Logo Daihatsu
Menu

Ecu Mobil: Fungsi, Komponen, dan Gejala Kerusakannya

Otomotif

2022-09-26

Ecu Mobil: Fungsi, Komponen, dan Gejala Kerusakannya

Dengan adanya perkembangan teknologi yang begitu pesat, sekarang ini produsen mobil banyak yang menggunakan teknologi elektrik. Electronic Fuel Injection (EFI) menjadi system yang memiliki teknologi tinggi dan memiliki peran menggantikan karburator. System ini juga terbukti lebih efisien. Salah satu sistem yang popular adalah ECU mobil. 

Sayangnya, hingga sekarang tidak sedikit pengendara atau pemilik mobil yang belum memahami serta mempelajari dengan baik tentang Electronic Control Unit (ECU). Padahal, komponen ini mempunyai peran yang begitu penting dalam mobil. 

Penasaran komponen apa saja yang ada di ECU dan apa saja fungsinya? Simak pembahasan selengkapnya dibawah ini!

Apa Fungsi dari ECU Mobil?

ECU mobil adalah komponen yang menjadi sirkuit elektronik dan komponen ini akan mengendalikan aktuator yang mengganti sistem mekanis.

Dulunya, pengukuran waktu pengapian, pencampuran bahan bakar, kecepatan putaran mesin serta pencampuran udara pada bahan bakar dilakukan dengan menggunakan sistem mekanis. Tetapi, dengan adanya ECU di mesin injeksi, seluruh kegiatan tersebut dapat dikendalikan menggunakan proses komputer. 

Pada dasarnya, keberadaan ECU di mesin injeksi berfungsi sebagai komponen inti yang bisa menentukan jumlah bahan bakar yang telah disuplai dalam mesin. Pada dasarnya, program komputer akan menjadi penerima data serta menggerakkan mesin sesuai takaran yang dibutuhkan. 

ECU juga bisa menentukan durasi injeksi bahan bakar di injector dengan menentukan waktu yang tepat untuk memberi campuran udara serta bahan bakar pada mesin. 

Baca Juga : 5 Komponen Sistem Bahan Bakar Pada Mobil serta Fungsinya

Komponen Ecu Mobil

Ada berbagai jenis komponen dari ECU ini, berikut beberapa diantaranya, antara lain:

1. TCM

Transmission Control Module atau TCM merupakan modul yang ada di mobil bertransmisi otomatis. Fungsi yang dimiliki modul ini ialah mengatur perpindahan transmisi sesuai RPM mesin serta kondisi ketika berkendara. 

2. ECM

Engine Control Module atau ECM memiliki fungsi sebagai pengatur kerja mesin. Kerja mesin mulai dari starting, kemudian menyalakan busi hingga pendinginan, dilakukan oleh komponen ini. 

3. BCM

Body Control Module atau BCM memiliki tugas untuk mengatur kerja sistem kelistrikan pada kendaraan, sehingga aliran tenaga mesin ke roda berjalan secara efisien. Modul ini berada di mobil dengan penggerak empat roda. 

4. ABS Control Module

Komponen yang tidak boleh dilupakan adalah ABS Control Module. Module tersebut digunakan untuk kendaraan yang menggunakan sistem rem dan sudah menggunakan teknologi ABS. 

Modul ini memiliki peran agar nantinya ban tidak menjadi selip dan bisa mengatur pengereman saat berkendara di jalanan yang licin. Bisa dikatakan jika system ini juga memiliki peran pada sistem keselamatan. 

5. Airbag Control Module

Ada pula komponen ECU yang digunakan untuk mengembangkan kantung udara ketika terjadi benturan kendaraan yaitu Airbag Control Module. 

Baca Juga : Cara Memperbaiki Electric Power Steering yang Berat

Gejala ECU Mobil Mengalami Kerusakan

Ada berbagai macam tanda ECU mengalami kerusakan, antara lain:

  1. Mesin mobil menjadi sulit dihidupkan dengan menggunakan starter.
  2. Bahan bokor menjadi semakin boros, padahal jarak tempuhnya tidak begitu jauh.
  3. Ketika berkendara, terasa tersendat terutama di bagian mesin.
  4. Mobil menjadi lebih berat ketika dikendarai, hal ini disebabkan karena pengurangan tenaga mesin.
  5. Lampu check engine yang muncul di dashboard mati total. 

ECU mobil rusak apa bisa diperbaiki? Ya, tentu saja bisa. Ketika komponen ECU mobil mengalami kerusakan, pastikan sesegera mungkin melakukan perbaikan atau melakukan pergantian dengan yang baru.

Untuk masalah biaya remap ECU mobil, bergantung dari kerusakan ECU. Jika semakin parah kerusakannya, biaya bisa menjadi semakin mahal. 

Tetapi, bila harus dilakukan penggantian, ECU dibedakan berdasarkan tipe kendaraan dan kualitasnya. Semakin bagus kualitas, tentu akan semakin mahal.

Namun agar service dilakukan dengan baik, pastikan melakukan service di bengkel resmi Daihatsu. Mobil kesayangan Anda akan di service oleh teknisi professional sehingga dapat berfungsi dengan optimal kembali. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Bahaya Isi Ulang Air Aki Mobil Pakai Air Zuur

2022-01-20

Tahukah Anda bahwa ternyata sangat bahaya isi ulang aki pakai air zuur, mengapa? Karena air zuur mengandung asam sulfat. Kandungan asam sulfat  ini bisa berbahaya,

thumbnail

Mengapa AC Mobil Bisa Rusak Saat Terkena Cuaca Panas?

2022-05-06

Cuaca yang panas pastinya akan membuat suasana hati juga akan ikut panas. Apalagi jika Anda sedang mengendarai mobil dalam perjalanan yang jauh. Menyalakan AC mobil menj

thumbnail

Mengenal Aneka Jenis Sistem Rem Mobil

2020-11-17

Mobil termasuk moda transportasi pribadi yang diminati oleh masyarakat, karena dapat membantu kebutuhan harian penggunanya. Setiap kendaraan dilengkapi dengan fitur keamanan dan keselamatan seperti

thumbnail

Kapan Pemutihan Pajak Kendaraan 2023? Cek Update Terbaru di Sini!

2023-10-30

Bagi para pemilik kendaraan khususnya yang menunggak pembayaran pajak, pemutihan pajak kendaraan menjadi momen yang dinanti-nanti. Namun kapan pemutihan pajak kendar