah estimasinya.
- Daihatsu Ayla: Rp400.000 – Rp900.000
- Daihatsu Sigra: Rp500.000 – Rp1.000.000
- Daihatsu Xenia (all varian, non-diesel): Rp700.000 – Rp1.400.000
- Daihatsu Terios: Rp1.000.000 – Rp1.800.000
- Daihatsu Luxio/Gran Max: Rp800.000 – Rp1.500.000
Untuk biaya jasa bengkel, berikut ini adalah estimasinya.
- Tanpa turun tangki (akses via jok belakang): Rp150.000 – Rp300.000
- Dengan turun tangki (jika baut keras/rusak): Rp300.000 – Rp600.000
- Bersihkan tangki BBM (opsional): Rp100.000 – Rp250.000
- Scan ECU (jika perlu cek sistem injeksi): Rp100.000 – Rp200.000
Baca Juga : 5 Komponen Sistem Bahan Bakar Pada Mobil serta Fungsinya
Tips Mencegah Fuel Pump Bermasalah
Fuel pump yang bermasalah bisa menyebabkan mobil mogok tiba-tiba. Untuk mencegah hal itu terjadi, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda praktikkan.
Isi BBM di SPBU terpercaya
Gunakan SPBU resmi yang memiliki reputasi baik. Hindari membeli BBM eceran yang rawan tercampur air dan kotoran. BBM yang kotor dapat meninggalkan endapan pada tangki dan mempercepat kerusakan fuel pump.
Jangan biarkan tangki kosong
Selalu jaga agar level bahan bakar tidak di bawah seperempat tangki. Bensin dalam tangki juga berfungsi sebagai pendingin agar fuel pump tidak overheat. Ketika tangki kosong, endapan kotoran di dasar tangki bisa tersedot.
Servis berkala sesuai jadwal
Servis berkala bisa berupa penggantian filter bensin secara rutin tiap 20 ribu hingga 40 ribu kilometer dan pengecekan tekanan bahan bakar saat servis injeksi. Tak hanya itu, saat servis Anda juga bisa meminta untuk mengecek tangki bahan bakar apakah sudah berkarat atau berlumpur.
Itulah penjelasan tentang ciri-ciri fuel pump mobil bermasalah, penyebab, dan solusinya. Kenali gejalanya sejak awal, lakukan perawatan rutin, dan hindari kebiasaan yang bisa mempercepat kerusakan. Bicara soal bengkel perawatan dan perbaikan fuel pump mobil terbaik, sebaiknya Anda perlu mencoba pelayanan dari bengkel Daihatsu.