Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Inilah 12 Manfaat Buah Naga Beserta Kandungan Gizinya
19 April 2021
manfaat buah naga

Buah naga merupakan buah yang mulanya berasal dari Meksiko, Amerika Selatan, dan Amerika Tengah. Seiring waktu, buah ini pun mulai dikenal di berbagai negara. Indonesia termasuk salah satunya. Buah ini sebetulnya punya nama asli, yaitu pitaya.

Buah ini pertama kali dikenal luas pada 1870. Saat itu, ada seorang Perancis yang membawa buah ini ke Vietnam. Orang-orang di sana lazim menempatkan buah ini di antara dua patung naga berwarna hijau.

Saat buahnya matang, buah tersebut bakal mengeluarkan warna merah yang berpendar di antara dua patung naga hijau. Hal itulah yang bikin buah ini dikenal dengan nama buah naga.

Kandungan Gizi Pada Buah Naga

Sebagaimana buah pada umumnya, buah naga juga punya banyak kandungan gizi. Adapun beberapa di antaranya adalah:

Vitamin C

Kandungan gizi pertama yang ada pada buah naga adalah vitamin C. Vitamin ini bisa membuat tubuh terlindungi dari bahaya radikal bebas. Hal ini tak lepas dari sifat antioksidan yang terkandung pada vitamin satu ini. Vitamin satu ini juga mampu merangsang kolagen, membantu penyerapan zat besi, serta membuat daya tahan tubuh terjaga.

Vitamin B2 dan B3

Ada dua vitamin lainnya yang terkandung pada buah naga, selain vitamin C tentunya. Vitamin B2 dan B3 adalah keduanya.  Kedua vitamin itu bisa bikin kinerja metabolisme tubuh lebih lancar, serta menjaga kesehatan jaringan tubuh. Keduanya juga bisa membantu menjaga kesehatan saraf tubuh.

Zat Besi

Selain vitamin, buah naga juga memiliki kandungan mineral yang bergizi. Zat besi adalah salah satunya. Zat ini bisa membantu tubuh untuk menghasilkan sel darah merah secara stabil. Dengan kandungan sel darah merah yang stabil, tubuh pun bisa terhindar anemia atau penyakit kurang darah lainnya.

Magnesium

Buah naga juga kaya akan magnesium. Magnesium sendiri punya banyak manfaat. Mulai dari meningkatkan stamina saat olahraga, meringankan kram otot, hingga menurunkan tekanan darah.

Kalsium

Kandungan gizi terakhir yang ada pada buah naga adalah kalsium. Sebagaimana yang kita tahu, zat ini bisa membantu menjaga kesehatan pada tulang. Tak hanya itu, kalsium juga rupanya bisa menjaga kesehatan beberapa organ tubuh lainnya. Semisal jantung, saraf, dan otot.

Manfaat Buah Naga

Selain kandungan gizi, buah naga juga punya banyak manfaat. Sahabat tak perlu ragu mengkonsumsi buah ini, mengingat manfaatnya yang banyak. Adapun sejumlah manfaat tersebut adalah:

1. Membantu Proses Detoksifikasi dalam Tubuh

Detoksifikasi sangat penting bagi tubuh. Karenanya, tubuh bisa mengeluarkan racun yang bisa menimbulkan banyak penyakit. Efek detoksifikasi sendiri bisa Sahabat dapatkan lewat mana pun. Termasuk mengkonsumsi buah naga. Buah naga sendiri memiliki antioksidan yang membuatnya bisa melakukan detoksifikasi pada tubuh manusia.

2. Mencegah Kanker

Buah naga juga bisa mencegah kanker. Hal itu tak lepas dari adanya lycopene yang ada pada daging buahnya. Zat tersebut diyakini bisa melindungi tubuh dari sel kanker. Khususnya sel kanker prostat.

Lycopene sendiri tak hanya ada pada buah naga. Tetapi, juga pada buah lain yang daging buahnya berwarna merah. Buah naga juga memiliki senyawa phytoalbumin yang membantu tubuh mengeluarkan zat karsinogenik pemicu kanker.

3. Membantu Masalah Pencernaan

Bagi Sahabat yang mengalami masalah pencernaan, mengkonsumsi buah naga adalah pilihan tepat. Buah ini terhitung kaya serat, sehingga mampu mengatasi berbagai masalah pencernaan. Terutama penyakit susah buang air besar alias sembelit. Kandungan serat pada buah naga juga bikin pencernaan jadi lebih bersih.

4. Melancarkan Peredaran Darah

Seperti yang pernah dibahas sebelumnya, kalau buah naga memiliki kandungan zat besi. Zat tersebut rupanya tidak sekadar membantu produksi sel darah merah. Tetapi, juga melancarkan peredaran darah itu sendiri. Buah naga juga memiliki fosfor yang sama-sama membuat lancarnya peredaran darah. Fosfor dan zat besi pada buah naga juga bermanfaat untuk memperbaiki jaringan dalam tubuh.

5. Meredakan Gejala Rematik

Selain membantu proses detoksifikasi, buah naga juga punya sifat anti inflamasi. Sifat tersebut bikin buah ini mampu meredakan penyakit pada sendi. Rematik salah satunya. Ini tentu kabar baik buah Sahabat yang sering terkena rematik.

6. Mencegah Diabetes

Buah naga juga kaya akan antioksidan. Antioksidan sendiri diyakini mampu membunuh sel-sel jahat penyebab diabetes. Khususnya, diabetes melitus. Bagi mereka yang terkena diabetes, buah naga sangat layak dikonsumsi. Pasalnya, buah ini memiliki kandungan gula yang rendah.

7. Mengobati Kulit yang Terbakar Sinar Matahari

Jika kulit Sahabat terbakar sinar matahari, Sahabat bisa memakai buah naga untuk mengatasinya. Buah naga mengandung vitamin B3 yang mampu melepaskan panas pada kulit yang terbakar. Vitamin tersebut juga bisa bikin kulit terbakar kembali lembab. Untuk bisa mendapatkan manfaat ini, Sahabat memadukan buah naganya dengan madu dan jus mentimun.

8. Dapat Mengurangi Berat Badan

Untuk Sahabat yang mau menjalani diet, buah naga sangat cocok dikonsumsi. Pasalnya, buah ini memiliki kalori yang rendah, serta kaya serat. Hal itu bikin Sahabat bisa cepat kenyang menyantap buah ini. Tanpa takut naik berat badan. Buah ini bisa dijadikan sebagai salah satu menu sarapan atau camilan bagi pelaku diet.

9. Membantu Mengatasi Anemia Pada Ibu Hamil

Bagi ibu hamil yang sering anemia, buah naga sangat cocok dikonsumsi. Sebagaimana yang sudah dibahas sebelumnya, buah naga memiliki zat besi yang bisa meningkatkan produksi darah merah.

Saat mengkonsumsi buah naga, produksi sel darah merah pada penderita anemia akan meningkat. Hal itu perlahan membuat anemia mereka berkurang atau bahkan sembuh.

Pada ibu hamil, sel darah merah tak hanya berlaku bagi kesehatan ibu hamil. Tetapi, juga bagi janin itu sendiri. Sel darah yang stabil bisa membantu dalam proses pertumbuhan bayi. Selengkapnya akan kami sampaikan pada list di bawah ini!

10. Membantu Menjaga Sistem Saraf Pada Bayi

Sebagaimana yang telah disebutkan pada list sebelumnya, kalau sel darah merah juga berpengaruh pada perkembangan janin. Dengan sel merah, sistem saraf pada bayi bisa terjaga. Sel darah merah juga membantu bayi mendapatkan oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan. Agar fungsi sel darah merah itu bisa optimal, Sahabat mesti menyantap buah naga secara rutin.

11. Menekan Tanda-Tanda Penuaan Dini

Antioksidan pada buah naga rupanya juga mampu menekan tanda-tanda penuaan dini. Hal itu bisa bikin kulit jadi lebih awet muda. Untuk mendapatkan manfaat ini, Sahabat bisa menjadikan buah naganya sebagai masker wajah. 

12. Dapat Meningkatkan Imunitas Pada Tubuh

Manfaat terakhir yang ada pada buah naga adalah mampu meningkatkan imunitas tubuh. Buah naga punya vitamin C yang kaya. Vitamin ini punya kemampuan untuk meningkatkan imunitas pada tubuh.

Vitamin C juga punya manfaat lain selain meningkatkan imun di tubuh. Membantu produksi kolagen dalam tubuh, membantu zat besi terserap dalam tubuh, serta membuat gigi jadi lebih sehat adalah beberapa di antaranya.

Penulis : Anggie Warsito

Tips Sahabat Lainnya
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Saat bepergian, biasakan untuk selalu mengawalinya dengan doa. Doa untuk memulai perjalanan adalah cara yang baik dan penting untuk memulainya dengan doa bepergian. Hal ini dikarenakan, tidak akan ada
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Bagi pecinta mobil tentu tak asing dengan istilah power steering. Power steering yang notabene merupakan teknologi yang sudah diaplikasikan di mobil terbaru memiliki segudang manfaat. Ada banyak sekal
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Untuk dapat memilih ban bagi kendaraan otomotif seperti mobil, hal pertama yang harus dipahami adalah spesifikasi dari ban tersebut. Spesifikasi dari ban sebenarnya dapat dipahami apabila seseorang ma
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
Bagi Sahabat pengguna mobil tua, tentu tidak asing lagi dengan komponen karburator mobil. Karburator ini tidak akan kita temukan pada kendaraan keluaran terbaru. Karena mobil yang diproduksi baru-baru

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku