Logo Daihatsu
Menu

Inilah Cara Membatalkan Perpanjangan SIM Online, Gampang!

Otomotif

2023-11-17

Inilah Cara Membatalkan Perpanjangan SIM Online, Gampang!

Perpanjangan SIM saat ini sudah bisa dilakukan secara online untuk memudahkan masyarakat dalam memperpanjang masa berlaku SIM. Namun, ada sebagian masyarakat yang melakukan kesalahan memasukkan data diri ketika melakukan perpanjangan SIM. Lantas apakah perpanjangan SIM tersebut bisa dibatalkan? Bagaimana cara membatalkan perpanjangan SIM online yang tepat? Untuk selengkapnya, perhatikan cara berikut ini.

Cara Melakukan Pembatalan Perpanjangan Sim Online

Pembatalan SIM online dapat menjadi suatu langkah untuk mengatasi permasalahan seperti salah memasukkan data diri atau progres perpanjangan SIM mentok di 40% saja. Pembatalan tersebut bisa Anda lakukan dengan mudah, adapun caranya sebagai berikut.

1. Masuk ke platform layanan perpanjangan SIM online

Langkah pertama, Anda perlu masuk atau login ke platform layanan perpanjangan SIM online, baik di situs resmi perpanjangan SIM online seperti https://sim.korlantas.polri.go.id ataupun aplikasi seperti SINAR (SIM Digital Nasional). 

2. Akses ke menu permohonan perpanjangan SIM

Setelah Anda login ke situs resmi atau aplikasi perpanjangan SIM online, selanjutnya Anda perlu menuju menu utama di halaman situs atau aplikasi tersebut. Pilih opsi “Permohonan SIM” lalu klik.

3. Pilih permohonan pembatalan

Langkah selanjutnya, Anda pilih menu “Pembatalan SIM” kemudian cari opsi permohonan yang ingin dibatalkan. Selanjutnya klik permohonan pembatalan tersebut agar Anda dapat mengakses informasi detailnya. Opsi pembatalan tersebut biasanya tertera di bagian halaman atas atau bawah.

4. Mengisi informasi yang diminta

Langkah keempat, Anda perlu mengisi informasi tambahan yang diminta oleh situs atau aplikasi perpanjangan SIM online tersebut. Contoh, pembatalan karena salah mengisi informasi data diri ataupun karena adanya kendala perpanjangan seperti progres perpanjangan tidak berjalan. 

5. Lakukan konfirmasi pembatalan

Langkah selanjutnya, Anda bisa melakukan konfirmasi pembatalan dengan klik menu “Batalkan” atau “Konfirmasi”. Perbedaan bahasa pembatalan ini tergantung platform apa yang Anda gunakan. 

6. Menunggu konfirmasi

Setelah Anda mengirimkan permohonan pembatalan perpanjangan SIM, Anda tinggal menunggu konfirmasi pembatalan yang akan dikirimkan platform perpanjangan SIM online melalui pesan atau email dari platform tersebut. Jangan lupa simpan bukti pembatalan perpanjangan SIM online tersebut sebagai bukti referensi. 

Selain cara di atas, Anda juga bisa melakukan cara lainnya seperti berikut.

  • Mengirimkan pesan pembatalan perpanjangan SIM melalui Call Center di nomor 0855-9201-3088, atau Whatsapp ke nomor 0811-8689-088, atau email: info@digitalkorlantas.id. Jangan lupa sebelum mengirimkan pesan permohonan pembatalan perpanjangan SIM online, Anda membuat format informasi seperti Nama, Nomor Registrasi Perpanjangan SIM, Nomor Identitas Diri (NIK), Status Perpanjangan, Email aktif Anda, Satpas Penerbit yang dipilih, Tanggal Pembayaran, dan Alasan Pembatalan.
  • Tunggu balasan dari pihak Digital Korlantas. Nantinya pihak Digital Korlantas akan memberikan balasan apakah pengajuan Anda diterima atau ditolak. Pastikan tanggal masa kedaluwarsa SIM masih panjang ketika melakukan permohonan pembatalan agar proses pembatalan agar bisa diterima.

Baca Juga : Ketahui Persyaratan Perpanjang SIM 2023 Online dan Offline

Trik Perpanjangan Sim Online Agar Lancar

Agar proses perpanjangan SIM online yang Anda lakukan berjalan dengan lancar tanpa ada kesalahan dan proses pembatalan, maka Anda perlu melakukan persiapan seperti berikut.

  1. Melengkapi persyaratan perpanjangan SIM yang dibutuhkan, mulai dari dokumen identifikasi, masa berlaku SIM yang belum kedaluwarsa, tes kesehatan dan psikologi.
  2. Mempersiapkan koneksi internet yang stabil agar proses perpanjangan SIM online berjalan dengan lancar.
  3. Menggunakan PC atau smartphone yang kompatibel dengan platform Digital Korlantas Polri agar proses perpanjangan SIM dapat dilakukan dengan maksimal.
  4. Mengikuti langkah-langkah perpanjangan SIM online secara teliti.
  5. Menyimpan bukti transaksi pembayaran sebagai bukti sah dalam pengambilan SIM.

Demikian ulasan mengenai cara pembatalan SIM online, bagaimana sangat mudah bukan? Jangan lupa periksa masa kedaluwarsa SIM Anda sebelum melakukan perjalanan. Dan jangan lupa juga servis mobil Anda secara rutin dan berkala di bengkel resmi Daihatsu agar perjalanan Anda nyaman dan aman.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Penyebab Elektroda Busi Mobil Jadi Hitam

2022-04-12

Kendaraan bisa digunakan normal apabila businya dalam kondisi terbaik. Busi pada kendaraan memiliki fungsi penting sebagai pemantik api pada ruang bakar. Akibat busi bek

thumbnail

Inilah Indikator Temperatur Mobil yang Normal dan Cara Mengeceknya

2023-09-29

Kesehatan kondisi mesin bergantung pada indikator temperatur yang normal. Sebab temperatur yang terlalu panas dapat

thumbnail

Mengenal Komponen dan Fungsi Sistem Kontrol Emisi Gas Buang

2021-03-01

Sebagian besar dari kita mungkin masih belum begitu paham tentang fungsi dari sistem kontrol emisi gas buang. Secara garis besar, fungsi utama dari sistem ini adalah mem