Logo Daihatsu
Menu

Jenis-jenis Panoramic Roof Mobil

Otomotif

2022-07-06

Panoramic Roof Mobil

Panoramic roof mobil atau sering juga disebut dengan panorama roof merupakan sejenis atap mobil yang terbuat dari kaca dan menggunakan ukuran kaca besar, bahkan bisa hampir sama dengan ukuran mobil. 

Perlu Anda ketahui, panoramic roof ini tidak dapat bergerak, namun justru atap yang berada dibawah panoramic tersebutlah yang bergerak. Untuk lebih memahaminya secara mendalam, Anda juga perlu mengenali jenis-jenisnya,

Jenis-jenis Panoramic Roof Mobil

Seperti yang diketahui, panoramic roof ini menjadi model sunroof yang mempunyai kaca lebih besar jika dibandingkan sunroof pada umumnya, Sesuai dengan namanya, panoramic ini akan memberi pengalaman yang lebih menyenangkan untuk pengendara saat melihat pemandangan yang cukup luas.

Umumnya, panoramic roof ini diaplikasikan pada mobil yang berukuran besar. Jika Anda serta keluarga senang berpetualang di alam bebas, bisa coba menggunakan mobil dengan panoramic roof ini.

Adapun jenis-jenis dari panoramic roof untuk mobil yang perlu Anda ketahui, ini ada dua jenis, diantaranya:

1. Jenis panoramic sunroof

Untuk jenis panoramic yang satu ini, kaca panoramicnya sendiri terdiri lebih dari satu bagian panel kaca yang bersatu. Dimana, panel kaca terdepan bisa Anda buka.

Anda dapat membukanya dengan slide out ke atas atap mobil. Sementara itu, untuk sisa bagian panel kaca lainnya merupakan kaca permanen yang dapat dilihat dari mekanisme plafon atap ketika terbuka.

Atap sunroof ini juga berguna untuk mengalirkan udara dari dalam mobil, dengan begitu sirkulasinya pun akan semakin baik. Saat sunroof dibuka, kabin pun akan menerima udara dan sinar matahari secara langsung dari luar.

Memiliki sunroof di mobil Anda tentunya akan sangat berguna serta membuat perjalanan semakin seru. Ini menjadi salah satu keuntungan panoramic mobil sunroof.

2. Jenis panoramic moonroof

Sama halnya dengan panoramic sunroof jenis yang satu ini juga terdiri lebih dari satu bagian panel kaca yang bersatu. Akan tetapi, yang membedakannya yakni dari segi mekanisme gerakan kaca panel ketika sliding.

Jika panoramic sunroof sliding ke atas atap, panoramic moonroof bergerak sliding ke bagian dalam atap. Pada moonroof ini terdapat rel khusus yang digunakan untuk menggeser kaca agar dapat terbuka serta tertutup.

Dengan begitu, saat kaca dibuka, Anda akan merasakan pandangan yang semakin luas serta ruang sirkulasi udara pun semakin lega. Namun, jenis atap yang satu ini harus dirawat dengan baik.

Seperti yang diketahui, atap yang satu ini digerakkan oleh rel, jadi akan sangat rawan macet. Selain itu, atap jenis ini biasanya juga digerakkan secara otomatis menggunakan tombol. 

Jika relnya mengalami macet, atap mobil pun bisa terjebak serta tidak bisa Anda tutup kembali. Ini tentunya akan sangat menyusahkan, apalagi jika cuacanya sedang terik atau bahkan hujan. Jadi, perawatan sangat diperlukan.

Kelebihan Menggunakan Panoramic Roof Mobil

Adapun beberapa fungsi yang bisa Anda rasakan dari penggunaan panoramic roof ini diantaranya:

  • Menjadi perangkat yang dapat memberikan kesan mewah serta elegan pada mobil, karena desainnya sangat modern dan berkelas.
  • Menjadi peranti yang memberi keleluasaan saat melihat keadaan sekitar, baik itu dalam kondisi hujan maupun panas. Namun akan tetap memberi rasa nyaman karena atap kaca ini bersifat permanen.
  • Sebagai piranti yang dapat memberi Anda kenyamanan saat melihat keindahan alam sekitar apabila bepergian dengan keluarga tercinta, sebab Anda bisa melihat pemandangan sekitar yang indah.

Baca Juga: Segini Kira-Kira Biaya Body Repair Mobil di Berbagai Jenis Bengkel

Itulah beberapa kelebihan yang bisa Anda dapatkan. Disamping itu, jika Anda mengalami masalah pada panoramic roof mobil, sebaiknya segera lakukan perbaikan di tempat service terpercaya, seperti halnya dealer resmi Daihatsu.

Selain itu, sayangi mobil Anda dengan rutin melakukan service mobil berkala di bengkel Daihatsu!


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Ini 5 Tanda Yang Bisa Jadi Patokan Untuk Ganti Oli

2020-12-04

Banyak yang masih bingung terutama Sahabat yang baru memiliki mobil kapan saatnya untuk menggantikan oli mesin. Oli mesin ibaratnya sebagai jantung dari mesin mobil Anda

thumbnail

Berikut Manfaat Menguras Tabung Air Wiper Secara Rutin

2021-08-31

Kebutuhan cairan wiper penting untuk membersihkan kaca depan/windshield mobil yang kotor. Sebagai perawatannya, Anda perlu menguras cairan wiper secara

thumbnail

Pendingin Tidak Berfungsi dengan Baik, Berikut Ciri-Ciri Air Radiator Mobil Harus Diganti

2021-01-07

Kehadiran air radiator sebagai komponen pendingin berfungsi untuk membantu suhu mesin pada kendaraan tetap stabil. Sehingga Anda

thumbnail

Manfaat Menyalakan Wiper Baru Saat Kondisi Kaca Mobil Kering

2022-01-30

Menyalakan wiper baru pada kondisi kaca kering ternyata memiliki banyak manfaat. Meski lebih banyak yang mengatakan bahwa tidak boleh menyalakan wiper saat