Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Ide Menu Makanan Vegetarian
16 Februari 2021
ide makanan vegetarian

Menu makanan vegetarian merupakan menu makanan yang cukup sulit ditemukan di rumah makan atau restoran. Hal ini karena vegetarian hanya memakan makanan yang bukan termasuk daging, ikan, unggas, susu, dan telur. Tentu saja dengan syarat seperti ini, akan menyusahkan pihak restoran yang akan membuat menu makanan tanpa bahan-bahan makanan tersebut.

Bagi Sahabat yang sedang mencoba menjadi vegetarian, Sahabat bisa mencoba beberapa ide menu makanan vegetarian yang cukup mudah dibuat sendiri.

Nugget Kedelai

Umumnya nugget terbuat dari daging ayam dan tepung. Untuk vegetarian, nugget bisa dibuat dari kedelai, tepatnya ampas susu kedelai. Selain ampas kedelai ini, Sahabat bisa menambahkan wortel, brokoli, dan tepung. Bagi ovo-vegetarian, Sahabat bisa menambahkan telur. Cara membuatnya pun mudah, Sahabat hanya perlu mencampur semuanya dan mencetaknya pada baking pan lalu kukus. Setelah itu potong-potong, lalu balur dengan tepung panir. Selanjutnya goreng hingga warna sedikit kecokelatan.

Gyoza Tahu Jamur

Cincang tahu, jamur, wortel, daun bawang, dan tambahkan minyak wijen secukupnya. Siapkan kulit gyoza. Hasil cincangan tadi, masukkan ke dalam kulit gyoza lalu lipat. Setelah itu, gyoza direbus. Sahabat juga bisa menggorengnya.

Tahu Isi

Untuk Sahabat yang hidup di Pulau Jawa pasti tidak asing dengan tahu isi. Tahu isi ada berbagai macam isian. Ada yang mengisinya dengan bihun dan wortel, ada yang mengisinya dengan kecambah, kubis, dan wortel, ada juga yang menambahnya dengan isian daging cincang. Untuk vegetarian, Sahabat bisa mengombinasikan beberapa sayur yang disukai untuk isian tahu isi ini.

Sayur Lodeh

Sayur lodeh adalah sayur yang cukup ribet pembuatannya namun rasanya membuat kangen. Untuk vegetarian, Sahabat bisa menggunakan nangka muda, buncis, dan kacang panjang. Untuk kuahnya gunakan santan parutan kelapa. Jika susah mendapatkan kelapa, Sahabat bisa menggunakan santan instan yang ada di toko terdekat.

Tongseng Tahu Jamur

Tongseng memang lazimnya menggunakan daging kambing atau daging sapi. Lalu bagaimana dengan vegetarian yang menghindari makan daging? Sahabat bisa mengganti daging dengan tahu atau jamur. Untuk bumbu tongsengnya, Sahabat bisa menyamakan dengan bumbu tongseng yang ada sebelumnya.

Bakso Jamur Tiram

Ingin sekali makan bakso tapi enggan makan daging? Sahabat bisa menggunakan pengganti daging, yaitu jamur tiram. Cincang jamur tiram, lalu campur dengan tepung tapioka. Tambahkan merica bubuk, bawang merah, bawang putih, daun bawang, dan campur dengan adonan tapioka tadi. Kemudian bentuk bulat seperti bakso yang dijual di pasaran. Rebus dan tiriskan.

Pizza Brokoli

Membeli pizza di restoran atau penjual pizza biasanya sudah termasuk ada daging atau turunan daging di dalamnya. Nah, bagi Sahabat yang vegetarian, Sahabat bisa membuat pizza teflon sendiri di rumah. Sahabat bisa membuat pizza dengan topping brokoli dan jagung manis. Jika Sahabat termasuk ovo-vegetarian, Sahabat bisa menambahkan keju mozarella dan margarin.

Terong Krispi

Menu makanan vegetarian selanjutnya adalah terong krispi. Terong krispi ini sangat mudah dibuat. Sahabat bisa membeli terong di pasar, lalu potong-potong tipis sesuai selera. Setelah itu masukkan terong tadi ke dalam tepung bumbu yang bisa Sahabat dapatkan di toko terdekat. Lalu goreng hingga kuning kecokelatan. Terong krispi ini bisa untuk cemilan atau lauk makan.

Pempek Vegetarian

Pempek yang satu ini menggunakan labu untuk campuran tepungnya. Gunakan tepung terigu dan tepung beras, lalu masukkan air panas, dan aduk. Jangan lupa memberikan garam dan minyak wijen yah. Blender labu hingga halus lalu campurkan ke adonan tepung. Bentuk adonan seperti bentuk pempek lalu kukus.

Itulah 9 ide menu makanan vegetarian yang bisa Sahabat coba. Semoga menu tersebut bisa memberikan variasi makanan bagi Sahabat yah.

Penulis: Iskael

Tips Sahabat Lainnya
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Saat bepergian, biasakan untuk selalu mengawalinya dengan doa. Doa untuk memulai perjalanan adalah cara yang baik dan penting untuk memulainya dengan doa bepergian. Hal ini dikarenakan, tidak akan ada
11 Rekomendasi Merk Cat Mobil yang Awet dan Bagus
11 Rekomendasi Merk Cat Mobil yang Awet dan Bagus
Rekomendasi merk cat mobil dengan kualitas bagus sehingga bisa bertahan lama memang selalu dibutuhkan oleh pemilik mobil hingga pecinta otomotif. Hal itu dikarenakan memiliki mobil dengan warna mengil
Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel
Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel
Di dunia otomotif, kita mengenal dua jenis mesin. Yang pertama adalah mesin diesel dan yang kedua adalah mesin bensin. Di Indonesia sendiri kebanyakan mobil pribadi menggunakan mesin bensin. Sangat be
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil yang menjadi solusi saat berada di cuaca di Ibu Kota yang sangat terik. Indonesia merupakan negara tropis dengan suhu udara yang cukup panas terlebih saat musim kemarau tiba. Di saat seperti

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku