Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Ide Bekal Sekolah yang Bergizi dan Kreatif
14 Juli 2020
bekal sekolah

Tingkah laku anak-anak terkadang memang menggemaskan terutama jika menyangkut soal makanan. Mereka seringkali suka pilih-pilih makanan dan cenderung lebih tertarik dengan makanan yang warnanya mencolok atau bentuknya yang unik. Meskipun orang tua sudah membekali makanan untuk anaknya, anak-anak tersebut tetap memilih jajan sembarangan di luar dan mengabaikan bekal yang dibawanya dari rumah. 

Hal itu disebabkan karena anak-anak tidak selalu lahap untuk menghabiskan bekal makanannya. Kemungkinan mereka merasa bosan atau kurang suka dengan bekal yang terlalu biasa. Sebagai orang tua, khususnya para ibu tentunya harus memiliki ide kreatif dalam menciptakan bekal menarik dan bergizi untuk buah hatinya. Sahabat dapat mengkreasikan menu bekal sekolah untuk anak dengan bahan yang sederhana dan cepat dalam pengolahannya. Dengan demikian, sang anak pun akan lebih bersemangat menyantap bekal yang dibawakan oleh ibunya.

Untuk menambah referensi Sahabat membuat bekal makanan yang sehat, inilah beberapa rekomendasi bekal yang bisa Sahabat buat untuk buah hati tercinta:

1. Burger Tempe

Menu bekal sekolah yang satu ini cukup unik dan menarik namun tetap kaya akan gizi untuk sang anak. Sahabat bisa kreasikan tempe menjadi sebuah burger mini yang sehat dan lezat. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat burger tempe yaitu: 150 gram tempe, 5 gram tepung roti, 4 buah roti burger, 2 butir telur ayam, 4 sendok saus tomat, 1 siung bawang cincang halus sudah ditumis, ½ sendok margarin, keju slice, selada air, irisan tomat, mentimun serta garam dan lada secukupnya. 

Cara pembuatannya yaitu Sahabat campurkan tempe yang sudah dikukus dan dihaluskan dengan tepung roti. Masukan telur, tumisan bawang putih, garam dan lada semua diaduk hingga rata. Setelah itu, Sahabat bentuk adonan menjadi bulat pipih seperti patty isian untuk burger.

Lalu Sahabat goreng tempe yang sudah dibentuk, tunggu hingga matang dan berwarna kecokelatan. Selanjutnya Sahabat siapkan roti burger dan oleskan saus tomat, isi dengan tempe, keju slice, selada, irisan tomat dan mentimun. Roti burger tempe mini kini sudah siap untuk disajikan bekal si kecil.

2. Pizza Roti Tawar

Pizza menjadi salah satu makanan favorit bagi anak-anak. Sahabat tentu dapat membuat pizza dengan menggunakan roti. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat pizza yaitu 2 lembar roti tawar, 2 sendok mayones, 50 gram keju parut, 4 sendok saus tomat, 2 buah sosis sapi iris tipis, 2 sendok margarin, jagung, bawang bombay, dan tomat secukupnya. 

Adapun cara membuatnya pertama-tama Sahabat tumis sosis dan bawang Bombay yang sudah diiris lalu sisihkan. Rebuslah jagung sebentar dan tiriskan. Setelah itu, oleskan satu lembar roti dengan saus tomat dan mayones. Lapisi roti dengan bawang bombay, jagung rebus dan tomat diatas roti yang telah diolesi mayones dan saus.

Selanjutnya, oleskan margarin di atas Teflon, masukan roti dan masak hingga berwarna kecokelatan hingga topping menempel dengan sempurna. Jika sudah matang segera tiriskan dan pizza roti tawar siap disantap.

3. Sandwich

Ide menu untuk bekal makanan anak yang bisa dicoba selanjutnya adalah membuat sandwich. Makanan sandwich kaya akan serat dan nutrisi yang bergizi. Agar bekal sandwich tetap nikmat dan sehat, Sahabat harus menggunakan bahan baku yang tepat. Pilihlah roti gandum karena kandungan seratnya lebih banyak. 

Sedangkan untuk isinya Sahabat dapat menambah porsi sayuran hijau seperti selada pada sandwich. Bahan-bahan yang diperlukan untuk sandwich antara lain: roti (utamakan roti gandum), selada, keju mozzarella, tomat, potongan daging ayam dan saus mayonnaise. Kandungan protein yang terdapat pada daging ayam dapat menambah energi pada tubuh untuk beraktivitas. 

Biasanya anak-anak juga menyukai makanan berbahan baku ayam. Selain ayam, Sahabat bisa mengganti bahan proteinnya dengan potongan telur atau ikan tuna. Untuk tambahan sayuran hijau, Sahabat juga bisa menambahkan brokoli untuk isi sayuran pada sandwich.

4. Bento Box

Bekal menu yang satu ini paling banyak disukai oleh anak-anak karena kemasannya yang praktis dan lucu. Sahabat tentu bisa membuat kreativitas untuk mempercantik tampilan bento agar sang anak semakin bertambah nafsu makannya. Bekal roti tawar biasanya menjadi bahan makanan yang paling simple digunakan sebagai bekal. 

Sahabat bisa membuat bento box dengan bahan baku roti tawar. Susun dan tata roti pada box bento/tempat makan agar tampil lebih menarik. Sahabat dapat menambah hiasannya dengan tambahan yang lain seperti sosis, nugget, selada, salad dan lain-lain. Sahabat juga bisa membekali bento dengan bahan mie spaghetti. Sahabat dapat menghiasnya membentuk karakter Winnie the pooh.

Selain roti dan mie, Sahabat juga dapat menggunakan bahan baku bekal makanan yaitu nasi. Sahabat bentuk nasi menjadi kepalan mungil dan dihias seperti boneka panda. Untuk hiasan warna hitamnya, Sahabat dapat menambahkan potongan nori. 

Jika anak Sahabat menyukai angry bird, Sahabat dapat menghias nasinya dengan tambahan wortel sebagai hiasan. Ada banyak karakter kartun yang bisa Sahabat tiru untuk menarik perhatian anak tercinta. Sahabat dapat menghiasnya dalam bentuk hello kitty, elmo, beruang, kucing, dan apapun model yang Sahabat inginkan. Kreasikan semenarik mungkin dan jangan lupa menambahkan bahan makanan pendamping yang sehat, misalnya sayuran.

Demikian beberapa ide makanan untuk bekal ketika sekolah yang bergizi dan kreatif. Menu-menu tersebut bisa menjadi bekal sekolah untuk diet, agar sang anak tetap terjaga berat badannya. Dengan bekal yang kreatif, anak Sahabat tidak akan bosan lagi dan bertambah nafsu makannya.

Baca juga : Tips Memberi Vitamin Anak dan Rekomendasinya

Tips Sahabat Lainnya
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Perawatan mobil tentu harus menyeluruh dari mulai mesin hingga body luarnya. Membiarkan penampilan bodi luar mobil yang rusak akan berpengaruh juga terhadap nilai mobil tersebut seperti cat yang kusam
Air Radiator Mobil yang Bagus
Air Radiator Mobil yang Bagus
Memilih air radiator untuk mesin mobil yang bagus sangat penting untuk menjaga suhu mesin mobil agar tetap ideal. Penggunaan air radiator mobil yang tidak tepat dapat berimbas kepada mesin mobil yang
Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat
Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat
Apa yang Sahabat lakukan ketika hendak bepergian? Banyak orang yang akan menjawabnya dengan jawaban membaca doa. Namun tahukah kamu, selain membaca doa perjalanan atau doa naik kendaraan darat, m
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
Selera wangi parfum mobil itu tergantung masing-masing individu. Cocok untuk orang lain belum tentu cocok untuk kita. Daripada bingung, di bawah ini ada 20 terbaik dengan berbagai rentang harga dan v

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku