Logo Daihatsu
EN | ID

Tips Sahabat

Bagikan
Kelemahan Kopling Hidrolik Mobil Beserta Kelebihan dan Beberapa Komponennya
22 Desember 2020
kopling hidrolik

Kelemahan kopling hidrolik adalah hal yang mesti diketahui saat hendak memakai kopling tersebut. Semakin tahu kelemahan kopling hidrolik, semakin mudah bagi Sahabat untuk mengantisipasi kelemahan tersebut. Lalu, apa sih kelemahan pada kopling hidrolik, khususnya kopling hidrolik mobil?

Kelemahan Kopling Hidrolik Mobil

Kelemahan pada kopling hidrolik mobil sendiri hanya satu. Kelemahan itu terletak pada komponen sistemnya yang terlalu banyak dan rumit. Bila ada salah satu komponennya yang bocor, maka hal itu bisa merusak fungsi kopling hidrolik secara menyeluruh.

 Hal itu juga bisa gigi persneling pada mobil jadi susah masuk. Akibatnya, Sahabat pun harus memperbaikinya dengan biaya yang cukup mahal. Untuk bisa mengatasi kelemahan ini, Sahabat harus lebih paham soal semua komponen sistem kopling hidrolik.

Sahabat pun juga mesti rutin merawatnya, serta menyediakan dana tersendiri jika kopling mengalami kerusakan.

Kelebihan Kopling Hidrolik Mobil

Dibanding kelemahannya, kelebihan kopling hidrolik tergolong lebih banyak. Hal itu bikin jenis kopling ini cukup unggul dibanding kopling lainnya. Adapun kelebihan-kelebihan kopling hidrolik sendiri adalah:

Mampu Memindahkan Tenaga yang Lebih Besar

Kelebihan pertama pada kopling hidrolik mobil adalah mampu memindahkan tenaga yang lebih besar. Kemampuan itu bikin penekanan pada release fork mobil jadi lebih besar. Kelebihan inilah yang bikin kopling hidrolik mulai dipakai pada mobil-mobil yang besar.

Beban Lebih Mudah Dikontrol dan Dapat Berhenti Secara Otomatis

Kelebihan lainnya pada kopling hidrolik mobil adalah bebannya yang lebih mudah dikontrol. Kelebihan itu tercipta berkat adanya relief valve alias katup pengatur tekanan. Fitur itu akan bekerja saat beban mulai terasa berat. Bila itu terjadi, beban akan langsung dipindahkan agar tidak terlalu memberatkan.

Kopling hidrolik mobil juga sudah tersistem secara otomatis. Terutama, jika beban sudah terlalu berat. Jadi, saat beban sudah melampaui kapasitas, maka kopling hidrolik akan berhenti secara otomatis.

Gaya yang Diperlukan Tergolong Kecil

Setiap komponen pada kopling hidrolik mobil mampu bertahan tekanan dan kecepatan yang tinggi. Hal itu bikin gaya yang diperlukan pada kinerja kopling tergolong kecil. Gayanya yang kecil itu bikin kopling hidrolik mobil bisa mengangkat beban yang berat.

Beberapa Komponen Kopling Hidrolik Mobil

Sebagaimana yang pernah dibahas, komponen kopling hidrolik mobil tergolong rumit dan banyak. Setiap komponennya memiliki fungsi masing-masing. Dari banyaknya komponen itu, beberapa di antaranya bakal kami sebutkan di sini.

Beberapa komponen itu merupakan komponen yang tergolong krusial. Beberapa komponen itu adalah:

Master Silinder

Komponen pertama yang kami bahas adalah master silinder. Fungsi utama dari komponen ini adalah mengubah tenaga mekanik ke tenaga hidrolik. Tenaga tersebut nantinya bakal menekan plat kopling, serta membebaskan perputaran mesin. Dari situ, perpindahan pada gigi mobil pun akan jadi lebih mudah.

Pedal Kopling

Komponen selanjutnya adalah pedal kopling. Fungsi utama komponen ini adalah menekan minyak yang dialirkan master silinder. Minyak itu nantinya bakal dialirkan ke silinder kopling.

Dalam silinder kopling, minyak tersebut bakal dijadikan tenaga untuk mendorong tuas pembebas, bantalan tekan, serta pegas diafragma. Nantinya, hal itu bikin kopling hidrolik mobil memutus tenaga antara mesin dengan sistem pemindah tenaga.

Kelemahan kopling hidrolik mobil adalah hal yang mesti diketahui saat hendak memakai kopling tersebut. Semakin tahu kelemahan kopling hidrolik, semakin mudah bagi Sahabat untuk mengantisipasi kelemahan tersebut.

Kelemahan kopling hidrolik mobil sendiri tidaklah banyak. 

Penulis : Anggie Warsito

Tips Sahabat Lainnya
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Zaman terus bergulir dan perkembangan di dunia otomotif terus melaju. Beberapa dekade ke depan, perdebatan antara perbedaan mesin diesel dan mesin bensin akan dikalahkan dengan tren baru yang akan mun
Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel
Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel
Di dunia otomotif, kita mengenal dua jenis mesin. Yang pertama adalah mesin diesel dan yang kedua adalah mesin bensin. Di Indonesia sendiri kebanyakan mobil pribadi menggunakan mesin bensin. Sangat be
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil yang menjadi solusi saat berada di cuaca di Ibu Kota yang sangat terik. Indonesia merupakan negara tropis dengan suhu udara yang cukup panas terlebih saat musim kemarau tiba. Di saat seperti
Air Radiator Mobil yang Bagus
Air Radiator Mobil yang Bagus
Memilih air radiator untuk mesin mobil yang bagus sangat penting untuk menjaga suhu mesin mobil agar tetap ideal. Penggunaan air radiator mobil yang tidak tepat dapat berimbas kepada mesin mobil yang

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor