Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Ini Bedanya Header Knalpot Racing dan Knalpot Bawaan Mobil
26 Juni 2022
Beda Header Knalpot Racing dan Knalpot Bawaan

Biasanya banyak orang yang mengganti header knalpot racing dengan knalpot bawaan untuk bisa meningkatkan performa mobil. Namun terkadang masih ada yang belum mengetahui beda header knalpot racing dan knalpot bawaan, serta bagaimana cara memilih header knalpot terbaik.

Penggantian header knalpot ini banyak dilakukan untuk bisa mendongkrak performa mobil secara signifikan tanpa harus mengganti keseluruhan knalpot mobil. Setelah mengganti header knalpot mobil biasanya suara dan performa juga akan langsung terasa peningkatannya.

Beda Header Knalpot Racing dan Knalpot Bawaan

Header knalpot sendiri merupakan saluran gas buang yang biasanya dalam satu pipa header sudah menyatu dengan silinder. Setelah menggunakan header knalpot biasanya masih menggunakan downpipe atau bisa juga menggunakan header yang sudah menyatu antara silinder head dengan downpipe.

Bagian knalpot termasuk dalam salah satu bagian mobil yang sering dimodifikasi untuk mengubah tampilannya atau suara sampai performa mobil. Perbedaan dari header knalpot yang sering dimodifikasi sendiri dapat dilihat dari beberapa hal berikut ini.

1. Ukuran Diameter Pipa

Perbedaan pertama yang paling terlihat yaitu pada ukuran diameter pipa header, untuk header bawaan mempunyai ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan header knalpot racing. Dari segi ukuran fisiknya bisa langsung terlihat perbedaan tersebut.

Walaupun mempunyai ukuran yang lebih kecil, header knalpot racing sudah disesuaikan untuk meningkatkan performa mobil. Sedangkan ukuran header pipa yang lebih besar mempunyai fungsi untuk mengeluarkan debit gas yang dibuang ketika melakukan pembakaran mesin.

2. Lekukan Pipa

Untuk header knalpot racing biasanya mempunyai bentuk lekukan pipa yang lebih landai dibandingkan dengan header pipa standar. Bentuk lekukan pipa tersebut sengaja dirancang untuk membuat aliran gas buang menjadi lebih lancar dari silinder mesin.

Lekukan yang lebih landai juga mempunyai fungsi untuk meminimalisir turbulensi udara yang terjadi didalam pipa. Karena biasanya turbulensi yang terjadi diakibatkan oleh udara yang menabrak dinding didalam pipa yang mempunyai lekukan tajam.

Ketika debit gas buang dapat berjalan dengan lebih lancar dan lebih besar bisa meningkatkan tenaga mesin. Karakter header knalpot racing tersebut yang kemudian bisa meningkatkan performa mesin mobil.

Tips Memilih Header Knalpot Racing Terbaik

Sebelum anda mengganti header knalpot standar menjadi knalpot racing, sebaiknya anda memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu. Diantaranya seperti konfigurasi header yang akan digunakan dan dipasangkan pada mobil Anda.

Ada juga desain lubang dan lekukan pipa yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, pastikan sebelumnya anda menggunakan bentuk desain lubang dan lekukan pipa yang benar-benar sesuai dengan mobil. Jika anda bisa memilih model dan jenis header knalpot yang sesuai performa mobil bisa meningkat secara signifikan.

Selain itu penyesuaian modifikasi header knalpot mobil ini juga harus disesuaikan dengan spesifikasi mobil. Salah satu contohnya seperti untuk mobil otomatis bisa menggunakan konfigurasi header 4-2-1 dengan diameter pipa dan desain yang tidak terlalu besar.

Baca Juga: 7 Tips Ganti Knalpot Mobil yang Aman dan Tahan Lama

Proses pemasangan atau penggantian header mobil ini juga tidak bisa sembarangan, setidaknya harus dilakukan oleh teknisi yang sudah berpengalaman di bidangnya. Pemilihan produk header knalpot racing yang berkualitas juga akan berpengaruh pada performa yang anda dapatkan.

Apabila anda ingin mengganti header knalpot standar menjadi header knalpot racing sebaiknya anda menggunakan layanan service dari Daihatsu. Dengan teknisi profesional anda tidak perlu khawatir dalam melakukan modifikasi walaupun belum mengetahui beda knalpot racing dan knalpot bawaan.

Tips Sahabat Lainnya
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Tidak ada yang pernah mengira sebelumnya bahwa virus Corona ini akan berdampak pada banyak hal di dunia. Termasuk di Indonesia sendiri pada saat awal isu virus Corona di Wuhan, masyarakat Indonesia ma
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil yang menjadi solusi saat berada di cuaca di Ibu Kota yang sangat terik. Indonesia merupakan negara tropis dengan suhu udara yang cukup panas terlebih saat musim kemarau tiba. Di saat seperti
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Untuk dapat memilih ban bagi kendaraan otomotif seperti mobil, hal pertama yang harus dipahami adalah spesifikasi dari ban tersebut. Spesifikasi dari ban sebenarnya dapat dipahami apabila seseorang ma
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
Selera wangi parfum mobil itu tergantung masing-masing individu. Cocok untuk orang lain belum tentu cocok untuk kita. Daripada bingung, di bawah ini ada 20 terbaik dengan berbagai rentang harga dan v

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku