Logo Daihatsu
Menu

Kaca Mobil Retak? Jangan Panik, Ini Cara Memperbaikinya!

Otomotif

2023-05-15

Kaca Mobil Retak? Jangan Panik, Ini Cara Memperbaikinya!

Permasalahan kaca mobil retak sangat umum terjadi, contohnya akibat dari kejatuhan buah. Namun apabila mobil tidak memiliki asuransi, bagaimana cara memperbaikinya? Tak perlu khawatir, simak cara memperbaiki kaca mobil retak berikut ini!

Cara Memperbaiki Kaca Mobil Retak

Tak perlu khawatir apabila mengalami kondisi ini, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan di rumah untuk memperbaiki kaca mobil retak. 

Bersihkan Kaca

Langkah pertama yang bisa dilakukan sebagai permulaan adalah mencopot kaca film lalu bersihkan area kaca yang mengalami keretakan (coating kaca mobil). Tujuan dari pembersihan ini adalah agar dapat menghilangkan sisa debu, kotoran, dan percikan retakan.

Caranya adalah dengan menyiram kaca menggunakan air secukupnya lalu lap kaca dengan kain bersih, tunggu beberapa saat hingga kondisi kaca kering sempurna. Pasalnya kondisi kaca yang bersih dapat mempermudah Anda dalam melakukan tahapan selanjutnya untuk memperbaiki keretakan kaca.

Lubangi Kaca

Setelah kaca sudah dalam kondisi bersih, siapkan alat bor untuk melubangi kaca. Alat bor ini bisa ditemukan di toko bangunan dan umumnya dibandrol di kisaran harga Rp1 jutaan tergantung merek, serta sudah dilengkapi mata bor.

Lubangi kaca secukupnya di area kaca yang mengalami keretakan. Hindari melubangi terlalu dalam, agar tidak menambah kerusakan menjadi lebih parah. 

Masukkan Resin

Apabila proses pelubangan kaca berhasil, langkah selanjutnya adalah memasukkan resin atau lem kaca pada area yang mengalami keretakan. Beberapa produk tak jarang ada yang sudah menjual alat untuk memasukkan resin, sehingga akan mempermudah prosesnya.

Namun apabila belum termasuk alat untuk memasukkan resin, dapat dibeli di toko dengan harga berkisar Rp100 ribuan. Sementara untuk harga resin berkisar Rp100 ribu hingga Rp200 ribu.

Cara memasukkannya perlu ketelitian dan kesabaran yang tinggi. Masukkan resin secara perlahan di bagian kaca mobil yang mengalami keretakan, ketika resin meluber segera bersihkan agar nantinya tidak menimbulkan bekas.

Pasang Kaca Film Baru

Setelah proses memasukkan resin ke kaca yang retak, selanjutnya tunggu selama kurang lebih dua jam agar resin melekat dengan sempurna. Selanjutnya lakukan pemerataan cairan resin dengan mengganti kaca film baru.

Caranya adalah dengan membersihkan area yang dimasukkan resin terlebih dahulu, lalu pasang kaca film agar hasil perbaikan tersebut terlihat lebih rata dan sempurna. 

Baca Juga : Tips Aman Agar Kaca Mobil Tidak Pecah Saat Parkir

Kondisi Kaca Mobil Retak yang Masih Bisa Diperbaiki

Perlu diperhatikan, tidak semua kondisi kaca mobil retak bisa diperbaiki. Berikut kondisi kaca mobil retak yang masih dapat diperbaiki, diantaranya:

Posisi Retak di Area Tengah Kaca

Apabila posisi retak berada di area tengah kaca dan kedalamannya tidak signifikan, kondisi tersebut masih dapat diperbaiki. Lain halnya jika bagian keretakan kaca berada di area sudut serta menjalar ke tengah, karena sulit untuk diperbaiki.

Keretakan Tidak Panjang

Kaca yang retak masih bisa diperbaiki apabila kondisi keretakannya tidak lebih dari 10 inci. Pasalnya jika keretakan lebih dari 10 inci, kekuatan kaca menjadi tidak optimal meskipun telah dilakukan perbaikan. 

Posisi Retak Tidak Menembus Kaca Dalam Kabin

Jika keretakan sudah terlalu dalam bahkan menembus kaca dalam kabin, kondisi tersebut tidak bisa diperbaiki dengan cara di atas karena perlu diganti dengan kaca mobil yang baru.

Posisi Keretakan Tidak Mengenai Sensor

Mobil keluaran di atas tahun 2010 umumnya sudah menyematkan sensor di bagian kaca, seperti sensor suhu, sensor radio, maupun sensor lainnya. Apabila keretakan mengenai sensor tersebut, maka perbaikan harus dilakukan di bengkel resmi. 

Memperbaiki kaca mobil retak memang bisa dilakukan sendiri di rumah. Namun apabila Anda ragu atau tidak memiliki peralatannya, ada baiknya segera bawa mobil ke bengkel Daihatsu terdekat.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Daihatsu Sigra Berapa CC? Ketahui Spesifikasi Lengkapnya di Sini!

2023-09-29

Mengetahui informasi tentang Daihatsu Sigra berapa CC menjadi hal yang cukup penting. Oleh karena itu, bagi Anda yang tertarik dengan kendaraan tersebut, langsung sa

thumbnail

Begini Cara Mengendarai Mobil SUV

2020-12-02

Bagi Sahabat yang baru mengenal mobil SUV, cara mengendarai

thumbnail

Biaya Balik Nama Mobil Bekas 2023, Ini Syarat dan Caranya!

2023-11-23

Balik nama mobil adalah langkah formal yang melibatkan perubahan resmi kepemilikan kendaraan bermotor. Proses ini mencakup perubahan nama pemilik yang terdaftar dalam dokumen resmi seperti Surat Ta

thumbnail

Cara Cek Plat Nomor Jakarta Tanpa NIK dengan Mudah

2024-01-15

Memahami cara cek plat nomor Jakarta dapat memberikan banyak manfaat bagi masyarakat Jakarta yang hendak membeli kendaraan bekas. Mulai dari terhindar dari penipuan