Logo Daihatsu
EN | ID

Tips Sahabat

Bagikan
Kampas Kopling Mobil Baru Tapi Masih Selip
02 Februari 2021
kampas mobil selip

Banyak dari kita yang menganggap bahwa ketika kopling selip penyebabnya adalah kampasnya yang sudah mulai aus. Lalu kita gantilah dengan kampas kopling mobil yang baru. Namun, ternyata meski kampas kopling mobil baru tapi masih selip juga. Kira-kira mengapa yah?

Kampas kopling mobil baru tapi masih selip adalah hal yang sering dijumpai oleh orang yang hanya mengganti kampas kopling saja tanpa memperhatikan bagian komponen kopling yang lainnya. Setiap komponen dalam mobil memiliki keterkaitan yang saling mempengaruhi. Ada beberapa penyebab lainnya yang meski kampas kopling mobil baru pun tapi tetap selip saja.

Pegas atau Per Kopling Lemah

Pegas atau per kopling bertugas menekan plat penekan agar kampas kopling terhubung dengan flywheel. Kampas kopling yang menekan plat penekan menyalurkan tenaga dari mesin ke transmisi. Ketika pegas kopling lemah, maka dia tidak dapat menekan dengan baik. Alhasil, tenaga yang disalurkan ke transmisi pun tidak bisa tersalur dengan sempurna, bahkan terkadang selip.

Jarak Gerak Bebas Pedal Kopling Terlalu Rapat

Ketika penyetelan pedal kopling, ketika jarak gerak bebasnya terlalu rapat maka kampas kopling akan menekan plat penekan sejak kondisi awal. Ketika pedal diinjak maka tekanan akan semakin besar. Akibatnya, kampas kopling akan cepat panas. Ketika kampas kopling maka akan terjadi selip. Untuk itu perlu penyetelan jarak gerak bebas pedal kopling yang pas. Untuk mengatasi hal ini, Sahabat lebih baik mempercayakan pada ahlinya.

Plat Penekan pada Clutch Cover Sudah Aus

Penyebab kampas kopling mobil baru tapi masih selip selanjutnya adalah karena plat penekan pada clutch cover sudah aus. Ketika plat penekan pada clutch cover sudah mulai aus, maka tekanan kampas kopling ke plat penekan kurang mengena dan kurang kuat. Hasilnya tentu saja kopling mobil tetap saja selip. Hal ini biasanya terjadi karena umur komponen plat penekan yang sudah tua. Solusinya adalah dengan mengganti dengan plat penekan yang baru.

Baut Pengikat Kopling Kendor

Kasus ini jarang terjadi, namun bisa jadi terjadi pada Sahabat. Baut pengikat kopling kendor biasanya karena saat pemasangan baut tidak menggunakan kunci momen. Alhasil karena seringnya terjadi guncangan saat mobil digunakan, baut perlahan kendor dan bisa juga terlepas. Jika dipaksa digunakan maka kampas kopling mudah aus dan menyebabkan selip.

Beberapa kasus lainnya adalah karena pemasangan baut tidak menggunakan baut yang original. Baut pengikat kopling tiap mobil biasanya berbeda. Namun memang ada yang mirip. Beberapa orang mengira bahwa dengan baut yang mirip saja cukup. Nah, ketika dipasang memang bisa. Namun, karena tidak original tentu saja kekuatannya berbeda. Ketika sudah digunakan beberapa waktu baut tersebut kendor atau bahkan patah. Hal ini menyebabkan putaran kopling tidak merata dan menyebabkan selip.

Kopling Terkena Oli

Kopling terkena oli sangat besar kemungkinannya terjadi. Hal ini karena kopling memang letaknya berada di antara mesin dan transmisi. Ketika adalah kebocoran oli dari mesin, maka kopling pun terdampak.

Kopling yang terkena oli akan terkontaminasi dan menjadi licin. Alhasil kampas kopling akan susah menekan plat penekan karena licin dan timbullah selip.

Itulah beberapa penyebab mengapa kampas kopling masih tetap selip walaupun sudah diganti dengan yang baru. Semoga info ini bermanfaat bagi Sahabat yang punya masalah kopling mobil selip.

Penulis: Iskael

Tips Sahabat Lainnya
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Tidak ada yang pernah mengira sebelumnya bahwa virus Corona ini akan berdampak pada banyak hal di dunia. Termasuk di Indonesia sendiri pada saat awal isu virus Corona di Wuhan, masyarakat Indonesia ma
Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel
Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel
Di dunia otomotif, kita mengenal dua jenis mesin. Yang pertama adalah mesin diesel dan yang kedua adalah mesin bensin. Di Indonesia sendiri kebanyakan mobil pribadi menggunakan mesin bensin. Sangat be
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Untuk dapat memilih ban bagi kendaraan otomotif seperti mobil, hal pertama yang harus dipahami adalah spesifikasi dari ban tersebut. Spesifikasi dari ban sebenarnya dapat dipahami apabila seseorang ma
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
Bagi Sahabat pengguna mobil tua, tentu tidak asing lagi dengan komponen karburator mobil. Karburator ini tidak akan kita temukan pada kendaraan keluaran terbaru. Karena mobil yang diproduksi baru-baru

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor