Logo Daihatsu
Menu

Cara Membersihkan Plafon Mobil Beludru Kotor & Berjamur

Otomotif

2022-08-03

Cara Membersihkan Plafon Mobil Beludru Kotor & Berjamur

Merawat plafon mobil secara berkala adalah hal yang perlu dilakukan. Apalagi jika plafon berbahan beludur. Cara membersihkan plafon mobil beludru yang kotor dan berjamur sangat mudah dilakukan.

Supaya perjalanan aman dan nyaman, Anda harus terus menjaga kebersihan mobil. Plafon mobil beludru dipilih karena memberikan kesan yang mewah.

Bahkan banyak plafon mobil saat ini yang dibuat dari bahan beludru sintetis. Beludru sintetis ini dipilih karena biaya produksi yang murah dan tidak mengurangi kesan mewahnya.

Kami sudah merangkum cara membersihkan plafon mobil yang ampuh dan paling efektif diterapkan. Simak dibawah ini.

Cara Efektif Membersihkan Plafon Mobil Beludru

Berikut ini adalah cara mudah dan efektif membersihkan plafon mobil beludru yang kotor dan berjamur.

1. Siapkan Perlengkapan

Ada beberapa peralatan yang perlu Anda persiapkan saat membersihkan plafon beludru ini. Siapkan perlengkapan sebagai berikut :

  • Lap mikrofiber,
  • Sikat berbulu lembut,
  • Vacum tangan,
  • dan cairan khusus pembersih interior mobil untuk menghilangkan jamur.

Gunakan cairan pembersih plafon mobil beludru atau pembersih interior mobil yang terbaik untuk hasil yang maksimal.

Namun, jika Anda tidak mempunyai cairan khusus, Anda bisa membersihkan plafon mobil dengan sunlight, vanish, maupun cuka.

Baca Juga : 5 Perawatan Tepat Cara Membersihkan Noda Membandel Pada Plafon Mobil

2. Proses Pembersihan Plafon Mobil Beludru

Jika alat-alat sudah Anda siapkan, langkah selanjutnya adalah proses pembersihan plafon mobil. Ikuti langkah-langkah dibawah ini :

  • Pertama, sikat dengan halus plafon beludru tersebut.
  • Setelah muncul beberapa debu yang terangkat dari permukaan plafon, Anda bisa gunakan vacuum cleaner tangan yang sudah Anda sediakan sebelumnya.
  • Setelah dirasa sudah cukup menghilang debu yang menempel, langkah selanjutnya adalah tuangkan cairan pembersih interior ke lap microfiber.
  • Setelah itu gosokkan lap microfiber tersebut pada permukaan beludru dengan lembut dan searah.
  • Hindari mengelap berlawanan arah karena dapat merusak beludru.
  • Ketika permukaan beludru sudah terlihat bersih, Anda bisa menyemprotkan cairan pembersih interior penghilang jamur sekali lagi.
  • Biarkan sekitar 15 menit hingga plafon beludru mobil Anda mengering.
  • Setelah kering dengan sempurna, Anda bisa menggunakan mobil Anda kembali.

Tindakan Menghilangkan Untuk Noda Ringan di Plafon Mobil

Selain tindakan di atas, Anda juga bisa melakukan tindakan awal untuk noda ringan yang kadang muncul di plafon mobil sewaktu-waktu. Jangan tunggu menumpuk dan menjadi banyak noda di berbagai tempat.

1. Peralatan yang Disiapkan

Untuk noda ringan, Anda bisa menggunakan sikat gigi dan air yang sudah dicampur dengan deterjen.

Perlu diingat, jangan pernah Anda aduk air deterjen tersebut dan menyebabkan berbusa. Jika sudah terlalu berbusa, Anda bisa menuang ke tempat lain dan mengambil bagian air deterjen yang tidak berbusa.

Mengapa dilarang menggunakan air deterjen yang berbusa? Air yang berbusa akan berefek memberikan flek atau noda yang susah dihilangkan.

Sungguh tidak elok jika niat menghilangkan noda ringan malah berujung menambah noda atau flek pada plafon.

Baca Juga : 5 Ide Modifikasi Plafon Mobil Yang Bisa Anda Coba

2. Proses Pembersihan

Sebelum melakukan pembersihan, Anda celupkan sikat pada air deterjen. Lalu gerak-gerakkan bulu sikat ke atas dan ke bawah agar larutan deterjen tidak terlalu banyak dan sikat cukup lembab saja. Kemudian, sikat plafon dengan lembut dan searah.

Jika noda sudah menghilang, hentikan menyikat. Lalu diamkan hingga kering. Anda bisa menggunakan lap kering untuk membantu cepat kering.

Biasanya butuh sekitar 15 menit hingga setengah jam untuk kering. Setelah kering, Anda bisa menggunakan mobil Anda untuk beraktivitas seperti biasanya.

Manfaat membersihkan segera noda ringan yang muncul di plafon mobil adalah agar noda tersebut lebih mudah dibersihkan.

Semakin lama Anda menunda membersihkan, maka noda akan semakin melekat dan susah dihilangkan.

Itulah cara membersihkan plafon mobil beludru yang efektif dan bisa Anda lakukan sendiri. Anda juga bisa membersihkan interior Anda lainnya dengan bantuan tempat cuci mobil yang biasanya berada di dekat bengkel resmi Daihatsu.

Temukan tips trik bermanfaat dan menarik lainnya seputar otomotif di website Daihatsu. Dapatkan juga promo menarik lainnya tiap saat terkait produk Daihatsu.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Alasan Kenapa Mobil Bekas Banjir Murah: Performa Mesin Tidak Sesehat Sebelumnya

2021-01-29

Harga mobil bekas yang murah perlu dicurigai. Terlebih jika mobil tersebut dijual setelah musim penghujan karena bisa jadi habis terendam banjir. Sahabat harus lebih tel

thumbnail

Mesin Bensin vs Mesin Diesel

2021-02-19

Berdasarkan jenisnya, mesin mobil dapat dibagi menjadi dua, yakni mesin bensin dan mesin diesel. Keduanya mempunyai jumlah tahapan kerja yang sama. Langkah kerja kedua m

thumbnail

Efek Velg Mobil Peyang yang Jadi Ciri-ciri Kerusakan Pada Mobil

2021-03-06

Bagian velg mobil merupakan salah satu komponen kendaraan yang sangat penting perannya. Velg berperan untuk dapat memungkinkan mobil melaju dengan aman dan nyaman sesuai

thumbnail

3 Kebiasaan Buruk yang Membuat Kampas Rem Mobil Cepat Habis

2022-04-07

Fungsi rem pada kendaraan termasuk suatu komponen penting harus diperhatikan performanya, termasuk pada mobil. Kondisi kampas rem cepat habis bisa menjadi salah satu pen