Logo Daihatsu
Menu

Terbukti Efektif! Begini 4 Cara Membersihkan Plafon Mobil Sampai Bersih

Otomotif

2021-01-06

cara membersihkan plafon mobil

Tak hanya digunakan secara terus menerus, pemilik kendaraan pun memiliki kewajiban untuk selalu menjaga kebersihannya. Hal ini berguna untuk meningkatkan kenyamanan saat berkendara. 

Selain memperhatikan kebersihan bagian eksterior mobil, Anda juga wajib membersihkan bagian interior seperti plafon. Lantas bagaimana cara membersihkan plafon mobil yang efektif? Simak ulasannya.

1. Menggunakan Lap Microfiber

Cara pertama untuk membersihkan plafon mobil yaitu dengan memanfaatkan lap microfiber. Asal Anda tahu, bahwa lap microfiber ini diklaim memiliki kemampuan untuk mengangkat segala kotoran ataupun debu yang menempel di plafon mobil. 

Membersihkan bagian plafon, jangan menggunakan lap microfiber yang masih basah. Pastikan lap microfiber tersebut dalam keadaan kering dan bersih untuk menyeka plafon mobil. 

Saat menyeka plafon dengan lap microfiber, lakukanlah berulang kali dengan arah yang sama. Dengan begitu, kotoran serta debu yang menempel pada plafon mobil bisa terangkat dengan sempurna dan plafon kendaraan kesayangan Anda menjadi lebih bersih.

2. Memanfaatkan Cairan Pembersih Jok

Cara membersihkan plafon mobil yang kedua yaitu memanfaatkan cairan pembersih jok dan sampo khusus interior mobil. Pastinya Anda sering melihat dua produk yang berasal dari pabrikan kendaraan bermotor ini, bukan? 

Kedua produk tersebut bisa Anda manfaatkan untuk membersihkan plafon mobil dengan cara yang sangat mudah.

Di mana Anda hanya menyemprotkan cairan pembersih jok tersebut ke seluruh permukaan plafon. Selanjutnya seka plafon yang telah disemprot dengan menggunakan lap microfiber. 

Perpaduan antara lap microfiber dengan cairan pembersih ini mampu memberikan hasil yang lebih maksimal, sehingga plafon kendaraan kesayangan menjadi bersih tanpa kotoran.

Baca juga: 5 Perawatan Tepat Cara Membersihkan Noda Membandel Pada Plafon Mobil

3. Menggunakan Air dan Cuka

Bila Anda tidak memiliki cairan pembersih jok ataupun sampo khusus interior mobil, tak perlu khawatir karena Anda pun bisa memanfaatkan air dan cuka sebagai cairan pembersih plafon mobil. 

Bahkan cara membersihkan plafon mobil menggunakan cairan pembersih dari air dan cuka ini mampu menghilangkan noda minyak yang menempel di plafon kendaraan Anda.

Untuk membuat cairan pembersih ini, Anda hanya perlu mencampurkan air dan cuka dengan perbandingan 3:1 yaitu tiga untuk air dan satu untuk cuka. 

Aduk hingga kedua cairan ini bisa tercampur dengan sempurna. Bila sudah tercampur, selanjutnya semprotkan cairan pada lap microfiber lalu seka plafon mobil yang terdapat noda minyaknya. 

4. Menggunakan Pengharum Ruangan

Siapa bilang pengharum ruangan hanya untuk memberikan wewangian pada kendaraan saja? Perlu Anda ketahui, bahwa pengharum ruangan ini bisa dimanfaatkan untuk membersihkan bagian interior mobil khususnya plafon. 

Namun, cara ini hanya digunakan untuk menghilangkan bau tidak sedap yang menempel di plafon kendaraan kesayangan Anda.

Cara membersihkan plafon mobil menggunakan pengharum ruangan pun sangat mudah. Anda hanya menyemprotkan pengharum ruangan ke bagian yang tercium bau tidak sedap pada plafon mobil. 

Akan tetapi, Anda tidak perlu menyemprotkan hingga basah karena pengharum ruangan ternyata mampu merusak lem perekat kain di plafon mobil.

Menjaga kebersihan kendaran memang sangat perlu dilakukan, apalagi pada bagian interior mobil. Hal ini tentu saja demi memberikan kenyamanan tatkala Anda berkendara bersama orang orang tersayang. 

Bayangkan saja bila interior mobil tidak dibersihkan secara rutin, pastinya akan terdapat banyak sekali kotoran dan debu yang menempel.

Baca juga: 5 Ide Modifikasi Plafon Mobil Yang Bisa Anda Coba


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Tips Menjaga Tabung Reservoir Radiator Tetap Awet

2022-06-29

Ada begitu banyak komponen dalam kendaraan yang perlu untuk diperhatikan agar perjalanan Anda senantiasa menyenangkan. Salah satunya adalah keadaan reservoir radiator ya

thumbnail

Cara Memperbaiki Engine Mounting yang Rusak

2021-02-05

Mesin mobil akan menimbulkan getaran tinggi saat dinyalakan. Namun, penumpang yang ada di dalam kabin mobil tidak terlalu merasakan getarannya bahkan dalam kecepatan tin

thumbnail

Cara Blokir STNK Mobil Online Mudah Tanpa ke Samsat

2024-01-28

Mengapa Anda perlu memblokir STNK mobil setelah menjual atau mentransfer kepemilikan? Pemilik kendaraan, baik motor maupun mobil, diwajibkan untuk melakukan pemblokiran identitas Surat Tanda Nomor

thumbnail

4 Penyebab Mesin Mobil Matic Tidak Bisa Distarter

2021-01-12

Kendaraan bermotor dengan sistem matic jadi salah satu pilihan praktis, sehingga digemari oleh banyak orang. Pemiliknya yang cukup melimpah ini ternyata sering kali meng