Logo Daihatsu
Menu

5 Ide Modifikasi Plafon Mobil Yang Bisa Anda Coba

Modifikasi

2020-11-09

modifikasi plafon mobil

Bagi para pemilik kendaraan bermobil, memodifikasi bisa menjadi cara terbaik untuk meningkatkan penampilan interior sekaligus memaksimalkan fungsinya. 

Selain interior bagian luar kendaraan, ternyata plafon mobil tidak kalah penting untuk dimodifikasi. Berikut beberapa ide modifikasi plafon mobil yang menarik untuk dicoba. 

1. Tambahkan Bantalan Cushion 

Pernahkah Anda mengeluh kesakitan karena kepala membentur bagian plafon kendaraan ketika berusaha menaikinya? 

Kondisi tersebut menjadi kendala bagi mereka yang memiliki kaki jenjang, oleh karenanya Anda  bisa memodifikasinya dengan menambahkan bantalan cushion sebagai solusi tepatnya. Diharapkan dengan adanya bantalan tersebut, resiko sakit kepala akibat terbentur dapat diminimalisir. 

Selain unggul dari segi fungsi, Anda juga bisa memodifikasinya dengan aneka pilihan tema dan warna sesuai selera, sehingga tampilan kabin kendaraan tampak lebih menarik dan tidak membosankan ketika dipandang. 

2. Menambahkan Lampu LED 

Umumnya pabrikan telah menambahkan cahaya penerangan tambahan pada bagian plafon kendaraan. Bukan sekedar aksesoris semata, pasalnya lampu interior tersebut dapat membantu penumpang menemukan suatu barang ketika melakukan perjalanan di malam hari. 

Oleh sebab itu, banyak dari pemilik mobil yang berencana modifikasi plafon mobil kesayangan dengan menambahkan lampu LED sebagai alternatifnya. 

Selain meningkatkan tampilan plafon kendaraan, lampu penerangannya yang cukup terang dan tidak menyakiti indra penglihatan. Konsumsi dayanya cukup minim sehingga tidak akan boros aki kendaraan. 

Baca juga: Jenis-jenis Lampu Mobil dan Fungsinya

3. Menambahkan Sunroof 

Bosan dengan tampilan kendaraan yang begitu begitu saja? Kini saatnya sedikit merubah penampilan mobil kesayangan dengan menambahkan sunroof atau moonroof sebagai solusinya. 

Sebenarnya desain unik tersebut sudah banyak disematkan pada mobil Eropa, namun masih jarang ditemukan pada mobil Indonesia.

Jika masyarakat Eropa kerap menggunakan sunroof berfungsi agar sinar matahari dapat masuk ke dalam kabinnya, justru masyarakat Indonesia kerap menjadikannya sebagai salah satu aksesoris semata. 

Modifikasi plafon mobil semakin menarik dilakukan, karena varian penutup atapnya memiliki style bervariasi yang dapat disesuaikan keinginan. 

Baca juga: 5 Perawatan Tepat Cara Membersihkan Noda Membandel Pada Plafon Mobil

4. Menambahkan Roof Console Box 

Umumnya sang pemilik mobil akan meletakkan box tisu di bagian dashboard mobilnya. Namun penumpang yang duduk di bagian tengah dan belakang kabin merasa kesulitan menjangkau box tisu tersebut karena letaknya jauh dari jangkauan. Menyadari hal tersebut, tidak ada ruginya menambahkan roof console box pada bagian tengah kabin kendaraan. 

Baca juga: 6 Jenis Roof Rack yang Bisa Menjadi Pilihan saat Membawa Banyak Barang Mudik

5. Menyesuaikan dengan Tema Kendaraan

Setiap orang memiliki cita rasa serta style berbeda dan dicurahkan pada desain plafon agar tampilannya jauh lebih menarik dan tidak monoton. Apabila kebingungan memilih desain yang tepat untuk kendaraan kesayangan, tidak ada salahnya menyesuaikan dengan tema dari kendaraan itu sendiri. Misalnya Anda memiliki kendaraan sporty, maka berikan sentuhan sporty pada plafonnya. 

Sedangkan bagi mereka yang ingin tampil unik, tidak ada salahnya memodifikasi plafon mobil dengan menambahkan karakter favorit atau menggunakan warna cerah yang dapat mencuri perhatian setiap orang yang melihatnya. 

Siapa yang tidak ingin memiliki sebuah kendaraan dengan tampilan memukau? Selain mengandalkan interior bawaan, tidak ada salahnya melakukan sedikit modifikasi di beberapa bagian kendaraan tidak terkecuali untuk bagian plafonnya. Menambahkan beberapa aksesoris di bagian plafon, dijamin Anda dapat memaksimalkan fungsi plafon itu sendiri. 


Tag

Modifikasi

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

5 Persiapan Modifikasi Mobil Klasik

2020-11-01

Memiliki mobil klasik memang dapat memberi kepuasan bagi para pecinta mobil ini. namun, meskipun tampilannya sudah apik, modifikasi mobil klasik tetap dilakukan supaya t

thumbnail

Cara Modifikasi Stiker Mobil untuk Tampil Stylish

2020-11-01

Modifikasi stiker mobil merupakan hal menyenangkan bagi sebagian orang, ada juga yang menjadikan hal tersebut sebagai hobi, sehingga tidak peduli seberapa mahal atau seb

thumbnail

Cara Tepat Untuk Modifikasi Mobil Ceper

2020-11-01

Tidak sedikit orang yang ingin memodifikasi mobilnya dengan ground clearance rendah atau dikenal sebagai mobil ceper. Mobil ceper memang tampak lebih enak dilihat secara

thumbnail

Tampil Lebih Keren Dengan 5 Ide Modifikasi Mobil Sedan Tua

2021-01-05

Mobil sedan tampak menarik dimiliki, namun sayangnya harga yang ditawarkan melambung tinggi. Apabila Anda bermimpi memiliki kendaraan tersebut namun terkendala dengan