Logo Daihatsu
Menu

Catat, Ini Daftar Tekanan Angin Ban untuk Mobil Daihatsu biar Aman dan Nyaman

Otomotif

2020-12-22

tekanan angin ban

Tekanan angin ban mobil adalah satu hal yang harus diperhatikan pengemudi untuk menjaga stabilitas saat berkendara. Tekanan ban yang terlalu tinggi berisiko mengalami pecah ban di jalan atau terlalu rendah juga bisa membuat velg cepat rusak. 

Oleh karena itu, tekanan angin ban mobil idealnya menyesuaikan standar yang sudah direkomendasikan setiap produsen mobil. Biasanya informasi tekanan ban mobil tertera pada stiker yang ditempel di pilar atau penutup pintu pengemudi bagian dalam. 

Khusus untuk pemilik mobil Daihatsu, yuk simak dan catat daftar tekanan angin ban yang ideal. 

1. Tekanan angin untuk mobil kecil dan city car seperti Daihatsu Ayla dan Sirion tekanan angin ban ideal berkisar 29-32 psi. 

2. Tekanan angin untuk MPV seperti Daihatsu Sigra, Xenia, Luxio dan Granmax tekanan angin yang direkomendasikan adalah 30-33 psi. 

3. Tekanan angin untuk SUV seperti Daihatsu Terios adalah 35-40 psi. 

Perlu diketahui, daftar di atas hanya berlaku jika Sahabat masih menggunakan velg bawaan pabrik. Lantas bagaimana jika velgnya sudah dimodifikasi atau diganti dengan merek lain? 

Sebenarnya tekanan angin pada ban tidak melulu dipengaruhi oleh ukuran ban atau velg. Artinya, meski ukuran velg dan ban berbeda dengan bawaan pabrik maka tekanan angin yang ideal belum tentu langsung berubah. Tekanan angin yang ideal dapat dipengaruhi oleh tiga hal berikut, yaitu: 

1. Distribusi bobot mobil

2. Bobot atau berat mobil

3. Setup atau pengaturan pada suspensi mobil

Misalnya pada mobil MPV Daihatsu Xenia dengan ukuran velg standar 14 atau 15 inci. Tekanan angin ban yang ideal adalah 30-33 psi. Agar lebih aman, Sahabat bisa mengikuti standar tekanan angin yang direkomendasikan oleh pabrik. 

Sudah pasti ukuran tekanan angin tersebut sudah ideal untuk tipe mobil MPV. Lain cerita kalau ternyata bobot penumpang melebihi batas, misalnya hanya cukup membawa 5 penumpang, tapi yang ada malah 7 orang di dalam kabin ditambah barang bawaan lainnya. 

Tentunya Sahabat harus menambah tekanan angin setidaknya 2 sampai 3 psi di setiap ban. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan, Sahabat dilarang keras membawa penumpang melebihi batas yang dianjurkan. Semua informasi tersebut juga tertera pada stiker yang ditempel di pilar pintu pengemudi. 

Selain itu, besaran tekanan angin ban mobil juga bisa ditambahkan jika Sahabat ingin menempuh perjalanan jauh dan medan yang berat agar perjalanan lebih aman. Contohnya saat perjalanan jauh dan harus menempuh medan tidak rata, berlumpur bahkan berbatu. Tekanan angin bisa dinaikkan lebih keras sedikit sekitar 2 psi dari standar di atas. 

Sesuaikan dengan kebutuhan 

Memerhatikan ukuran tekanan angin ban mobil menjadi satu hal penting bagi pengendara. Khususnya pada pengendara yang mengandalkan mobil untuk mobilitas sehari-hari. 

Jika ban mobil terdeteksi kurang tekanan angin atau bahkan kelebihan, setidaknya jangan menanyakan “berapa tekanan angin yang pas untuk mobil saya” ke operator pengisi tekanan angin. Mereka hanya bisa menyesuaikan tekanan sesuai tipe mobil, belum tentu ukurannya sesuai dengan kebutuhan. 

Sahabat sebagai pemilik kendaraan pasti sudah tahu persis tekanan angin yang dibutuhkan demi kenyamanan dan keamanan saat berkendara. Intinya standar anjuran pabrik di atas tak bisa jadi patokan selamanya, sebab yang tahu persis kebutuhan dan kondisi mobil pasti si pemilik mobil itu sendiri. 

Demikian ulasan terkait daftar tekanan angin ban untuk mobil Daihatsu. Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan seputar dunia otomotif ya! 

Penulis : Dinno Baskoro


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Nama-Nama Bagian Eksterior Mobil & Tips Merawatnya

2023-03-05

Eksterior mobil merupakan daya tarik pertama yang dapat memikat semua orang yang memandangnya. Oleh karena itu, perlu dirawat dan dibersihkan selalu agar penampilan

thumbnail

Cara Parkir Mobil Aman Tanpa Merusak Transmisi Otomatis Mobil

2022-03-16

Parkir mobil aman tanpa merusak transmisi otomatis mobil wajib diketahui pemilik kendaraan. Mobil transmisi otomatis atau matic, merupakan jenis mobil yang paling banyak

thumbnail

Rekomendasi Mobil Touring Terbaik Daihatsu, Ini Pilihannya!

2023-05-08

Touring merupakan sebuah hobi yang tak lekang oleh waktu karena banyak diminati oleh masyarakat. Hobi ini dapat menghilangkan rasa penat dan memberikan inspirasi seh

thumbnail

Cara Mudah Mengetahui Fan Belt Harus Diganti Baru

2022-04-07

Setiap komponen yang ada pada kendaraan pastinya memiliki fungsi tertentu. Bahkan setiap komponen ini memiliki masa kadaluarsa. Hal seperti ini juga berlaku pada kompone