Logo Daihatsu
EN | ID

Tips Sahabat

Bagikan
Begini Cara Memperbaiki Pompa Bensin Mobil Injeksi
29 Desember 2020
cara memperbaiki pompa bensin mobil injeksi

Pompa bensin (fuel pump) yang bermasalah bisa menyebabkan mesin mogok ataupun mati tiba-tiba. Karena itu, banyak pemilik mobil yang bertanya bagaimana cara mendeteksi ketika fuel pump bermasalah, pasalnya keberadaan dari alat tersebut tidak terhubung dengan indikator check engine. Untuk itu, yuk simak tanda serta cara memperbaiki pompa bensin mobil injeksi berikut. 

Meski masalah pada fuel pump sedikit sulit untuk diidentifikasi, karena semua lampu indikator pada dashboard mobil tidak akan menunjukkan tandanya. 

Namun bukan berarti hal yang tidak mungkin untuk mendeteksinya, ada baiknya Anda mulai mengenali tanda tandanya agar lebih nyaman dan aman selama berkendara.

Tanda Pompa Bensin Mengalami Masalah

Tanda pertama yang bisa Anda deteksi ketika pompa bensin bermasalah yaitu mesin tersendat, kemudian mati total. Hal ini biasa terjadi saat tingkat putaran mesin tinggi dan fuel pump tersumbat kotoran. 

Jadi, asupan bahan bakar menjadi tersendat atau bahkan mati, dan membuat mesin mobil tidak bisa dihidupkan. Tanda tersebut disebabkan oleh fuel pump yang tersumbat endapan kotoran dari tangki bahan bakar. 

Jadi salah satu cara memperbaiki pompa bensin mobil injeksi yang bermasalah, bisa dilakukan dengan membersihkan bagian pompa bensin tersebut dari berbagai kotoran yang mengendap di dalamnya.

Baca juga: Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin

Namun bukan hanya kotoran saja, mesin mobil yang sulit untuk dihidupkan juga bisa disebabkan oleh keadaan spring yang lemah. 

Lemahnya spring membuat bahan bakar yang masuk pada ruang pembakaran menjadi terlambat, sehingga mesin harus menunggu lebih lama daripada biasanya untuk aktif ketika mobil telah  di-starter

Muncul bau bensin yang menyengat juga dapat menjadi salah satu tanda bahwa bagian pompa bensin mengalami masalah. 

Hal ini terjadi karena efek pembakaran yang kurang sempurna di ruang bahan bakar, akibat dari ketidaksesuaian jumlah bahan bakar yang telah disalurkan oleh fuel pump dengan waktu pembakaran itu sendiri.

Baca juga: Mengenal Komponen Sistem Bahan Bakar Konvensional & Fungsinya

Cara Memperbaiki Pompa Bensin yang Rusak

Cara memperbaiki pompa bensin mobil injeksi juga bisa dilakukan ketika Anda menemukan pasokan bahan bakar rendah. Saat mobil dalam kondisi mati, lepas kunci selang yang menghubungkan fuel dan injektor. 

Kemudian hubungkan fuel pump pressure gauge dan susun secara seri atau dibolak balik. Jika sudah terpasang coba hidupkan mesin.

Lihat pada bagian tekanan standby dan perhatikan angka yang tertera. Apabila jarum berada di angka standar maka fuel pump berarti tidak mengalami masalah. 

Jika jarum bergetar kisaran 2 hingga 3 kpa, maka dapat dikatakan pompa bensin dalam keadaan aman. Namun, bila pergerakan menunjukkan 100 atau 200 kpa, berarti pompa bensin butuh untuk diperiksa.

Untuk mengatasi ini Anda sebaiknya membawa kendaraan ke bengkel terdekat agar tidak menimbulkan kerusakan lebih lanjut. 

Apabila kendaraan Anda terlanjur mengalami kerusakan pada komponen tersebut, maka cara memperbaiki pompa bensin mobil injeksi adalah dengan mengganti satu set paket pompa yang baru.

Setelah penggantian satu set paket pompa yang berisikan motor pompa, fuel level gauge, saringan, dan IC control. Maka kendaraan Anda akan mendapatkan performanya kembali seperti semula. 

Tak hanya menjaga komponen pompa bensin saja, pemberian bahan bakar yang berkualitas juga bisa berdampak pada performa mesin kendaraan.

Baca juga:

 5 Komponen Sistem Bahan Bakar Pada Mobil serta Fungsinya

Tips Sahabat Lainnya
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Seberapa sering Sahabat bepergian dalam setahun? Apakah kamu tergolong individu yang sering melakukan perjalanan atau yang paling sering diam di rumah? Tahukah kamu, melakukan perjalanan atau
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Busi memegang peranan penting sebagai salah satu komponen suku cadang kendaraan otomotif termasuk mobil. Busi mobil yang bermasalah dapat menyebabkan mesin mobil tidak dapat bekerja secara seimbang ak
Air Radiator Mobil yang Bagus
Air Radiator Mobil yang Bagus
Memilih air radiator untuk mesin mobil yang bagus sangat penting untuk menjaga suhu mesin mobil agar tetap ideal. Penggunaan air radiator mobil yang tidak tepat dapat berimbas kepada mesin mobil yang
Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat
Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat
Apa yang Sahabat lakukan ketika hendak bepergian? Banyak orang yang akan menjawabnya dengan jawaban membaca doa. Namun tahukah kamu, selain membaca doa perjalanan atau doa naik kendaraan darat, m

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor