Logo Daihatsu
Menu

Jenis-Jenis Bensin di Pertamina Indonesia, Yuk Cek!

Otomotif

2023-03-21

Jenis-Jenis Bensin di Pertamina Indonesia, Yuk Cek!

Mengetahui jenis-jenis bensin yang dijual di Pertamina Indonesia terbilang penting. Pasalnya bensin merupakan bahan bakar utama untuk kendaraan dengan mesin bensin. Dan setiap kendaraan bermesin bensin memiliki standar oktan yang berbeda untuk menunjang proses pembakaran mesin. Anda pasti penasaran jenis bensin apa saja yang dijual? Untuk selengkapnya, yuk perhatikan ulasan berikut.

Jenis-Jenis Bensin yang Dijual di Pertamina Indonesia

Pertamina Indonesia merupakan badan usaha milik negara yang ditunjuk langsung oleh Presiden RI untuk memasok kebutuhan BBM di Indonesia. BBM yang dijual juga beragam, mulai dari BBM untuk kendaraan bermesin diesel dan bermesin bensin. Berikut ini, akan dijelaskan mengenai jenis-jenis bensin yang dijual oleh Pertamina Indonesia. 

1. Premium

Jenis bensin pertama, ada premium. Bahan bakar minyak yang satu ini memiliki oktan yang paling rendah dibandingkan jenis bensin lainnya yaitu oktan 88. BBM ini diciptakan untuk kendaraan bermotor bermesin bensin yang memiliki kompresi mesin di bawah 9:1. BBM ini memiliki ciri khas berwarna kuning. 

Namun, di tahun 2023 peredaran premium di Indonesia sudah dihentikan secara total akibat kenaikan harga minyak dunia yang terus melambung di beberapa tahun terakhir. Selain itu, pemerintah Indonesia juga menyarankan penggunaan bensin dengan kadar oktan yang lebih tinggi sebagai penggantinya.

Baca Juga : 1 Liter Bensin Berapa Kilometer Mobil? Ini Cara Menghitungnya

2. Pertalite

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, saat ini bensin jenis premium sudah dihapuskan di Indonesia. Untuk menggantikan posisi premium sebagai jenis bensin dengan kadar oktan terendah di Indonesia, pihak pemerintah Indonesia menggunakan pertalite sebagai penggantinya. 

BBM ini memiliki kadar oktan yang lebih tinggi dibandingkan premium, yaitu oktan 90. BBM ini juga memiliki ciri khas berwarna hijau jernih, dan cocok digunakan oleh kendaraan bermotor dengan angka kompresi mesin 9:1 sampai dengan 10:1.

3. Pertamax

Jenis bensin selanjutnya, ada pertamax yang memiliki kadar oktan 92 yang baik digunakan untuk kendaraan bermotor dengan kompresi 10:1 sampai dengan 11:1. Dan sangat dianjurkan untuk kendaraan bermotor yang sudah menggunakan sistem injeksi atau EFI. 

BBM berwarna biru ini memiliki keunggulan tidak menyebabkan karat pada ruang bakar mesin, saluran bahan bakar, hingga dinding tangki kendaraan. Selain itu pertamax memiliki sifat demulsifier, di mana BBM ini mampu menjaga kualitas kemurnian bahan bakar dari bercampurnya air sehingga kualitas pembakaran mesin menjadi optimal. 

Nah, bagi kamu yang masih bingung perbedaan bensin premium, pertalite, dan pertamax bisa lihat pembahasan lengkapnya disini.

4. Pertamax Turbo

Pertamax Turbo merupakan jenis bensin pengganti pertamax plus yang penggunaannya di Indonesia sudah dihentikan. BBM yang satu ini merupakan BBM resmi yang digunakan untuk supercar seperti Lamborghini Super Trofeo Europe Series pada tanggal 29 Juli 2016.

BBM yang memiliki ciri khas berwarna merah ini, memiliki formulasi khusus rendah akan kadar sulfur yang ramah lingkungan. Sebab BBM yang satu ini tidak merusak kualitas udara. Selain itu, BBM ini memiliki keunggulan lain seperti meningkatkan top speed kendaraan, meningkatkan torsi kendaraan sehingga drivability juga meningkat. 

Dengan begitu kendaraan Anda menjadi lebih lincah dan gesit ketika bermanuver. Pembakaran mesin juga menjadi optimal karena proses pembakaran bahan bakar begitu sempurna. BBM ini cocok digunakan untuk kendaraan yang memiliki kompresi mesin 11:1 sampai dengan 13:1.

Baca Juga : 5 Jenis Bahan Bakar Alternatif Sebagai Pengganti Bensin

5. Pertamax Racing

Jenis bensin terakhir, ada pertamax racing yang merupakan BBM balap dunia. BBM ini memiliki oktan tinggi yaitu oktan 100 yang cocok digunakan untuk mesin kendaraan dengan kompresi 13:1 hingga lebih. Dengan begitu performa mesin jadi lebih gesit, bandel, dan handal ketika bermanuver.

Demikian beberapa jenis-jenis bensin yang dijual di Indonesia oleh Pertamina Indonesia. Dari jenis bensin tersebut, bensin mana yang Anda gunakan? 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Perlukah Mobil Baru Dipasangi Anti Karat dan Kisaran Biayanya?

2021-12-20

Perlukah mobil baru dipasangi anti karat dan biaya dalam kisaran berapa, mungkin itu yang menjadi pertanyaan Anda saat ini. Jika Anda ingin mengetahui l

thumbnail

Perawatan dan Cara Melindungi Mesin Mobil Dari Tikus!

2021-08-08

Jika tikus sudah berhasil masuk ke dalam kap mesin mobil atau ada indikasi tikus akan masuk ke dalam kap mesin mobil. Di bawah ini Daihatsu sarankan beberapa hal yang bi

thumbnail

Berapa Ukuran Celah Busi Standar Mobil? Yuk Ketahui!

2023-01-06

Mengetahui ukuran celah busi standar mobil sangatlah diperlukan bagi pemilik mobil. Sebab celah tersebut sangat berpengaruh terhadap hasil percikan listrik dalam sis

thumbnail

Cara Cek Plat Nomor Bandung Secara Online, Mudah dan Cepat!

2024-02-22

Cara cek plat nomor Bandung wajib diketahui oleh semua pemilik kendaraan, terutama jika berniat hendak membeli kendaraan dari wilayah Bandung. Dengan begitu, Anda da