Logo Daihatsu
Menu

Begini Cara Menghilangkan Karat Pada Mobil

Otomotif

2020-11-17

cara menghilangkan karat pada mobil

Cara menghilangkan karat pada mobil adalah hal yang harus Sahabat ketahui. Karat pada mobil sendiri bisa mengakibatkan dampak negatif yang serius. Maka tak heran, bila cara menghilangkan pada mobil menjadi pengetahuan yang harus Sahabat miliki.

Kalau belum tahu cara menghilangkan karat pada mobil, jangan khawatir. Pasalnya, artikel ini akan memberitahu Sahabat cara melakukan hal tersebut. Bila Sahabat penasaran, simak saja list-nya di bawah ini!

Ketahui Dulu Bagian Mana Mobil Mana Saja yang Berkarat

Sebelum melakukan cara-cara lainnya, Sahabat harus tahu terlebih dahulu mana saja bagian mobil yang berkarat. Mengetahui bagian mobil yang berkarat bisa dilakukan dengan cara perotasian roda mobil.

Ada beberapa bagian mobil yang rentan mengalami karat. Area bagasi, pintu mobil, roda, dan bodi mobil adalah beberapa di antaranya. Khusus bodi mobil, area sambungan logam adalah area yang paling rentan terkena karat.

Cucilah Mobil Secara Berkala

Selain bikin mobil jadi lebih bersih, mencuci mobil secara berkala juga bikin mobil terbebas dari karat. Bila ingin melakukan cara ini, kami sarankan untuk melakukannya di pagi atau siang hari. Di waktu-waktu itu, mobil akan cepat kering setelah usai dicuci.

Selain mencuci secara rutin, Sahabat juga mesti mencuci mobil Sahabat, bila mobilnya terkena. hujan. Air hujan sendiri mengandung zat asam yang berpotensi bikin bodi mobil berkarat.

Rendamlah Bagian Mobil yang Terkena Karat ke Dalam Cuka

Bila Sahabat menemukan satu bagian mobil yang terkena karat, Sahabat bisa memakai cara ini. Caranya sendiri tidaklah rumit. Lepas satu bagian mobil yang berkarat itu. Lalu, rendamlah ke dalam larutan cuka selama 1 hingga 2 hari.

Bila masih tetap berkarat, tetap rendam bagian itu hingga karatnya betul-betul hilang. Agar karatnya bisa makin hilang, Sahabat bisa menyikat bagian berkarat itu, setelah bagian tersebut direndam ke dalam cuka.

Sikatlah Bagian Mobil dengan Baking Soda

Jika cara sebelumnya terasa ribet untuk Sahabat, cara ini barangkali bisa Sahabat lakukan. Sahabat hanya perlu menyikat bagian mobil yang berkarat dengan baking soda.

Sebelum melakukannya, pastikan baking sodanya telah dilarutkan ke dalam air terlebih dulu. Pastikan untuk melakukan cara ini secara berkala, agar karatnya bisa cepat menghilang.

Jika tidak memiliki baking soda, Sahabat juga bisa memakai bahan lain sebagai pengganti. Jeruk nipis atau garam adalah dua di antaranya. Sahabat bisa memakai salah satu atau kedua bahan itu.

Jika memakai keduanya, Sahabat bisa menaburi garam terlebih dulu pada bagian yang berkarat. Habis itu, baru direndam ke dalam campuran air dan jeruk lemon.

Gunakanlah Rust Remover

Jika Sahabat sudah melakukan cara nomor 1 hingga 3 namun karat masih saja ada, maka Sahabat bisa melakoni cara ini. Rust remover sendiri merupakan cairan kimia yang dikhususkan untuk menghilangkan karat pada mobil.

Cara menggunakan rust remover tidaklah sulit. Sahabat hanya perlu merendam bagian yang berkarat ke dalam cairan rust remover selama 15 menit hingga 8 jam. Lamanya durasi perendaman sangat tergantung dari seberapa besar karat pada bagian mobil tersebut.

Tutuplah Bagian yang Berkarat dengan Dempul

Cara ini dilakukan bila karat pada bagian mobil justru bikin bagian mobilnya berlubang. Ada beberapa tahap untuk melakukan cara ini. Pertama, Sahabat harus membersihkan bagian yang berkarat dengan amplas ataupun grinder.

Sesudah itu, Sahabat bisa langsung menutup bagian yang berkarat itu dengan dempul. Sahabat pun bisa melakukan pengecatan setelah bagian yang berkarat itu selesai didempul. Lakukan perataan pada bagian yang telah didempul itu dengan menggunakan amplas.

Pengecatan sendiri dilakukan sebanyak dua kali. Pengecatan pertama dilakukan dengan cat primer. Sementara pengecatan kedua dilakukan dengan memakai clear coat.

Bawalah Mobil ke Bengkel Resmi

Kalau yang satu ini dilakukan bila karat pada mobil Sahabat sudah sangat parah. Di bengkel resmi, mobil Sahabat akan diberi perawatan menyeluruh. Mulai dari menghilangkan karat, hingga melakukan perlindungan terhadap karat.

Bila kondisi karat pada mobil sangat parah, maka tidak menutup kemungkinan mobil akan dirombak besar-besaran. Cara yang terakhir ini memang membutuhkan biaya tak sedikit. Namun, sangat efektif khususnya bila karat di mobil sudah tidak bisa diantisipasi lagi oleh Sahabat.

Dampak Negatif Karat Pada Mobil

Membiarkan mobil dalam kondisi berkarat akan sangat membahayakan. Sebab, hal itu akan memberikan dampak negatif pada mobil itu sendiri. Adapun beberapa di antaranya adalah:

Mobil akan tidak nyaman dan aman saat dikendarai.

Karat pada mobil akan sangat membahayakan. Apalagi, jika karatnya berada pada bagian-bagian penting. Bila itu sampai terjadi, maka mobil akan sangat tidak nyaman dan aman. Terutama, saat hendak dikendarai.

Menimbulkan bolong pada bagian mobil yang terkena karat

Karat yang tidak dihilangkan akan menimbulkan efek buruk dalam jangka panjang. Salah satunya adalah munculnya lubang pada bagian mobil yang berkarat. Hal itu tentu akan membuat penampilan mobil tidak enak dilihat, sekaligus merusak bagian mobil yang telah berkarat.

Membuat biaya perawatan mobil kian membengkak

Mobil yang berkarat juga membuat biaya perawatan mobil membengkak. Sebab, nantinya Sahabat tidak hanya harus melakukan servis berkala pada mobil. Tetapi juga memperbaiki bagian mobil yang berkarat.

Biaya perawatan akan semakin membengkak jika karat mobilnya sangat parah, dan bikin mobil Sahabat harus dirombak ulang. Selain bikin biaya perawatan membengkak, karat mobil juga bikin harga jualnya kian menurun.

Manfaat Menghilangkan Karat Pada Mobil

Karena dampak negatifnya yang banyak, maka Sahabat harus mulai rajin melakukan langkah pencegahan. Salah satunya dengan melakukan sejumlah cara menghilangkan karat pada mobil yang sudah kami sampaikan di atas.

Ada manfaat tersendiri bila Sahabat berhasil menghilangkan karat pada mobil. Manfaat-manfaat itu adalah:

Membuat Sahabat Bisa Berkendara dengan Aman dan Nyaman

Sebagaimana yang sudah disebutkan sebelumnya, kalau karat pada mobil bisa bikin mobil Sahabat tidak nyaman dan aman. Dengan menghilangkan karat pada mobil, Sahabat secara tak langsung telah membuat mobil Sahabat kembali nyaman dan nyaman.

Menghemat Biaya Perawatan Mobil

Bagian mobil yang berkarat akan menambah biaya perawatan mobil Sahabat. Apalagi, jika karatnya makin parah dan mengharuskan Sahabat untuk melakukan perombakan ulang.

Untuk itulah, mengapa Sahabat harus mulai melakukan cara menghilangkan karat pada mobil. Jika Sahabat bisa menghilangkan karat pada mobil, maka Sahabat secara tak langsung mengurangi biaya perawatan mobil Sahabat.

Menambah Nilai Jual Mobil Sahabat

Mobil yang bebas dari karat merupakan mobil yang terawat. Semakin terawat sebuah mobil, maka nilai jualnya akan semakin tinggi. Hal itu tentu sangat menguntungkan, terutama saat nanti hendak menjual mobil Sahabat.

Demikianlah cara menghilangkan karat pada mobil, serta informasi terkait lainnya. Semoga bermanfaat dan bisa dipraktekkan oleh Sahabat sekalian. Sampai bertemu di arikel selanjutnya!

Penulis: Anggie Warsito


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Velg Mobil Percantik Visual Mobil

2020-12-03

Salah satu komponen dari kendaraan bermotor khususnya mobil yang dapat mempercantik tampilan adalah velg mobil. Komponen ini juga sering dan mudah dimodifikasi sesuai ke

thumbnail

Sebelum Beli Mobil Baru Ketahui Beda 4 Jenis Mobil Ini

2020-12-04

Bila zaman dahulu kita mengenal empat tipe mobil saja yakni sedan, jeep, minbus dan pick up dimana keempaatnya didesain sesuai dengan kegunaannya masing-masing. Kini tip

thumbnail

4 Cara Membuka Pintu Mobil yang Terkunci dari Dalam

2021-01-14

Sebagai pemilik kendaraan roda empat, pernahkah Anda menemukan momen kunci yang tertinggal di dalam mobil?  Dengan keadaan y

thumbnail

Cara Menghilangkan Residu Kampas Rem pada Velg Mobil

2022-04-07

Dengan memiliki mobil, Anda tentu memiliki tanggung jawab untuk memberikan perawatan terbaik pada mobil Anda agar kondisinya selalu prima. Bahkan terkadang ada saja pemi