Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Ini Dia 5 Antena Mobil Terbaik
12 Juni 2020
antena mobil

Berkendara tentu tidak lengkap jika tidak diiringi dengan suara yang identik dengan musik, radio, dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, berbagai fitur yang terdapat pada mobil bahkan kini juga tersedia televisi sebagai teman ketika menyetir. Jika ingin menikmati fasilitas tersebut, pastikan Sahabat memiliki antena mobil terbaik. 

Jenis Antena untuk Mobil Sahabat : 

1. Shark Fin Antenna

Bagi Sahabat yang ingin memiliki penangkap sinyal terbaik untuk mobil dapat menggunakan shark fin antena atau yang disebut dengan antena mobil sirip hiu. Sesuai dengan namanya, antena ini menyerupai bentuk sirip hiu yang berukuran 16 mm dan disesuaikan dengan tingkat lengkungan atap mobil Sahabat. 

Antena ini tergolong dalam jenis terbaik karena memiliki desain yang keren, sehingga dapat meningkatkan keindahan mobil Sahabat. Selain itu, antena ini juga berhubungan dengan aksesoris mobil yang berada di dalam. Sehingga dapat meningkatkan kinerja dalam bentuk suara, jaringan, dan lain sebagainya berhubungan dengan aktivitas yang ada di dalam mobil. 

Antena ini terdiri dari berbagai model dan warna sesuai dengan tipe mobil Sahabat. Jenis antena ini sangat cocok digunakan bagi Sahabat yang menginginkan tema sporty. Model sirip ikan yang dapat disesuaikan dengan sisi aerodinamika mobil Sahabat dapat menjadi pilihan yang tepat untuk memberikan nilai estetika. 

2. Fixed Antenna

Antena jenis ini biasanya dipasang di bagian belakang mobil. Sehingga bagi Sahabat yang menginginkan body mobil tetap terlihat tanpa adanya gangguan, dapat memilih jenis antena yang satu ini. Biasanya antena ini digunakan oleh Sahabat yang tergolong tipe orang yang sederhana. Karena antena ini memiliki ukuran yang sedang, yaitu tidak terlalu panjang dan tidak terlalu besar. 

Antena jenis ini telah memiliki pengaturan otomatis berhubungan dengan tinggi dan rendahnya. Tidak perlu khawatir akan tersangkut atau terbentur benda lainnya, karena antena ini memiliki ukuran yang sedang sehingga aman. Fasilitas tersebut dapat menyelamatkan Sahabat dari bosannya ketika macet, bukan?

3. Antena Printed Glass

Antena yang satu ini merupakan hasil perkembangan teknologi dari berbagai model antena yang telah ada. Antena ini diaplikasikan ke Toyota Kijang Innova tipe V. Antena mobil ini memiliki kegunaan yang sama dengan antena yang lain, namun yang membedakan adalah antena ini berada di kaca bagian samping belakang dalam, yang membentuk garis sama persis dengan defogger. 

Antena printed glass ini juga memiliki biaya perawatan yang rendah dengan treatment perawatan yang mudah. Tidak perlu dirawat secara khusus, antena ini hanya perlu diganti kaca filmnya. Namun jika terdapat salah satu elemen yang rusak atau terputus, maka Sahabat harus mencari mekanik bengkel resmi Toyota agar mampu memperbaikinya. 

Letak antena ini terdapat di belakang kaca, oleh karena itu jika kaca mengalami kerusakan akan berdampak pada antena. Hal ini akan menyebabkan tidak berfungsinya berbagai fasilitas yang terhubung pada antena tersebut. Oleh karena itu Sahabat akan disarankan untuk mengganti kaca ketika sudah mengalami kerusakan. 

4. Antena Besi

Antena mobil depan ini terkenal dan marak digunakan pada zamannya. Sama seperti fixed antena, jenis yang satu ini memiliki ukuran panjang dan pendek yang sedang. Namun ketika ingin menggunakan fungsinya, Sahabat harus melakukan pengaturan tinggi dan rendahnya frekuensi secara manual. Sehingga terbilang cukup membutuhkan tenaga ekstra untuk menggunakannya. 

Antena ini membutuhkan pengaturan secara manual jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal dari segi sinyal. Kekurangan antena jenis besi ini dapat menyebabkan tersangkutnya antena jika digunakan secara maksimal. Biasanya antena jenis ini rawan tersangkut pada benda yang biasanya dipasang rendah, seperti atap parkir dan portal jalan. 

Antena ini merupakan jenis terdahulu yang masih belum tersambung dengan teknologi yang canggih. Sehingga masih menggunakan cara manual dalam aplikasinya. Namun ketika digunakan pada zaman dahulu, antena ini telah berfungsi secara maksimal karena mampu menangkap sinyal dan dapat mengeluarkan suara dalam bentuk radio. 

5. Antena Motorized

Jenis antena motorized ini memiliki wujud yang berkamuflase dengan bagian mobil, sehingga tidak terlihat dalam kondisi mesin mati. Namun ketika mesin hidup, antena ini akan muncul secara perlahan. Adapun kekurangan dari jenis antena ini yaitu membutuhkan perawatan yang ekstra karena naik dan turunnya antena pada saat mesin mati atau hidup. 

Antena motorized in juga tergolong antena dengan fungsi yang pasif karena membutuhkan daya tambahan untuk menguatkan sinyal. Sahabat harus memanjangkan antena terlebih dahulu untuk memperoleh sinyal terbaik. Jadi ketika menggunakan antena ini, Sahabat harus mengatur panjang antena sekaligus menambah daya untuk menguatkan sinyal. 

Meski begitu, antena ini lebih banyak digunakan oleh mobil dengan merk mewah keluaran lama, seperti BMW E30 atau Hirschmann Power Antenna, Mercedes 190E, Hyundai Avega 2007, dan Hyundai Elantra. Terbukti pada zaman tersebut antena ini memiliki daya tarik dari segi model yang dapat memberikan tambahan desain pada mobil sehingga tampak lebih mewah. 

Dari segi perawatan, antena motorized ini membutuhkan tingkat kebersihan yang tinggi. Hal ini karena ukuran yang kecil dapat menyebabkan debu yang masuk ke dalam sela-sela antena yang dapat merusak sinyal. Sahabat dapat melakukan perawatan sendiri dengan menggunakan pelumas atau mengganti antena dengan komponen yang baru. 

Penjelasan tentang antena mobil di atas dapat menjadi pilihan yang tepat untuk memilih jenis antena untuk mobil kesayangan Sahabat. Pastinya setiap mobil membutuhkan antena yang tepat untuk menjalankan fungsi berhubungan dengan komponen suara. Pastikan untuk menyesuaikan desain mobil dan antena agar menghasilkan perpaduan yang sempurna untuk mobil kesayangan Sahabat.

Baca juga : Fungsi Kaca Spion Kendaraan yang Harus Diketahui

Tips Sahabat Lainnya
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Seberapa sering Sahabat bepergian dalam setahun? Apakah kamu tergolong individu yang sering melakukan perjalanan atau yang paling sering diam di rumah? Tahukah kamu, melakukan perjalanan atau
Engine Mounting Komponen Penting Mesin Mobil
Engine Mounting Komponen Penting Mesin Mobil
Tahukah Sahabat bahwa tatkala mesin mobil dihidupkan maka akan timbul getaran yang cukup tinggi pada setiap komponen mesin. Apabila getaran yang cukup tinggi ini masuk hingga ke bodi mobil, dipastikan
Air Radiator Mobil yang Bagus
Air Radiator Mobil yang Bagus
Memilih air radiator untuk mesin mobil yang bagus sangat penting untuk menjaga suhu mesin mobil agar tetap ideal. Penggunaan air radiator mobil yang tidak tepat dapat berimbas kepada mesin mobil yang
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
Selera wangi parfum mobil itu tergantung masing-masing individu. Cocok untuk orang lain belum tentu cocok untuk kita. Daripada bingung, di bawah ini ada 20 terbaik dengan berbagai rentang harga dan v

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku