Tips Sahabat

Kampas Kopling Mobil Baru Tapi Masih Selip

11 April 2025
kampas mobil selip

Banyak dari kita yang menganggap bahwa ketika kopling selip penyebabnya adalah kampasnya yang sudah mulai aus. Lalu kita gantilah dengan kampas kopling mobil yang baru. Namun, ternyata meski kampas kopling mobil baru tapi masih selip juga. Kira-kira mengapa yah?

Kampas kopling mobil baru tapi masih selip adalah hal yang sering dijumpai oleh orang yang hanya mengganti kampas kopling saja tanpa memperhatikan bagian komponen kopling yang lainnya. Setiap komponen dalam mobil memiliki keterkaitan yang saling mempengaruhi. Ada beberapa penyebab lainnya yang meski kampas kopling mobil baru pun tapi tetap selip saja.

Pegas atau Per Kopling Lemah

Pegas atau per kopling bertugas menekan plat penekan agar kampas kopling terhubung dengan flywheel. Kampas kopling yang menekan plat penekan menyalurkan tenaga dari mesin ke transmisi. Ketika pegas kopling lemah, maka dia tidak dapat menekan dengan baik. Alhasil, tenaga yang disalurkan ke transmisi pun tidak bisa tersalur dengan sempurna, bahkan terkadang selip.

Jarak Gerak Bebas Pedal Kopling Terlalu Rapat

Ketika penyetelan pedal kopling, ketika jarak gerak bebasnya terlalu rapat maka kampas kopling akan menekan plat penekan sejak kondisi awal. Ketika pedal diinjak maka tekanan akan semakin besar. Akibatnya, kampas kopling akan cepat panas. Ketika kampas kopling maka akan terjadi selip. Untuk itu perlu penyetelan jarak gerak bebas pedal kopling yang pas. Untuk mengatasi hal ini, Sahabat lebih baik mempercayakan pada ahlinya.

Plat Penekan pada Clutch Cover Sudah Aus

Penyebab kampas kopling mobil baru tapi masih selip selanjutnya adalah karena plat penekan pada clutch cover sudah aus. Ketika plat penekan pada clutch cover sudah mulai aus, maka tekanan kampas kopling ke plat penekan kurang mengena dan kurang kuat. Hasilnya tentu saja kopling mobil tetap saja selip. Hal ini biasanya terjadi karena umur komponen plat penekan yang sudah tua. Solusinya adalah dengan mengganti dengan plat penekan yang baru.

Baut Pengikat Kopling Kendor

Kasus ini jarang terjadi, namun bisa jadi terjadi pada Sahabat. Baut pengikat kopling kendor biasanya karena saat pemasangan baut tidak menggunakan kunci momen. Alhasil karena seringnya terjadi guncangan saat mobil digunakan, baut perlahan kendor dan bisa juga terlepas. Jika dipaksa digunakan maka kampas kopling mudah aus dan menyebabkan selip.

Beberapa kasus lainnya adalah karena pemasangan baut tidak menggunakan baut yang original. Baut pengikat kopling tiap mobil biasanya berbeda. Namun memang ada yang mirip. Beberapa orang mengira bahwa dengan baut yang mirip saja cukup. Nah, ketika dipasang memang bisa. Namun, karena tidak original tentu saja kekuatannya berbeda. Ketika sudah digunakan beberapa waktu baut tersebut kendor atau bahkan patah. Hal ini menyebabkan putaran kopling tidak merata dan menyebabkan selip.

Kopling Terkena Oli

Kopling terkena oli sangat besar kemungkinannya terjadi. Hal ini karena kopling memang letaknya berada di antara mesin dan transmisi. Ketika adalah kebocoran oli dari mesin, maka kopling pun terdampak.

Kopling yang terkena oli akan terkontaminasi dan menjadi licin. Alhasil kampas kopling akan susah menekan plat penekan karena licin dan timbullah selip.

Itulah beberapa penyebab mengapa kampas kopling masih tetap selip walaupun sudah diganti dengan yang baru. Semoga info ini bermanfaat bagi Sahabat yang punya masalah kopling mobil selip.

Penulis: Iskael

Tips Sahabat Lainnya
mengenal mesin 4 tak
Mengenal Cara Kerja Mesin 4 Tak Pada Kendaraan Kesayangan
Mesin 4 tak menjadi jenis mesin kendaraan yang paling umum dipakai pada motor dan mobil di era saat ini. Dibandingkan mesin 2 tak, mesin 4 tak memiliki berbagai kelebihan karena lebih efisien dan lebi
bbm untuk sigra
Inilah BBM yang Cocok dengan Sigra Dengan Efisiensi Maksimal
Mobil Sigra merupakan MPV LCGC dari Daihatsu yang diminati oleh banyak orang di Indonesia. Tingkat konsumsi BBM Sigra dikenal irit, sehingga cocok untuk kendaraan harian maupun perjalanan jauh. Selain
kapasitas oli transmisi ayla manual
Mengenal Kapasitas Oli Transmisi Ayla Manual Beserta Cara Perawatannya
Setiap jenis mobil memiliki kapasitas oli yang berbeda-beda, termasuk pada mobil-mobil Daihatsu. Kapasitas oli mesin Ayla tentunya bisa berbeda dengan mobil tipe lainnya. Perbedaan daya tampung oli in
Ciri ciri Shockbreaker Belakang mobil Rusak
4 Ciri-Ciri Shockbreaker Belakang Mobil Rusak dan Minta Ganti
Shocbreaker rusak dialami oleh banyak mobil dan membuat penggunanya mengeluh. Jika dibiarkan atau tidak segera ditangani, kondisi ini akan menimbulkan masalah lebih parah pada sistem suspensi
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang @Hak Cipta 2025 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku
Kebijakan Privasi
Hubungi Kami