Logo Daihatsu
Menu

Tips Aman Agar Kaca Mobil Tidak Pecah Saat Parkir

Otomotif

2022-07-06

Tips Aman Agar Kaca Mobil Tidak Pecah Saat Parkir

Tips aman agar kaca mobil tidak pecah saat parkir berikut bisa Anda terapkan agar mobil Anda aman dari tindak kejahatan. Seperti yang kita ketahui, aksi-aksi ini bisa terjadi kapan saja dan dimana saja, apalagi di tempat-tempat parkir.

Biasanya, para pelaku kejahatan akan memanfaatkan ujung elektroda busi untuk melakukannya, serta kaca yang retak itu oleh elektroda busi bisa didorong oleh si pelaku. Untuk itu simak tipsnya berikut ini!

5 Tips Aman Agar Kaca Mobil Tidak Pecah Saat Parkir

Sebetulnya, pelaku begal pecah kaca tidak hanya mengincar mobil yang terparkir serta ditinggal pemiliknya. Namun, mobil yang sedang berhenti sebentar di pinggir jalan pun sering terjadi.

Jadi, bagi Anda para pemilik mobil sangat perlu untuk mempertimbangkan aspek keamanan serta keselamatan diri ketika memutuskan untuk berhenti di pinggir jalan maupun memarkirkan mobil.

Untuk itu, berikut kami berikan lima tips penting yang bisa Anda terapkan saat akan memarkirkannya agar terhindar dari pencuri memecahkannya.

1. Parkirkan mobil di tempat yang aman

Tips pertama yang bisa Anda ikuti yakni ketika parkir di tempat umum, alangkah baiknya agar mobil diparkirkan di tempat yang cukup ramai serta mudah Anda pantau. Jadi, hindari memarkirkan mobil di tempat yang jauh dari keramaian atau tempat yang sepi, apalagi saat malam hari, Anda perlu menghindari tempat parkir yang gelap.

2. Hindari menutup kaca secara penuh ketika mobil diparkirkan

Ini perlu Anda lakukan untuk mengantisipasi adanya tindak kejahatan seperti pencurian yang tidak diharapkan. Seperti halnya, saat melakukan parkir di siang hari, kaca mobil Anda perlu dibuka paling tidak sekitar 1 cm, sebagai jalur sirkulasi udara.

Dengan melakukan hal ini, para pelaku pencurian pun akan cukup kesulitan dalam memecahkan kaca mobil Anda dengan pecahan busi.

3. Cobalah memasang alarm mobil

Tips selanjutnya yang bisa Anda terapkan yakni penting kiranya untuk memasang alat pengaman seperti sensor tambahan, alarm ganda, maupun electric cut-off. Ini memang perlu dilakukan agar mobil yang belum disematkan fitur Immobilizer bisa mencegah mobil Anda dibawa kabur oleh para pelaku kejahatan.

4. Gunakan kaca film

Cara lainnya yang bisa Anda terapkan untuk mencegah aksi pencurian dengan memecahkan kaca mobil yakni dengan memasang kaca film. Seperti yang Anda ketahui, sebanyak 60% bagian dari mobil merupakan kaca mobil.

Untuk itu, sangat disarankan bagi Anda pemilik mobil untuk memilih kaca film yang cukup sulit terlihat dari luar, serta tidak mengganggu visibilitasnya.

5. Simpanlah barang-barang Anda di tempat yang aman

Untuk menjamin keamanan barang-barang Anda di dalam mobil, sebaiknya simpanlah barang berharga di tempat aman yang tertutup di dalam mobil. Manfaatkan saja kompartemen tertutup seperti halnya laci atau bagasi, glove box, atau bisa juga memanfaatkan tray penutup pada bagasi bagi Anda pemilik mobil Sport Utility Vehicle (SUV) atau hatchback.

Baca Juga:  Cara Menghilangkan Jamur Pada Kaca Mobil

Jika memang tidak tersedia tempat maupun kompartemen tertutup yang cukup memadai, barang berharga Anda bisa disimpan di kolong jok mobil maupun di tutupi dengan suatu benda yang gelap, agar dari luar mobil bisa terlihat samar.

Itulah kelima tips aman agar kaca mobil tidak pecah saat parkir yang bisa Anda terapkan. Jadi, dimanapun Anda memarkirkan mobil, selalu harus waspada ya.

Disamping memperhatikan keamanan untuk mobil, Anda juga harus selalu memberikan perawatan terbaik, seperti halnya melakukan servis secara berkala, agar Anda bisa mengetahui apakah mobil yang digunakan tersebut dalam keadaan prima atau tidak.

Jika mobil yang sedang Anda kendarai dalam kondisi yang tidak baik, bisa memudahkan juga para pencuri untuk melakukan tindak kejahatan. Salah satu tempat servis terbaik bisa Anda percayakan pada bengkel kami, Daihatsu.

Semua keperluan Anda bisa didapatkan disini, semoga bermanfaat.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Rekomendasi dan Harga Cairan Ban Tubeless untuk Mobil

2021-02-08

Seiring berjalannya waktu, berbagai inovasi dalam dunia otomotif terus berkembang. Salah satunya adalah cairan ban atau tire sealant untuk ban tubeless.

thumbnail

Fungsi Anti Karat Pada Mobil Beserta Cara Menggunakannya

2021-01-29

Karat adalah salah satu masalah yang ada pada mobil. Selain membuat tampilan mobil jadi kurang menarik, karat pada mobil juga bisa bikin mobil itu rusak. Apalagi, jika k

thumbnail

Untung - Rugi Pakai Cairan Ban Tubeless

2021-02-01

Saat berkendara, ban bocor di tengah jalan memang sering bikin frustasi. Untuk yang mengendarai mobil, Sahabat harus membongkar ban mobil untuk diganti dengan ban cadang

thumbnail

Rangkaian Cara Membuat Lampu Hazard Pada Motor Tanpa Mengganti Flasher

2020-11-09

Siapa yang tidak mengenal lampu hazard? Lampu darurat satu ini kerap ditemukan pada kendaraan roda empat, baik mobil pribadi maupun moda transportasi lainnya. Sayangnya