Logo Daihatsu
Menu

Ini Penyebab Tapak Ban Cepat Botak Sebelah

Otomotif

2022-05-22

Tapak Ban Botak Sebelah

Untuk menunjang rasa nyaman dalam berkendara, tentu saja Anda harus menjaga kondisi mobil Anda apalagi jika untuk perjalanan jauh. Akan tetapi sebagian mobil biasa mengalami tapak ban botak sebelah yang membuat rasa berkendara kurang nyaman dan aman.

Oleh sebab itu, penting untuk memperhatikan kondisi ban kendaraan Anda terutama bagian permukaan ban. Meskipun demikian, tidak sedikit pemilik mobil yang pernah mengalami tapak ban yang habis sebelah.

Lantas, apa yang menyebabkan hal ini terjadi dan bagaimana cara menghindarinya? Simak penjelasannya berikut ini!

3 Penyebab Tapak Ban Botak Sebelah

Jika Anda saat ini sedang mengalami kondisi ban yang botak sebelah, maka Anda perlu mengetahui hal-hal apa saja yang menyebabkan terjadinya hal tersebut. Dengan mengetahui penyebabnya, maka Anda bisa lebih mudah menghindari dan merawat ban mobil Anda.

Berikut adalah 3 penyebab tapak ban botak sebelah:

1. Sudut kemiringan ban tidak lurus

Penyebab pertama terjadinya botak sebelah pada tapak ban mobil Anda adalah sudut kemiringan ban yang tidak lurus.

Seharusnya sentuhan permukaan ban ke medan jalan bisa rata sehingga permukaannya dapat memberikan tapak yang cukup baik. Akan tetapi saat pengaturan sudut kemiringan ban tidak lurus sehingga ban tidak menapak dengan sempurna.

Hal inilah yang menyebabkan kondisi kemiringan sudut ban yang tidak lurus menjadi salah satu penyebabnya. Hal ini membuat sudut ban tidak rata dan sebagian permukaannya lebih condong ke luar.

Kondisi ini biasanya disebabkan oleh proses mengatur setelah  toe in dan toe out  yang tidak sesuai dengan standar sehingga membuat ban tidak rata saat menyentuh permukaan medan jalan.

2. Tekanan angin ban yang kurang sesuai

Penyebab selanjutnya adalah tekanan angin ban yang kurang sesuai. Tanpa Anda sadari, ukuran tekanan angin ban mobil yang tidak tepat ternyata bisa menyebabkan kondisi ban Anda habis sebelah.

Pada umumnya, setiap jenis ban memiliki tekanan angin yang berbeda-beda sesuai dengan pedoman dari setiap ban yang digunakan. Jika tekanan angin ban mobil terlalu sedikit, maka sisi ban bagian tengah akan lebih cepat aus.

Sedangkan jika tekanan angin ban terlalu berlebihan, maka bagian tengah ban juga akan lebih mudah habis. Untuk itu, pastikan tekanan ban pada mobil Anda sesuai dengan jenis ban yang digunakan.

3. Pengaturan suspensi kurang tepat

Tapak ban mobil yang botak sebelah juga bisa disebabkan oleh pengaturan suspense yang kurang tepat. Hal ini membuat sudut tegak lurus dengan tanah menjadi tidak sesuai yang menyebabkan salah satu sisi ban akan menapak ke jalan dengan tidak sempurna.

Inilah yang membuat kondisi permukaan ban Anda lebih cepat aus atau habis. Selain itu, pengaturan suspense yang tidak tepat juga dapat berpengaruh terhadap bagian camber yang bisa saja membuat bagian ban dalam lebih cepat habis atau sebaliknya.

Baca Juga: Penyebab Dinding Ban Mobil Benjol

Cara Mengatasi Tapak Ban Botak Sebelah dengan Bengkel Daihatsu

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa melakukan membawa kendaraan Anda ke bengkel mobil kesayangan Anda. Bagian teknisi profesionalnya akan sigap mengecek keadaan mobil Anda dan melakukan servis.

Penanganan yang tepat akan membuat kondisi ban mobil Anda kembali seperti semula. Untuk memudahkan Anda dalam mengatasi hal ini, segeralah mengunjungi bengkel Daihatsu terdekat di kota Anda untuk melakukan servis.

Montir bengkel Daihatsu yang berpengalaman dan profesional dapat mengetahui penyebab ban mobil Anda yang botak sebelah.

Mobil Daihatsu berbagai seri bisa menikmati layanan bengkel Daihatsu dengan melakukan booking online terlebih dahulu untuk memudahkan Anda dalam servis mobil. Keuntungannya, Anda bisa menyesuaikan waktu servis yang lebih fleksibel sesuai keinginan Anda.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera nikmati layanan service mobil di bengkel Daihatsu untuk mengoptimalkan kondisi mobil Anda! Dapatkan fasilitas booking service untuk kemudahan Anda dalam melakukan perawatan service mobil kesayangan Anda!

Melalui fasilitas booking service ini, Anda juga akan lebih hemat waktu karena tidak perlu lama menunggu antrian. Jadi, kami akan mempersiapkan mekanik maupun parts kendaraan yang dibutuhkan untuk persiapan servis mobil Daihatsu Anda.

Dapatkan informasi selengkapnya melalui laman website kami hanya di www.daihatsu.co.id ! Mari sayangi mobil Anda dengan melakukan service berkala!


Tag

Otomotif

Share This