Logo Daihatsu
Menu

Ini Bedanya Header Knalpot Racing dan Knalpot Bawaan Mobil

Otomotif

2022-06-26

Beda Header Knalpot Racing dan Knalpot Bawaan

Biasanya banyak orang yang mengganti header knalpot racing dengan knalpot bawaan untuk bisa meningkatkan performa mobil. Namun terkadang masih ada yang belum mengetahui beda header knalpot racing dan knalpot bawaan, serta bagaimana cara memilih header knalpot terbaik.

Penggantian header knalpot ini banyak dilakukan untuk bisa mendongkrak performa mobil secara signifikan tanpa harus mengganti keseluruhan knalpot mobil. Setelah mengganti header knalpot mobil biasanya suara dan performa juga akan langsung terasa peningkatannya.

Beda Header Knalpot Racing dan Knalpot Bawaan

Header knalpot sendiri merupakan saluran gas buang yang biasanya dalam satu pipa header sudah menyatu dengan silinder. Setelah menggunakan header knalpot biasanya masih menggunakan downpipe atau bisa juga menggunakan header yang sudah menyatu antara silinder head dengan downpipe.

Bagian knalpot termasuk dalam salah satu bagian mobil yang sering dimodifikasi untuk mengubah tampilannya atau suara sampai performa mobil. Perbedaan dari header knalpot yang sering dimodifikasi sendiri dapat dilihat dari beberapa hal berikut ini.

1. Ukuran Diameter Pipa

Perbedaan pertama yang paling terlihat yaitu pada ukuran diameter pipa header, untuk header bawaan mempunyai ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan header knalpot racing. Dari segi ukuran fisiknya bisa langsung terlihat perbedaan tersebut.

Walaupun mempunyai ukuran yang lebih kecil, header knalpot racing sudah disesuaikan untuk meningkatkan performa mobil. Sedangkan ukuran header pipa yang lebih besar mempunyai fungsi untuk mengeluarkan debit gas yang dibuang ketika melakukan pembakaran mesin.

2. Lekukan Pipa

Untuk header knalpot racing biasanya mempunyai bentuk lekukan pipa yang lebih landai dibandingkan dengan header pipa standar. Bentuk lekukan pipa tersebut sengaja dirancang untuk membuat aliran gas buang menjadi lebih lancar dari silinder mesin.

Lekukan yang lebih landai juga mempunyai fungsi untuk meminimalisir turbulensi udara yang terjadi didalam pipa. Karena biasanya turbulensi yang terjadi diakibatkan oleh udara yang menabrak dinding didalam pipa yang mempunyai lekukan tajam.

Ketika debit gas buang dapat berjalan dengan lebih lancar dan lebih besar bisa meningkatkan tenaga mesin. Karakter header knalpot racing tersebut yang kemudian bisa meningkatkan performa mesin mobil.

Tips Memilih Header Knalpot Racing Terbaik

Sebelum anda mengganti header knalpot standar menjadi knalpot racing, sebaiknya anda memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu. Diantaranya seperti konfigurasi header yang akan digunakan dan dipasangkan pada mobil Anda.

Ada juga desain lubang dan lekukan pipa yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, pastikan sebelumnya anda menggunakan bentuk desain lubang dan lekukan pipa yang benar-benar sesuai dengan mobil. Jika anda bisa memilih model dan jenis header knalpot yang sesuai performa mobil bisa meningkat secara signifikan.

Selain itu penyesuaian modifikasi header knalpot mobil ini juga harus disesuaikan dengan spesifikasi mobil. Salah satu contohnya seperti untuk mobil otomatis bisa menggunakan konfigurasi header 4-2-1 dengan diameter pipa dan desain yang tidak terlalu besar.

Baca Juga: 7 Tips Ganti Knalpot Mobil yang Aman dan Tahan Lama

Proses pemasangan atau penggantian header mobil ini juga tidak bisa sembarangan, setidaknya harus dilakukan oleh teknisi yang sudah berpengalaman di bidangnya. Pemilihan produk header knalpot racing yang berkualitas juga akan berpengaruh pada performa yang anda dapatkan.

Apabila anda ingin mengganti header knalpot standar menjadi header knalpot racing sebaiknya anda menggunakan layanan service dari Daihatsu. Dengan teknisi profesional anda tidak perlu khawatir dalam melakukan modifikasi walaupun belum mengetahui beda knalpot racing dan knalpot bawaan.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Yuk, Cari Tahu 5 Cara Mengganti Air Radiator

2021-01-07

Tatkala Anda menyalakan mobil secara terus menerus, maka akan menyebabkan mesin menjadi panas. Untuk itu, hadirnya radiator di mobil memberikan jalan keluar terbaik.&nbs

thumbnail

7 Tips Aman Parkir Mobil di Rumah untuk Menjaga Bodi dan Mesin

2021-02-08

Memarkirkan kendaraan di rumah menjadi rutinitas yang sederhana, tapi bisa merugikan jika ada hal-hal kecil yang terlupakan. Biasanya, ada beberapa hal yang membuat mobi

thumbnail

5 Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter dan Cara Mengatasinya

2022-09-07

Bagi Anda pengguna kendaraan roda empat, terkadang sering menghadapi masalah mobil yang tidak mau hidup ketika distarter. Hal ini tentunya bisa membuat Anda panik, terlebih jika Anda sedang jauh da

thumbnail

Cara Pasang Sensor Kamera Parkir Yang Benar, Yuk Intip!

2022-08-09

Memasang sensor parkir kamera di mobil sekarang ini sangatlah penting dan dibutuhkan oleh para pengemudi. Hal tersebut karena tidak semua pengemudi pandai dan lihai dalam memarkir mobil terutama ba