Logo Daihatsu
Menu

Ini Rute Jakarta Surabaya Naik Mobil Via Trans Jawa Beserta Tipsnya

Otomotif

2020-12-22

trans jawa

Rute Jakarta Surabaya naik mobil adalah pengetahuan yang harus dimiliki Sahabat, jika hendak ke Surabaya naik Jakarta dengan naik mobil. Rute Jakarta Surabaya sendiri ditempuh dari mana saja. Tol Trans Jawa adalah salah satunya.

Trans Jawa sendiri kami pilih karena tol Trans Jawa bikin perjalanan Jakarta-Surabaya hanya selama 10 jam saja. Selain memberitahu Sahabat soal rute, kami pun juga bakal memberitahu Sahabat soal estimasi biaya yang akan Sahabat perlukan nanti. Untuk selanjutnya, bisa Sahabat simak di bawah ini!

Rute Jakarta-Surabaya Naik Mobil Via Trans Jawa

Mari kita bahas dulu soal rutenya. Rute Jakarta-Surabaya Via Trans Jawa sendiri bisa dimulai dari Bekasi Barat atau Cikarang. Nantinya, Sahabat akan melewati sejumlah rute. Mulai dari Cikopo, Palimanan, Kanci, Pejagan, Pemalang, Batang, dan Semarang.

Jika tidak macet, Sahabat bisa melewati semua rute itu hingga 5 jam lamanya. Saat sampai di Semarang, Sahabat akan melalui rute Ungaran, Bawen, dan Salatiga. Di tiga rute itu, Sahabat harus hati-hati karena jalan di tiga rute itu cukup naik turun.

Sukses melewati rute-rute itu, Sahabat bisa menempuh rute Solo, Ngawi, Kertosono, Mojokerto, dan akhirnya sampai di Surabaya. Total, Sahabat akan menempuh perjalanan selama 8 sampai 10 jam. Durasi itu belum termasuk durasi istirahat, kemacetan, ataupun faktor eksternal lainnya.

Tips Berkendara Selama Menempuh Rute Jakarta-Surabaya

Melewati rute Jakarta Surabaya naik mobil adalah hal yang cukup melelahkan. Butuh persiapan dan strategi khusus agar kita mampu melewatinya. Di sini, kami akan coba memberi tips untuk bisa melewati rute tersebut. Adapun tips yang dimaksud adalah:

Sahabat Harus Tidur yang Cukup Sebelum Perjalanan Dimulai

Berkendara melewati rute Jakarta Surabaya bisa memakan waktu berjam-jam. Khusus untuk Sahabat yang nanti jadi melewati tol Trans Jawa, Sahabat bakal melakoni perjalanan selama 10 jam lamanya.

Hal itu tentu bakal membuat Sahabat kelelahan selama di perjalanan. Agar tidak mudah lelah selama di jalan, Sahabat harus beristirahat yang cukup sehari sebelum perjalanan. Sebisa mungkin, beristirahtlah selama 8 jam.

Menyantap dan Membawa Makanan Bernutrisi

Sebelum nanti berangkat, sebisa mungkin untuk menyantap makanan yang bernutrisi. Melakukan hal itu bisa meningkatkan stamina Sahabat selama berkendara. Bawa juga makanan bernutrisi untuk bekal perjalanan Sahabat nanti. Semisal buah ataupun camilan sehat.

Sahabat masih boleh minum kopi sebelum di perjalanan nanti. Dengan catatan, kadar kafeinnya tidak terlalu banyak. Kelebihan kafein justru malah memudarkan konsentrasi Sahabat selama berkendara nanti.

Jangan Lupa Menyempatkan Diri untuk Beristirahat

Selama di perjalanan nanti, jangan lupa untuk beristirahat di rest area. Sahabat bisa beristirahat selama satu atau dua jam sekali. Selama istirahat, Sahabat bisa meregangkan badan, serta bersantap ria. 

Jika terasa lelah, jangan sungkan untuk tidur sejenak selama masa istirahat. Bila Sahabat beristirahat di luar mobil, pastikan keamanan mobil Sahabat terjaga total. Hal itu untuk menghindari kemungkinan terburuk yang menimpa mobil Sahabat.

Kunyahlah Permen Karet atau Sediakan Wewangian Segar di dalam Ruangan Mobil

Untuk menghilangkan rasa kantuk, Sahabat bisa mengunyah permen karet selama di perjalanan nanti. Terutama, permen karet dengan cita rasa peppermint. Selain menghilangkan rasa kantuk, permen karet dengan rasa itu juga bikin nafas Sahabat jadi lebih segar.

Sahabat pun juga bisa menyimpan wewangian segar di dalam mobil sebagai alternatif. Untuk yang satu ini, Sahabat bisa memilih wewangian beraroma lemon ataupun peppermint sebagai pilihan.

Baca juga : Ini Deretan Kuliner Malam Surabaya yang Patut Dicoba

Penulis : Anggie Warsito


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Begini Cara Perbaiki Aki Basah yang Mati Total serta Kelebihannya

2020-12-15

Cara perbaiki aki basah yang mati total adalah hal yang dibutuhkan, agar kita bisa mendapatkan manfaat dari aki basah itu sendiri. Kalau Sahabat belum mengetahui cara te

thumbnail

Mengulas Cara Kerja Rem ABS pada Mobil Secara Detail

2021-01-14

Rem merupakan salah satu komponen yang sangat penting untuk mengendalikan laju kendaraan roda empat. Maka dari itu, banyak perusa

thumbnail

Yuk Ketahui Cara Menghitung Pajak Progresif Kendaraan yang Benar

2023-12-15

Ingin membeli kendaraan pribadi guna penuhi kebutuhan mobilisasi? Hal ini bisa saja Anda lakukan sesuai keinginan. Namun apakah Anda tahu, bahwa setiap kendaraan yang A

thumbnail

Indikator Airbag Menyala? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

2023-10-10

Indikator airbag menyala bisa terjadi sewaktu-waktu, dan tidak sedikit pengemudi yang panik atas kejadian tersebut. Seperti diketahui, lampu indikator menyala biasan