Logo Daihatsu
EN | ID

Tips Sahabat

Bagikan
Harus Ninggalin Mobil dalam Waktu Lama? Ikuti Saja Tips Ini!
17 November 2020
tips mobil yang akan ditinggal lama

Tips mobil yang akan ditinggal lama adalah hal yang mesti diketahui Sahabat. Terutama, jika Sahabat ada keperluan yang mengharuskan Sahabat meninggalkan mobil kesayangan dalam waktu lama.

Jika Sahabat tengah mencari tips mobil yang akan ditinggal lama, maka Sahabat sedang membaca artikel yang tepat. Di sini, kami bakal memberikan tips yang sedang Sahabat cari itu. Tips yang dimaksud bisa Sahabat lihat di bawah ini!

Parkirkanlah Mobil di Garasi

Tips pertama yang bisa Sahabat lakukan adalah memarkirkan mobil di garasi. Sebelum melakukannya, Sahabat harus memastikan kalau garasinya sudah bersih dan aman.

Kalau Sahabat belum memiliki garasi, Sahabat bisa memarkirkannya di luar ruangan yang tergolong aman. Bila Sahabat melakukannya, pastikan mobil Sahabat betul-betul aman, serta telah menutupi bagian bodinya dengan sarung mobil. Untuk sarung mobil, pastikan ukurannya betul-betul pas dengan bodi mobilnya.

Bersihkanlah Interior dan Eksterior Mobil

Sebelum meninggalkan mobil dalam waktu lama, Sahabat harus membersihkan interiornya terlebih dulu. Melakukan hal itu dapat mencegah interior mobil dari bakteri dan jamur saat harus ditinggal lama. Selama membersihkan interior mobil, Sahabat bisa menyemprotkan pengharum agar interiornya tetap harus selama ditinggalkan Sahabat.

Eksterior pun juga harus dibersihkan Sahabat. Hal itu demi menjaga mobil dari debu dan lecet. Cara merawat eksterior mobil sendiri cukup sederhana. Sahabat hanya perlu mencuci mobilnya hingga bersih dari debu dan kotoran.

Janganlah Mengaktifkan Rem Tangan

Saat mobil akan Sahabat tinggal dalam waktu lama, pastikan jangan sampai mengaktifkan bagian rem tangannya. Mengaktifkan rem tangan saat mobil ditinggalkan hanya akan mengakibatkan bantalan rem tersangkut di bagian cakram.

Sebagai gantinya, Sahabat bisa mengganjal ban mobil dengan batu. Atau, bisa juga dengan melakukan kunci roda.

Semprotkanlah Sedikit Oli Pada Soket Busi Mobil

Saat mobil akan ditinggal lama, bagian dalam busi mobil akan sangat rentan karat dan lembab. Untuk menghindari itu, Sahabat harus memberi sedikit oleh pada soket busi mobil. Caranya, lepas busi sejenak, lalu semprotkan oli pada bagian soket. Habis itu, barulah pasang busi kembali.

Sahabat bisa membaca cara menghilangkan karat pada mobil terutama pada soket busi mobil.

Isilah Tangki Mobil dengan Bahan Bakar Sampai Penuh

Selain busi, tangki mobil juga rentan berkarat, bila ditinggal dalam waktu lama. Untuk mencegahnya, Sahabat bisa mengisi tangkinya dengan bahan bakar sampai penuh. Selain menghindari pengkaratan, tips ini juga akan mempermudah Sahabat saat hendak memakai kembali mobil Sahabat. Terutama, setelah ditinggal dalam waktu lama.

Gunakanlah Dongkrak Pada Ban Mobil Sahabat

Saat mobil ditinggalkan dalam waktu lama, ban akan sangat rentan mengalami kempes. Hal itu disebabkan lantaran bagian ban itu terlalu lama berpijak pada permukaan suatu tempat. Baik itu garasi atau tempat lain di mana mobil diparkirkan. Untuk menghindari kemungkinan buruk tersebut, Sahabat bisa memakai dongkrak pada tiap ban mobil Sahabat.

Lakukanlah Penggantian Pada Oli dan Filter

Jangan tinggalkan mobil dalam kondisi masih memakai oli dan filter lama. Oli dan filter lama bisa menimbulkan kerusakan pada mobil itu sendiri. Sebab, keduanya punya bahan-bahan yang cukup korosif.

Semisal serbuk logam, uap, dan uap air. Oleh karena itulah, sangat penting untuk mengganti oli dan filter mobil dengan yang baru. Terutama, bila mobil harus ditinggal dalam waktu yang lama.

Sebetulnya masih ada berbagai tips untuk mobil yang akan ditinggal lama. Namun, kami rasa beberapa tips di atas sudah cukup untuk Sahabat sekalian. Semoga Sahabat bisa mempraktekkannya, ya!

Penulis: Anggie Warsito

Tips Sahabat Lainnya
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Zaman terus bergulir dan perkembangan di dunia otomotif terus melaju. Beberapa dekade ke depan, perdebatan antara perbedaan mesin diesel dan mesin bensin akan dikalahkan dengan tren baru yang akan mun
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil yang menjadi solusi saat berada di cuaca di Ibu Kota yang sangat terik. Indonesia merupakan negara tropis dengan suhu udara yang cukup panas terlebih saat musim kemarau tiba. Di saat seperti
Air Radiator Mobil yang Bagus
Air Radiator Mobil yang Bagus
Memilih air radiator untuk mesin mobil yang bagus sangat penting untuk menjaga suhu mesin mobil agar tetap ideal. Penggunaan air radiator mobil yang tidak tepat dapat berimbas kepada mesin mobil yang
Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat
Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat
Apa yang Sahabat lakukan ketika hendak bepergian? Banyak orang yang akan menjawabnya dengan jawaban membaca doa. Namun tahukah kamu, selain membaca doa perjalanan atau doa naik kendaraan darat, m

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor