Logo Daihatsu
EN | ID

Tips Sahabat

Bagikan
Fuel Pump Mobil: Fungsi, Tanda Kerusakan & Cara Mengatasinya
05 Desember 2022
Fuel Pump Mobil: Fungsi, Tanda Kerusakan & Cara Mengatasinya

Fuel pump atau pompa bensin pada mobil memiliki fungsi sebagai alat pemompa bahan bakar dari tangki mobil menuju ruang pembakaran mesin.

Oleh karena itu, kondisi komponen ini harus selalu terjaga agar tidak mengganggu kinerja mesin. Di bawah ini akan dijelaskan mengenai fungsi dan tanda-tanda kerusakan pompa bensin yang perlu Anda waspadai beserta cara mengatasinya.

Fungsi Fuel Pump (Pompa Bensin)

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, fungsi utama pompa bensin adalah memompa bahan bakar dari tangki mobil menuju ruang pembakaran mesin. Namun, perlu Anda ketahui setiap jenis kendaraan memiliki pompa yang berbeda. 

Untuk jenis mobil yang menggunakan karburator, pompa bensin berfungsi memompa bahan bakar dari tangki mobil menuju karburator. Sedangkan pada jenis mobil yang menggunakan mesin injeksi. Pompa bensin berfungsi memompa bahan bakar dari tangki mobil menuju sistem injektor mobil.

Baca Juga : Pengertian Dan Fungsi Feed Pump Pada Mesin Diesel

Tanda Adanya Kerusakan pada Fuel Pump (Pompa Bensin)

Berikut tanda-tanda yang perlu Anda ketahui ketika pompa bensin bermasalah atau mengalami kerusakan. 

1. Sulit menyalakan mesin mobil

Ketika pompa bensin mengalami kerusakan atau bermasalah maka kinerjanya akan terganggu. Pompa bensin tidak akan bisa memompa bahan bakar dengan baik dan tidak dapat menyiapkan bahan bakar sesuai kebutuhan ruang pembakaran mesin. Akibatnya pada jalur bahan bakar (full line) mobil kosong. Hal tersebut dapat dapat menyebabkan mesin mobil susah untuk dinyalakan. 

2. Laju mobil tersendat-sendat

Tanda pompa bensin bermasalah selanjutnya, bisa ditandai dengan tersendatnya mobil ketika melaju. Hal tersebut terjadi karena pompa bensin terlalu kotor sehingga menyebabkan penyumbatan.

3. Check engine lamp berkedip

Tanda kerusakan selanjutnya bisa ditandai dengan munculnya kedipan dari bagian check engine lamp (lampu indikator injeksi).

4. Sekring pompa bensin menjadi gosong

Tersumbatnya pompa bensin oleh kotoran dapat menimbulkan kerusakan pada bagian sekring pompa bensin. Kinerja sekring akan menjadi lebih berat sehingga menyebabkan komponen ini gosong.

Baca Juga : Cara Mengetahui Pompa Bensin Rusak dan Tips Memperbaikinya

5. Asap knalpot mengeluarkan bau menyengat seperti bau bahan bakar

Munculnya bau bahan bakar yang menyengat ketika asap keluar dari knalpot merupakan tanda kurang optimalnya proses pembakaran mesin. Hal tersebut terjadi akibat pompa bensin tidak bisa menyuplai bahan bakar ke ruang pembakaran mesin secara maksimal. 

Cara Mengatasi Pompa Bensin yang Rusak

Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi pompa bensin yang rusak atau bermasalah. 

1. Ganti sekring pompa bensin

 Ganti sekring pompa bensin yang gosong dengan sekring yang baru.

2. Lepas bagian relay pompa bensin

Melepas bagian relay pompa bensin dari socketnya untuk memeriksa tahanan terminal relay. Anda bisa memeriksa tahanan pada terminal 3 dan terminal 5 relay. Hasil standar pemeriksaan harus 10 Ohm atau lebih.

Kemudian periksa kembali kedua terminal tersebut dan tambahkan satu daya. Tambahkan daya tersebut ke terminal 1 dan 2 hingga hasilnya kurang dari 1 Ohm.

3. Mengecek bagian wiring harnes pompa bensin

Selanjutnya Anda bisa mengecek bagian wiring harnes pompa bensin apakah terjadi korsleting listrik atau tidak.

4. Mengecek bagian tahanan pompa bensin

Selanjutnya, Anda bisa mengecek bagian tahanan pompa bensin dengan melepaskan terminal pompa bensin. Pastikan hasil standar pemeriksaan tahanan pada terminal 3 dan 4 mencapai 0,2-0,3 Ohm dengan suhu 20 derajat. Apabila hasilnya tidak sesuai standar, maka motor pompa bensin harus segera diganti.

Selain cara di atas, Anda bisa melakukan servis mobil secara berkala di dealer Daihatsu terdekat

Tips Sahabat Lainnya
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Saat bepergian, biasakan untuk selalu mengawalinya dengan doa. Doa untuk memulai perjalanan adalah cara yang baik dan penting untuk memulainya dengan doa bepergian. Hal ini dikarenakan, tidak akan ada
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Tidak ada yang pernah mengira sebelumnya bahwa virus Corona ini akan berdampak pada banyak hal di dunia. Termasuk di Indonesia sendiri pada saat awal isu virus Corona di Wuhan, masyarakat Indonesia ma
Engine Mounting Komponen Penting Mesin Mobil
Engine Mounting Komponen Penting Mesin Mobil
Tahukah Sahabat bahwa tatkala mesin mobil dihidupkan maka akan timbul getaran yang cukup tinggi pada setiap komponen mesin. Apabila getaran yang cukup tinggi ini masuk hingga ke bodi mobil, dipastikan
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
Bagi Sahabat pengguna mobil tua, tentu tidak asing lagi dengan komponen karburator mobil. Karburator ini tidak akan kita temukan pada kendaraan keluaran terbaru. Karena mobil yang diproduksi baru-baru

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor