Logo Daihatsu
Menu

Penyebab Dinding Ban Mobil Benjol

Otomotif

2022-01-30

dinding ban benjol

Dinding ban benjol dapat terjadi kapan saja. Bukan hanya mengganggu kenyamanan dalam berkendara, tetapi juga tidak aman.  

Konstruksi ban sebenarnya dibuat sesuai untuk segala medan dan hambatan. Namun masih dapat mengalami kerusakan yang berakibat fatal. Terlebih pada ban mobil  yang sudah tipis atau mulai gundul dan sering melewati jalanan rusak.

Penyebab Dinding Ban Benjol

Benjol pada bagian ban merupakan masalah kedua setelah bocor. Hal ini terjadi karena benang di bagian sisi terputus sehingga mendapat tekanan lebih kuat.  Sedang bocor terjadi karena adanya lubang pada bodi ban.

Berbeda dengan bocor yang terjadi kapan saja selama perjalanan, benjol sebenarnya dapat diantisipasi. Dengan demikian umur pakai ban, kenyamanan dan keamanan selama berkendara tetap dirasakan. Apa saja penyebabnya?

Deformasi atau Perubahan Bentuk Pada Ban

Seringnya melewati jalan berlobang atau rusak dapat menyebabkan salah satu bagian ban menjadi lebih tipis. Dengan adanya tekanan pada sisi lain menyebabkan bagian mudah menjadi benjol.

Begitu juga dengan lamanya umur pakai yang menyebabkan ban menjadi gundul. Sisi yang gundul rentan timbul benjol karena lebih tipis dibanding bagian lain. Terutama di sebelah pinggir.

Tekanan Ban Terlalu Kencang

Benjol lebih disebabkan oleh tekanan di permukaan ban tidak sama kuat atau sebenarnya sama tetapi mengenai bagian yang mempunyai ketebalan berbeda. Semakin tipis dibanding bagian lain, kemungkinan menjadi benjol semakin besar.

Kuatnya tekanan udara dalam ban akan mengalir pada bagian yang lebih empuk, yaitu isi tipis sehingga permukaannya menjadi lebih keluar atau benjol. Oleh karena itu, saat pengisian angin, pastikan menggunakan tekanan standar.

Tekanan Ban Di Bawah Ketentuan

Jika di atas sudah dibahas penyebab ban benjol karena tekanan angin yang terlalu kencang, ternyata jika di bawah ketentuan, bisa berakibat sama. Ban yang kurang angin jika tiba-tiba mendapat tekanan kuat bisa benjol.

Sebagai contoh saat melaju di jalanan rusak dan udara di dalam ban mengalir ke satu bagian dengan kuat. Untuk mengatasinya, cek secara berkala. Anda juga bisa menggunakan jasa tambah angin di SPBU untuk mengetahui kondisinya.

Terlalu Sering Terkena Benda Tajam

Jalan rusak, berlobang dan banyaknya serpihan baru kerikil merupakan penyebab kerusakan ban yang dapat berakibat fatal. Bukan hanya mengurangi kenyamanan saat lewat, ban pun bisa menjadi benjol.

Hal tersebut tentu merupakan sesuatu yang tidak bisa dikontrol. Salah satu antisipasi agar ban tidak mudah benjol dengan menjaga tekanan di dalamnya. Langkah ini paling mudah dilakukan dibandingkan dengan cara lain.

Suspense Mati

Saat berkendara memang semua medan mungkin saja harus dilalui. Pengendara tidak bebas untuk memilih jalanan yang selalu mulus. Suspense atau sistem peredam getaran sangat diperlukan untuk kenyamanan.

Bukan itu saja, kondisi suspensi yang tidak sesuai menyebabkan beberapa spare part menjadi cepat aus. Salah satunya ban. Suspensi yang tidak sesuai membuat ban cepat gundul dan memacu terjadinya benjolan.

Meminimalkan Terjadinya Dinding Ban Benjol

Setelah mengetahui penyebab ban benjol, saatnya Anda mulai mengatasinya. Salah satu caranya dengan menggunakan ban berkualitas. Disamping itu pengecekan dan perawatan kendaraan secara menyeluruh juga perlu.

Lakukan maintenance secara rutin. Percayakan hal ini pada bengkel profesional. Bagi pemilik kendaraan Daihatsu, ketika pengecekan rutin, seluruh bagian kendaraan akan dicek oleh teknisi handal.

Daihatsu juga menggunakan ban berkualitas sehingga mengurangi dinding ban benjol. Konsumen pun mendapat informasi detail mengenai perawatan, termasuk tekanan udara ideal bagi kendaraan. Pastikan menggunakan kendaraan Daihatsu.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Penyebab Terjadinya Kebakaran Saat Modifikasi Audio Mobil

2022-01-30

Sebagian dari Anda pasti merasa tidak puas dengan sistem

thumbnail

Fitur yang Dicari Saat Modifikasi Sistem Audio pada Mobil Mewah

2022-01-30

Bagi manusia modern terutama yang hidup di perkotaan, mobil bisa diibaratkan sebagai rumah kedua. Ada begitu banyak kegiatan yang bisa dilakukan di dalam mobil. Misalnya

thumbnail

Mengenal Engine Mounting: Mulai dari Fungsi Sampai Cara Menggantinya

2022-01-30

Salah satu komponen penting yang ada pada mesin mobil adalah engine mounting. Komponen satu ini sangat penting lantaran kemampuannya yang mampu menahan getaran mesin. De

thumbnail

Perbedaan Mesin Pembakaran Dalam dan Luar serta Contohnya

2022-01-30

Perlu Anda ketahui bahwasanya setiap kendaraan bermotor menggunakan jenis mesin yang berbeda. Mesin kendaraan bermotor sendiri dibagi menjadi dua jenis yaitu mesin pembakaran dalam dan luar. Lalu a