Logo Daihatsu
Menu

5 Cara Ampuh Menghilangkan Jamur Pada Kaca Mobil

Tips & Trick

2022-09-02

tips dan cara menghilangkan jamur pada kaca mobil

Sahabat kesulitan dalam menghilangkan jamur pada kaca mobil? Jangan khawatir, disini kami akan membagikan tips ampuh dan cara menghilangkan jamur pada kaca mobil dengan cepat.

Kaca mobil merupakan bagian penting dari sebuah mobil. Tidak akan nyaman rasanya perjalanan Anda, apabila jarak pandang terbatas atau bahkan menjadi terhalang.

Oleh karena itu, kaca mobil harus mendapat perhatian yang serius. Apalagi jika kaca mobil berjamur. Bagaimana jamur ini bisa nempel di kaca mobil Anda? Penyebab jamur pada kaca mobil karena Anda kerap parkir di tempat lembab. Bisa juga karena Anda tidak segera membersihkan kaca mobil, sehabis terkena hujan.

Sehingga kotoran dan debu tetap menempel di kaca. Lalu bagaimana tips ampuh menghilangkan jamur pada kaca mobil? Lihat pembahasan lengkap dibawah ini.

Cara Menghilangkan Jamur Pada Kaca Mobil

Apakah jamur kaca mobil bisa hilang? Ya, tentu saja bisa.

Lantas bagaimana cara menghilangkan jamur pada kaca mobil? Untuk menghilangkannya, Sahabat bisa menggunakan berbagai produk pembersih yang dijual bebas di pasaran. Mulai dari kualitas sedang, hingga kualitas menengah pun tersedia. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Alkohol kadar 50-90 %

Cara ampuh menghilangkan jamur pada kaca mobil yang pertama yaitu menggunakan alkohol. Bahan ini umumnya digunakan untuk membersihkan luka. Ternyata secara klasik bahan ini telah digunakan untuk membersihkan kaca mobil.

Alkohol merupakan penghilang jamur kaca mobil terbaik dan terbukti ampuh, lho! Caranya sangat mudah, hanya dengan membasahi kain lembut dengan cairan alkohol dan gosokkan ke kaca mobil. Namun, perlu diingat dalam menggosok kaca mobil lakukan dengan tekanan lembut agar kaca tidak tergores.

2. Minuman soda

Air soda yang biasanya diminum ternyata dapat menghilangkan jamur pada kaca mobil depan maupun samping.

Cara membersihkan jamur kaca mobil dengan air soda adalah dengan membersihkan kaca mobil terlebih dahulu dengan kain kering, kemudian basahi kain lembut lainnya dengan air soda dan gosokkan ke kaca mobil.

Lakukan beberapa kali hingga jamur hilang. Pembersihan kaca mobil tidak menggunakan air supaya unsur kimia dalam soda tidak bersenyawa dengan air dan mengurangi khasiatnya.

Sebaiknya pilihlah minuman soda yang tidak mengandung gula, biar tidak memancing kedatangan semut.

Baca Juga : 5 Tips Menghindari Kerusakan Body Mobil, Karat dan Jamur Tidak akan Mampir!

3. Pasta gigi

Apakah pasta gigi bisa menghilangkan jamur pada kaca mobil? Ya, tentu sangat bisa.

Cara menghilangkan jamur pada kaca mobil secara alami yaitu bisa dengan pasta gigi seperti pepsodent atau merk lainnya. Langkahnya sangat mudah, tinggal oleskan pasta gigi pada kaca mobil secukupnya, kemudian tunggu hingga kering.

Jika pasta gigi mengering, bilas dengan air bersih sambil digosok menggunakan kain lembut agar jamur hilang. Keringkan segera dengan kertas koran yang bersih dan kering. Efek membersihkan kaca mobil dengan pasta gigi ini akan terlihat langsung dan cepat.

Sahabat juga bisa menggunakan jasa salon mobil yang akan membersihkan mobil Anda dengan teliti. Tetapi jika Anda sedang memiliki waktu luang, dan ingin membersihkan kaca mobil sendiri, Sahabat bisa memanfaatkan barang-barang yang ada di rumah seperti menggunakan pasta gigi.

4. Pemutih pakaian

Pembersih jamur kaca mobil selanjutnya yaitu bisa menggunakan pemutih pakaian seperti byclin.

Caranya cukup mudah, tinggal basahi kain lembut dengan cairan pemutih pakaian secukupnya. Gosokkan dengan lembut pada kaca mobil hingga bersih. Kaca mobil terbebas dari jamur dan bersih kinclong.

Perlu diingat dalam membersihkan kaca mobil yaitu harus menggunakan kain yang lembut dan tidak terlalu kuat menekan saat menggosok sehingga tidak menimbulkan goresan. Dalam proses pengeringan hendaknya mobil diparkir di tempat teduh untuk menghindari sinar matahari langsung.

Baca Juga : Cara Membersihkan Plafon Mobil Beludru Kotor & Berjamur

Sering kali pengemudi mobil menganggap sepele mengenai jamur pada di kaca mobil. Sehingga hanya melakukan perawatan sekedarnya pada kaca mobil. Padahal hal ini  sangat berbahaya jika dibiarkan dapat menghalangi jarak pandang pengemudi.

Demikian beberapa cara menghilangkan jamur pada kaca mobil dengan menggunakan bahan alami atau alat yang ada di rumah.

Tidak susah bukan? Lakukan secara rutin, setiap kali membersihkan mobil, apalagi jika habis bepergian jauh. Selain rajin membersihkan kaca mobil, sebaiknya perhatikan juga tempat memarkir mobil.

Jangan memilih tempat parkir yang pengap atau lembab. Pilihlah tempat parkir yang teduh, cukup matahari tetapi tidak di bawah sinar matahari langsung. Semoga Anda menjadi lebih perhatian pada kaca mobil Anda, ya!


Tag

Tips & Trick

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Kisah Awal Terbentuknya Kerajaan Ternate dan Sejarah Singkat

2021-03-31

Kerajaan Ternate adalah suatu kerajaan yang berada di Pulau Ternate. Dulunya di wilayah ini terdapat 4 kampung yang dikepalai oleh seorang kepala marga. Seluruh wilayah

thumbnail

Kesultanan Islam Pertama, Ini Sejarah Kerajaan Perlak

2021-03-31

Perlak menjadi Kerajaan Islam tertua dan kesultanan Islam pertama yang ada di Nusantara. Kerajaan ini menjadi cikal bakal perkembangan Islam di Indonesia, sehingga memil

thumbnail

7 Fakta Sejarah dan Teks Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia

2021-01-14

Momen bersejarah pada Hari Kemerdekaan Republik Indonesia selalu ditandai oleh pembacaan teks proklamasi. Berbeda dari upacara bendera yang biasa dilakukan secara rutin,

thumbnail

Alur dan 5 Jenis Tes SIM A yang Perlu Diketahui Oleh Calon Pengemudi

2020-11-21

Pembuatan surat izin mengemudi (SIM) biasanya menjadi proses panjang yang dilakukan oleh para calon pengendara. Sebenarnya, tahap pembuatan SIM tidak banyak, tapi materi tesnya bisa dilakukan lebih