Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Valve Spring Compressor: Fungsi & Cara Menggunakan
15 Agustus 2022
Valve Spring Compressor: Fungsi & Cara Menggunakan

Bicara soal otomotif memang tidak akan kehabisan bahan pembicaraan yang diulas lebih mendalam, termasuk soal fungsi valve spring compressor yang cukup istimewa di dunia otomotif.

Lantas apa yang membuatnya cukup istimewa? Pasti Anda penasaran? Langsung saja simak pembahasannya di bawah ini.

Baca juga : Cara Kerja Valve Body Gearbox pada Mobil Matic

Fungsi Valve Spring Compressor

Sebelum Anda mengetahui fungsi dari valve spring compressor, Anda harus mengetahui faktanya terlebih dahulu.

Jika Anda mendengar nama valve spring compressor pasti pikiran Anda langsung menduga bahwa benda tersebut adalah sebuah piranti mobil. 

Jika Anda berpikiran seperti itu, berarti Anda salah. Pengertian dari valve spring compressor merupakan sebuah alat servis yang khusus dan hanya bisa digunakan sekali saja.

Valve spring compressor berfungsi sebagai penekan pegas ketika ingin melakukan proses pemasangan atau pelepasan cotter valve (kuku macan).

Cotter valve memiliki fungsi sebagai pengunci valve, dan dikenal sebagai komponen mobil yang susah untuk dilepas sehingga Anda membutuhkan alat khusus untuk mempermudah proses pelepasan.

Selain itu juga dapat meminimalisir terjadinya kerusakan pada komponen disekitar cotter spring. Valve spring compressor memiliki bentuk yang beragam sehingga penggunaan alat ini sesuai dengan model alat yang dipilih namun untuk fungsi masih tetap sama yaitu penekan pegas pada valve.

Cara Menggunakan Valve Spring Compressor

Setelah mengetahui apa itu valve spring compressor hingga kegunaanya, berikut ini cara kerja dan menggunakan valve spring compressor dengan benar.

1. Atur Posisi Batang Tangkai dengan Benar

Pada dasarnya valve spring compressor memiliki bentuk seperti persegi yang tidak sempurna karena bagian atasnya tidak menyambung atau terputus.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengatur posisi batang tangkai dengan benar dengan memperhatikan bagian tangkai yang bergerak dan diam.

Gunakan bagian tangkai yang diam untuk menahan posisi valve sehingga kedudukannya tidak berpindah ketika pegas ditekan.

Baca Juga : Fungsi Dwell Tester : Cara Perawatan & Menggunakannya

2. Setel Bagian Tangkai yang Bisa Bergerak

Selanjutnya, Anda bisa menyetel bagian tangkai yang bergerak dengan menggunakan ulir atau drat, setel tangkai sesuai kebutuhan.

Cara menyetel tangkai sangat mudah, pastikan posisi batang tangkai sudah benar, lalu maju mundurkan bagian ujung tangkai hingga valve compressor tidak bergeser ketika digunakan. 

3. Tekan Bagian Valve Compressor

Langkah selanjutnya, Anda tekan bagian valve compressor agar pegas atau spring tersebut tertekan sehingga membuat cotter pin mudah dilepas atau dipasang secara sempurna.

Namun, jika belum sesuai, Anda bisa menyetel ulang dengan memutar bagian tangkai. Lakukan dengan perlahan dan jangan tergesa-gesa agar cotter pin dapat dipasang dan dilepas dengan mudah. 

4. Lepas dan Pasang Cotter Pin

Setelah Anda mengikuti tahapan-tahapan sebelumnya, sekarang saatnya Anda untuk melakukan proses pelepasan dan memasang cotter pin sesuai yang Anda butuhkan.

Setel posisi dan pastikan sudah terpasang sempurna pada katup pengunci, pastikan katup sudah terkunci untuk menghindari risiko kebocoran katup.

Baca Juga : Peran Penting Ring Piston Mobil hingga Tips Jitu Perawatannya

Cara Merawat Valve Spring Compressor

Setelah mengetahui cara penggunaannya, Anda juga harus mengetahui bagaimana cara merawat alat ini agar awet. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Gunakan alat sebagaimana mestinya, yaitu untuk memudahkan menekan pegas pada proses pelepasan atau pemasangan cotter valve.
  2. Jika sudah tidak digunakan, segera bersihkan dan simpan di tempat yang  tidak berdebu.
  3. Selalu lumasi bagian poros agar mudah diputar dan tidak korosi.

Semoga ulasan fungsi valve spring compressor di atas beserta cara kerja dan menggunakannya dapat bermanfaat. Pastikan lakukan perawatan mobil secara berkala bersama dealer Daihatsu atau berkonsultasi dengan tenaga ahli. 

Tips Sahabat Lainnya
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Saat bepergian, biasakan untuk selalu mengawalinya dengan doa. Doa untuk memulai perjalanan adalah cara yang baik dan penting untuk memulainya dengan doa bepergian. Hal ini dikarenakan, tidak akan ada
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Busi memegang peranan penting sebagai salah satu komponen suku cadang kendaraan otomotif termasuk mobil. Busi mobil yang bermasalah dapat menyebabkan mesin mobil tidak dapat bekerja secara seimbang ak
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Bagi pecinta mobil tentu tak asing dengan istilah power steering. Power steering yang notabene merupakan teknologi yang sudah diaplikasikan di mobil terbaru memiliki segudang manfaat. Ada banyak sekal
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Untuk dapat memilih ban bagi kendaraan otomotif seperti mobil, hal pertama yang harus dipahami adalah spesifikasi dari ban tersebut. Spesifikasi dari ban sebenarnya dapat dipahami apabila seseorang ma

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku