Logo Daihatsu
Menu

Kelebihan Angin Ban Mobil Nitrogen

Otomotif

2021-12-30

angin ban mobil nitrogen

Tekanan angin ban mobil bisa berpengaruh pada keseimbangan menahan beban. Selain itu, dapat membuat ban mobil lebih tahan lama. Dewasa ini, angin ban mobil nitrogen banyak dibicarakan, sebenarnya apa saja kelebihannya?

Bagi yang masih menggunakan angin biasa, tentu sangat penasaran dengan hal ini. Maka dari itu, terus simak pembahasan dalam artikel ini agar mengetahui informasinya secara lengkap.

Angin Ban Mobil Nitrogen, Apa Saja Kelebihannya?

Nitrogen merupakan gas murni yang disaring dan tidak ada kandungan air di dalamnya. Itulah yang membuatnya tidak menguap dan mengalami kebocoran. Selain itu, masih banyak kelebihan lainnya, berikut penjelasannya.

Tekanan Ban Lebih Stabil

Nitrogen bisa membuat tekanan ban lebih stabil. Jadi, meskipun suhunya berubah, tekanannya tetap sama. Hal itu karena nitrogen termasuk suatu unsur yang tidak mudah terkontaminasi.

Selain itu, juga tidak terpengaruh pada unsur lainnya. Jadi, suhu atau iklim tropis tidak bisa berpengaruh pada tekanan angin. Dengan begitu, Anda bisa lebih tenang.

Angin Ban Mobil Nitrogen Lebih Tahan Lama

Tekanan angin pada ban mobil yang stabil akan berefek pula pada daya tahannya. Jadi, bisa lebih awet atau tahan lama, sehingga tidak harus terlalu sering mengisi ban.

Tentunya akan sangat mengganggu aktivitas Anda, jika harus mengisi ban terlalu sering. Apalagi saat mengalami situasi darurat. Maka dari itu, solusi yang tepat adalah mengganti pengisian ban dengan angin nitrogen.

Menjaga Ukuran dan Bentuk Ban

Ternyata, angin untuk mengisi ban mobil akan berpengaruh pada ukuran dan bentuknya. Namun, untuk angin nitrogen tidak berlaku demikian. Hal itu karena tekanannya yang lebih stabil, sehingga ukuran dan bentuknya juga terjaga.

Jadi, memang tidak sama dengan penggunaan angin biasa. Apalagi bisa membuat ban mobil mudah kempes. Akhirnya, akan berujung pada kerusakan ban dan membutuhkan biaya lebih banyak jika harus menggantinya.

Mengurangi Risiko Oksidasi

Gas oksigen dalam ban bisa menimbulkan oksidasi di lapisan dalamnya. Selain itu, juga bisa menyebabkan korosi di bagian peleknya. Namun, gas nitrogen memiliki sifat sulit bereaksi.

Jadi, tidak akan menimbulkan reaksi seperti itu. Dengan begitu, tentunya ban juga bisa bertahan lebih lama dan performanya tetap baik. Pembersihan peleknya pun tidak harus Anda lakukan terlalu sering.

Namun, jika Anda ingin mengisi ban dengan angin nitrogen, maka sebaiknya kuras anginnya terlebih dahulu. Hal itu bertujuan supaya fungsi nitrogen dalam ban lebih maksimal.

Hampir Tidak Ada Kandungan Airnya

Nitrogen berbeda dari angin biasanya memiliki kadar air cukup banyak. Angin nitrogen hampir 99% tidak ada kandungan airnya. Sebab hal inilah ban mobil tidak mudah mengalami korosi.

Selain itu, kandungan air yang sangat sedikit bisa membuat ban tidak cepat kempes. Hal ini juga berlaku ketika Anda bawa untuk perjalanan jauh yang tentunya bisa membuat ban panas.

Sedangkan, untuk angin biasa akan membuat ban cepat kempis karena molekul udaranya mudah keluar. Pengeluaran molekul tersebut biasanya melalui pori-pori ban.

Kandungan dalam angin nitrogen terdiri dari 79% nitrogen, oksigen 20%. Sedangkan, 1% kandungannya adalah air. Dari komposisi tersebut sudah terbukti bahwa kadar airnya sangat rendah.

Daya Cengkram Bertambah

Dengan menggunakan angin nitrogen, maka kemampuan daya cengkram ban bisa semakin bertambah. Selain itu, tapak ban mampu menempel ke permukaan jalan dengan sempurna.

Hal inilah yang membuat angin nitrogen bisa lebih irit bahan bakar sampai 3,3%. Kandungan air yang sedikit juga membuat ban terasa lebih ringan. Setelah mengetahui kelebihannya, tentu Anda akan tertarik untuk beralih ke nitrogen.

Apalagi jika mobil yang Anda pakai berjenis Daihatsu. Dengan performanya yang sangat baik, ditambah angin ban mobil nitrogen. Tentu bisa membuat berkendara semakin mulus dan gesit.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Penyebab Speaker Home Audio Tidak Bisa Digunakan untuk Audio Mobil

2021-12-30

Ketika mengendarai sebuah mobil, maka kenyamanan adalah salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan. Bukan hanya tentang kondisi badan mobil, tapi juga suasana yang

thumbnail

Fungsi Lampu Tembak Mobil

2021-12-30

Lampu merupakan suatu teknologi yang digunakan untuk penerangan, terutama ketika keadaan gelap. Ada beragam jenis lampu yang digunakan sesuai fungsi, kecanggihan teknolo

thumbnail

Pajak Mobil Mewah di Indonesia 2022, Tarif & Perhitungannya

2021-12-30

Sahabat berniatan ingin membeli mobil mewah? Sudah tahu pajak mobil mewah di Indonesia belum? Nah, jika belum ada baiknya untuk simak ulasan lengkapnya dibawah ini, ya!Punya mobil mewah meru

thumbnail

Cara Membersihkan Filter Bensin dengan Mudah Agar Mesin Tak Mudah Rusak

2021-12-30

Performa mobil di jalanan akan bisa terjaga jika filter bensin kendaraan ini terjaga dengan baik. Jika Anda luang, pastikan untuk mengecek bagian ini agar tidak mudah ko