Logo Daihatsu
Menu

Jangan Panik! Yuk Kenali Ciri Bendik Starter Rusak pada Motor Disini

Otomotif

2021-01-14

ciri bendik stater rusak

Setiap kendaraan bermotor dilengkapi dengan bendik starter yang berguna untuk menghidupkan mesin. Besarnya peranan bendik stater ini, menuntut semua pemilik kendaraan agar selalu memperhatikan keadaannya. Hal ini bertujuan agar kendaraan tetap dalam kondisi prima.

1. Terdapat Bunyi Cetak Cetak

Ciri pertama biasa terjadi saat bendik starter rusak adalah munculnya bunyi cetak cetak. Hal ini biasanya terjadi saat Anda berusaha menyalakan engine dengan menekan bendik starter berulang kali. 

Munculnya bunyi seperti ini menandakan bahwa arus listrik dari bendik starter terputus, sehingga menyebabkan engine tidak bisa nyala sebagaimana mestinya.

Bunyi cetak cetak ini sendiri biasanya terdengar sekali dua kali. Namun bila berbunyi hingga berulang kali, bisa dipastikan memang bendik starter telah rusak. Untuk mengatasi kejadian seperti ini, cobalah membawa kendaraan kesayangan ke bengkel terdekat atau tempat servis resmi.

2. Aki Melemah

Penyebab bendik starter rusak lainnya adalah karena aki kendaraan telah lemah. Hal ini sering terjadi saat kandungan elektrolitnya menipis atau cairan aki telah habis. 

Anda juga bisa mendeteksinya dengan cara memeriksa kestabilan dari komponen kelistrikan lainnya, seperti dari klakson atau lampu indikator. Bila komponen tidak menyala, maka bisa dipastikan bahwa aki sudah soak.

Aki yang melemah ini pun seringkali membuat bendik starter mengeluarkan suara “tek tek tek”. Hal ini jika dibiarkan begitu saja, akhirnya akan membuat kendaraan kesayangan rusak. Untuk itu, Periksa keadaan aki secara berkala agar menghindari kerusakan pada bendik starter.

Baca Juga: Langkah Lengkap Terkait Cara Memperbaiki Aki Kering

3. Kabel Penghubung Bendik dengan Aki Terputus

Perlu Anda ketahui, jika bendik atau switch starter memiliki tugas  dalam menyambungkan arus listrik dari aki menuju dinamo starter. Untuk bisa menjalankan tugasnya ini, bendik dibantu kabel yang digunakan sebagai penghubung antara bendik dengan aki guna menghidupkan kendaraan. 

Tak hanya menuju aki, terdapat pula kabel yang menuju dinamo starter. Bila salah satu kabel tersebut terputus, maka hal ini akan menyebabkan engine kendaraan kesayangan tidak bisa dihidupkan selayaknya. 

Pasalnya, arus listrik dari bendik starter tidak bisa dialirkan dengan sempurna melalui kabel menuju aki maupun dinamo starter. Agar hal ini tidak terjadi pada kendaraan anda, cobalah untuk melakukan pemeriksaan dengan rutin.

4. Menghubungkan Tangkai Obeng di Kedua Terminal

Ciri bendik starter rusak bisa dilakukan dengan cara menghubungkan tangkai obeng di antara kedua terminal. Hal ini bisa dilakukan tatkala kondisi komponen baik baik saja, namun bendik starter tetap tidak mau menyala. 

Dengan menghubungkan tangkai obeng pada kedua terminal kabel di bendik starter, bisa membuat Anda mengetahui keadaan sebenarnya.

Kendaraan tidak bisa dihidupkan, memang terkadang membuat sang pemiliknya menjadi panik dan kebingungan. Namun tatkala hal ini terjadi, usahakan untuk tetap tenang dan periksa beberapa komponen yang biasanya berperan penting menyalakan mesin seperti aki dan kabelnya. Jika tidak menemukan permasalahannya, Anda bisa meminta bantuan teknisi di bengkel terdekat.

Baca Juga: Penyebab Kelistrikan Mobil Mati Total Beserta Solusinya


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Biaya Turun Mesin Mobil, Ini Rincian Lengkapnya!

2022-11-24

Biaya turun mesin menjadi salah satu momok yang biasanya ditakuti oleh pemilik kendaraan. Turun mesin atau

thumbnail

Apa Fungsi Flywheel pada Mesin Mobil? Berikut Penjelasannya

2021-02-16

Mobil tanpa adanya komponen didalamnya, layaknya tubuh tanpa tulang. Yang mana berbagai komponen yang ada di kendaraan roda empat ini sangat berperan penting antara satu

thumbnail

Pusing Saat Baca di Mobil? Ini Penyebabnya!

2020-12-11

Sahabat, pernah nggak sih kamu merasa pusing saat membaca buku di dalam mobil yang sedang dalam perjalanan? Bahkan, rasa-rasanya kamu ingin muntah saat pusing terus mela