Logo Daihatsu
Menu

Rem ABS (Anti Lock Braking System): Pengertian, Komponen, Fungsi, dan Cara kerjanya

Otomotif

2024-02-26

pengertian rem abs adalah

Seiring berkembangnya teknologi, inovasi di sektor kendaraan juga semakin pesat. Salah satu terobosan yang memprioritaskan keamanan dan keselamatan penumpang adalah penggunaan sistem pengereman anti-lock braking system atau ABS pada mobil dan motor. Tetapi, apa sebenarnya ABS dan bagaimana cara kerjanya? Mari kita eksplorasi lebih lanjut.

Pengertian ABS

ABS adalah singkatan anti lock braking system yang merupakan dari inovasi sistem pengereman pada kendaraan untuk menjaga keselamatan pengendara dengan mekanismenya dapat menghindari terjadinya penguncian roda ketika dilakukan penghentian laju secara mendadak. 

Mengikuti perkembangan zaman, teknologi yang diusung pada setiap kendaraan, seperti mobil juga mengalami pembaruan. Salah satu fitur mobil yang mengalami perkembangan adalah sistem pengereman. 

Dahulu, sebagian besar mobil menggunakan sistem rem tromol atau cakram untuk menghentikan laju kendaraan. 

Akan tetapi, teknologi tersebut dirasa kurang ideal untuk digunakan, karena dianggap kurang mampu membuang panas serta debu dengan cepat. 

Sehingga, kini muncullah inovasi baru sistem pengeraman pada kendaraan yang disebut dengan rem ABS. 

Perlu Anda tahu, teknologi tersebut diadopsi dari mekanisme serupa yang terdapat dalam pesawat terbang.

Adanya teknologi tersebut, memungkinkan mobil tidak mengalami penguncian roda saat dilakukan pengereman secara mendadak. 

Seperti yang diketahui, melakukan pengereman secara mendadak, sementara laju kendaraan berada pada kecepatan tinggi pastinya akan membahayakan bagi pengemudi, bahkan bisa menimbulkan resiko terjadinya kecelakaan.

Maka dari itu, muncullah inovasi teknologi ini, sebagai salah satu upaya untuk memberikan keselamatan bagi pengguna kendaraan bermotor, baik mobil maupun motor. 

Baca juga: Mengungkap Perbedaan Rem Cakram dan Rem Tromol

Fungsi Rem ABS

Fitur keselamatan yang terdapat pada hampir seluruh mobil keluaran baru ini, akan membantu mempertahankan traksi roda terhadap jalanan ketika pengendara melakukan pengereman, mencegah terkuncinya ban kendaraan, serta membantu mengendalikan laju kendaraan yang tidak terkontrol saat dilakukan pengereman mendadak.

Ketika Anda mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi maupun saat di jalanan licin akibat hujan, tentunya melakukan pengereman mendadak merupakan hal yang paling dihindari. 

Akan tetapi, terkadang ada kondisi tertentu yang membuat Anda harus mengambil tindakan pengereman secara mendadak, misalnya saja ada orang melintas. 

Dalam hal ini, biasanya kendaraan menjadi sulit untuk dikendalikan. Adanya teknologi ABS, akan membantu Anda dalam mengendalikan mobil saat Anda melakukan pengereman secara spontan. 

Mengingat fungsi ABS tersebut, wajar jika saat ini banyak perusahaan otomotif dunia yang mengusung teknologi keamanan dan keselamatan ini.

Baca juga: Begini Cara Kerja Rem Cakram pada Mobil

Cara Kerja Sistem Rem ABS

Abs Adalah

Sebagai langkah untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan pengendara, perusahaan otomotif mengusung sistem rem ABS pada setiap produk kendaraan keluaran terbarunya. 

Teknologi ABS, akan berperan dalam membantu pengguna saat melakukan penghentian laju kendaraan secara mendadak. Adanya ABS, ketika terjadi pengereman roda tidak akan terkunci, sehingga meminimalisir slip pada ban kendaraan. 

Dengan demikian, laju mobil maupun motor bisa dikendalikan dengan baik oleh pengemudi. Jika mobil tidak dilengkapi dengan sistem ABS, maka ketika dilakukan pengereman kendaraan akan tetap meluncur tak terkendali.

Setelah Anda mengerti pengertian ABS beserta fungsinya, tak ada salahnya untuk mengetahui cara kerja pada teknologi tersebut agar lebih paham. 

Pada dasarnya, teknologi keamanan ini akan bekerja ketika Anda menarik tuas rem secara mendadak. Di kondisi tersebut, sensor sistem akan mendeteksi roda yang terkunci.

Deteksi sensor tersebut, akan membuat piston rem secara otomatis melepaskan tekanan ke titik normal. Namun, saat roda berputar tekanan piston akan dikeraskan kembali. 

Biasanya, proses dari titik normal menuju pengerasan piston ini akan berlangsung dengan cepat. Kondisi tersebutlah yang berperan dalam membuat mobil mudah dikendalikan.

Baca juga: Berikut Perbedaan Rem ABS dan Non ABS yang Wajib Anda Ketahui

Komponen Rem ABS 

Kepanjangan ABS yaitu Anti Lock Braking System yang memiliki fungsi dan cara kerja yang unik, maka ada baiknya untuk mengenali berbagai komponen pendukungnya. 

Pada dasarnya, terdapat empat komponen penting yang bekerja dalam sistem pengereman ABS, yaitu sensor kecepatan, katup pengereman, pompa, dan kontroler.

Keempat material tersebut mempunyai fungsi yang berbeda, namun tepat berkaitan satu sama lain. Pada sensor, mengambil peran penting dalam membaca kecepatan putaran roda mobil saat berkendara. 

Biasanya, komponen ini terdapat pada setiap roda kendaraan, tetapi kadang ada yang diferensial, tergantung pada pabrik yang mengeluarkan.

Katup pengereman memainkan fungsi dalam penyaluran minyak rem. Pompa rem berperan dalam mengembalikan tekanan yang dilepas katup rem. 

Sedangkan, kontroler sebagai pengendali katup pengereman serta pengolah data dari sensor kecepatan. Itulah komponen rem ABS dan fungsi kerjanya.

Adanya sistem pengereman ABS dirasa mampu menjaga keamanan dan keselamatan bagi pengguna kendaraan. Teknologi tersebut memungkinkan mobil tidak mengalami penguncian roda ketika pengendara melakukan pengereman mendadak. 

Dengan demikian, mobil masih bisa dikendalikan meskipun pengguna telah melakukan pengereman secara mendadak.

Apa yang dimaksud dengan ABS dan Non ABS?

ABS (Anti-lock Braking System) dan Non-ABS adalah dua jenis sistem pengereman kendaraan. Rem ABS menggunakan sensor untuk mencegah penguncian roda saat pengereman mendadak, sementara rem Non-ABS mengandalkan penerapan tekanan manual pada pedal rem. Dalam memilih antara keduanya, pertimbangkan keamanan, respons pengereman, dan kestabilan kendaraan. Keputusan tergantung pada kebutuhan dan preferensi pengemudi.

Apa Perbedaan ABS dan CBS?

Perbedaan mendasar antara ABS dan CBS terletak pada cara kerjanya. ABS, sebagai sistem pengereman elektronik, memastikan ban motor tidak terkunci saat terjadi pengereman mendadak. Sementara itu, CBS beroperasi secara mekanis, mengoptimalkan pengereman dengan menjalankan rem depan dan belakang secara bersamaan. Dengan demikian, ABS fokus pada mencegah slip ban, sementara CBS bertujuan meningkatkan efisiensi pengereman melalui koordinasi rem kedua bagian kendaraan.

Baca juga: 4 Tanda Kamu Harus Mengganti Rem Mobil

Nah itu dia sahabat informasi mengenai ABS, mulai dari pengertiannya, fungsi, hingga cara kerjanya. Sebagai penutup, perkembangan teknologi dalam sektor kendaraan, terutama melalui inovasi seperti Anti-lock Braking System (ABS), telah menjadi tonggak penting dalam meningkatkan keamanan dan keselamatan pengendara.

Sejalan dengan terus berkembangnya teknologi ini, keselamatan di jalan raya semakin menjadi fokus utama, memastikan pengalaman berkendara yang lebih aman bagi semua. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Cuci Mobil Pagi dan Malam, Lebih Disarankan

2022-05-27

Mencuci mobil menjadi sebuah keharusan untuk Anda pemilik kendaraan roda empat. Mencuci mobil sudah termasuk ke dalam perawatan kendaraan yang hukumnya wajib. Sebagian o

thumbnail

Syarat Mendapatkan Stiker Bebas Mudik Bagi Pengemudi Bus

2021-06-09

Bagi pengemudi bus yang membawa penumpang demi kepentingan darurat, wajib memasang stiker bebas mudik di kaca depan bus. Stiker tersebut wajib dipasang agar bus tetap bi

thumbnail

Penyebab Transmisi Matic Tidak Mau Pindah Gigi dan Solusinya

2022-12-28

Ketika transmisi matic tidak mau pindah gigi, pasti Anda akan langsung terkejut dan panik. Lebih-lebih jika sedang berada di jalan raya. Sekarang ini, mobil matic me

thumbnail

Ingin Bisa Lulus Tes Simulator SIM C? Yuk Ikuti Tips Berikut Ini!

2020-12-22

Tes simulator SIM C adalah salah satu langkah yang mesti ditempuh, supaya bisa secara resmi mendapatkan SIM C. Tes simulator SIM C sendiri tidak sesulit yang dikira. Den