Logo Daihatsu
Menu

Kelebihan Velg Mobil Metode Flow Form Dibanding Casting

Otomotif

2022-05-13

Velg Mobil Metode Flow Form

Ada banyak jenis velg mobil yang banyak ditemukan di pasaran. Anda bisa memutuskan memilih jenis velg sesuai dengan kebutuhan. Namun tetap saja, Anda perlu memperhatikan bagaimana kualitas dan juga kelebihan dari velg yang dipilih.

Salah satu jenis velg yang bisa Anda pilih yaitu velg mobil metode flow form. Bagi pecinta otomotif, velg ini jenis ini sudah tidak asing lagi. Bahkan velg ini juga dirasa memiliki keunggulan yang jauh lebih baik dibandingkan dengan velg casting.

Keunggulan Velg Mobil Metode Flow Form 

Setiap jenis velg pastinya memiliki perbedaan tertentu. Hal ini juga berlaku untuk velg jenis flow form dan juga jenis velg casting. Perbedaan yang paling menonjol adalah mengenai keunggulan dari velg flow form. Dimana velg flow form ini memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan dengan velg casting.

Bobotnya yang ringan bisa didapatkan karena memang proses pembuatannya didesain lebih tipis jika dibandingkan dengan casting. Pada proses pembuatan velg flow form ini melalui beberapa tahapan. Dimulai dari proses cetak, kemudian ditekan dengan roller dan ditarik menggunakan tenaga mesin. Maka dibuatlah sebuah velg.

Proses pembuatan velg dengan metode flow form ini merupakan pengebangan dari jenis velg casting. Velg casting yang setengah jadi nantinya akan dibentuk kembali pada bagian pinggirnya. Selain itu terdapat proses peniupan yang berguna agar velg menjadi melar dan dapat sesuai dengan cetakannya.

Pada saat proses peniupan, maka velg flow form ini dapat mengikuti kebulatan dari cetakan. Sehingga memiliki kebulatan yang lebih presisi dibandingkan dengan velg casting. Selain itu grade logam yang digunakan lebih tinggi karena adanya proses pendinginan logam cair yang lebih lama. Inilah yang membuat logam velg mobil metode flow form lebih kuat.

Pembuatan velg flow form dengan cara ini juga dapat membuat kepadatan materialnya jadi lebih baik. Kepadatan material velg ini juga menjadi kelebihan yang tidak bisa didapatkan dari casting.

Sedangkan untuk pembuatan velg casting hanya dengan melelehkan material velg menjadi cairan. Kemudian cairan dituangkan ke dalam cetakan yang sudah dibentuk. Teknik seperti ini memang dapat membuat banyak velg casting dalam waktu singkat. namun tingkat kepadatannya kurang sehingga velg casting mudah retak atau pecah.

Metode pembuatan velg flow form yang lebih baik dibandingkan casting membuatnya banyak diminati oleh masyarakat. Karena metode pembuatannya yang lebih baik, wajar saja jika hasilnya akan lebih bagus, apalagi velg ini dibanderol dengan harga yang relatif terjangkau. Pilihan offset-nya juga jauh lebih beragam jika dibandingkan dengan velg casting.

Itulah alasan mengapa velg mobil flow form lebih banyak diminati masyarakat karena memang memiliki kualitas yang bagus. Siapa yang tidak ingin membeli velg dengan harga yang relatif terjangkau namun memiliki kualitas terbaik? Pastinya semua orang akan lebih memilih jenis velg mobil metode flow form yang satu ini.

Baca Juga:  Arti dan Kode Ukuran Velg Mobil

Bobot velg flow form yang ringan inilah yang menjadi keunggulan paling menonjolkan dan tidak bisa didapatkan melalui velg casting. Velg dengan metode flow form ini menjadi pilihan terbaik untuk Anda yang memang menginginkan velg kuat, ringan, kualitasnya bagus dan dibandrol dengan harga yang ramah di kantong.

Jangan hanya memperhatikan penampilan mobil kesayangan Anda saja, namun pastikan untuk selalu dirawat dengan baik agar terjaga performanya. Tambah wawasan mengenai perawatan mobil lainnya hanya di laman ini.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail
New

Aturan Ganjil Genap Selama PSBB Jakarta

2022-05-13

Aturan Ganjil Genap Selama PSBB Jakarta - Pemprov DKI Jakarta kembali memberlakukan masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi yang tadinya berakhir pada 22 November 202

thumbnail
New

Cara Mengetahui Kesehatan Aki Mobil dengan Akurat

2022-05-13

Aki mobil adalah komponen vital yang berperan penting untuk menyediakan energi listrik, seperti menyalakan starter, lampu-lampu, hingga audio mobil. Jadi apabila aki mob

thumbnail
New

Cara Tepat Poles Body Mobil Pakai Polisher

2022-05-13

Salah satu perawatan mobil yang kini sedang digemari oleh banyak orang adalah poles body pakai polisher. Dibandingkan pemolesan secara manual, teknik ini memang menjanjikan hasil yang lebih maksima

thumbnail
New

Mandalika Racing Team Indonesia Siap Bikin Industri Otomotif Maju

2022-05-13

Sambut kemeriahan MotoGP 2021, Indonesia tak mau jadi penonton di rumah sendiri. Untuk itu dibentuk Mandalika Racing Team Indonesia yang merupakan tim balap asal Indonesia yang siap unjuk gigi di k