Logo Daihatsu
Menu

Mengenal Cara Kerja dan Keunggulan Kopling Hidrolik

Otomotif

2020-11-18

kopling hidrolik

Sahabat, ada dua jenis transmisi mesin pada mobil, yakni transmisi manual dan otomatis. Jenis transmisi ini biasanya lebih sering disebut sebagai mobil manual dan mobil automatic atau matic. Mobil manual menggunakan kopling sebagai penghubung tenaga mesin menuju sistem transmisi. Jika tidak ada kopling, mobil tentunya tidak bisa mengatur atau mengubah gigi/persneling. Ternyata, kopling pun bisa dibagi lagi berdasarkan komponen dan cara kerjanya, lho. Kopling tergolong menjadi kopling sentrifugal, kopling mekanik, dan kopling hidrolik. Nah, apa, sih, kopling hidrolik itu? Baca lebih lanjut, ya!

Komponen Penyusun Kopling Hidrolik

Sesuai namanya, kopling hidrolik adalah kopling yang bekerja dengan sistem hidrolis. Kopling ini mengandalkan cairan minyak. Minyak akan ditempatkan pada wadah yang berputar sehingga minyak akan tersalurkan. Biasanya, kopling hidrolik digunakan oleh mobil matic. Tiga komponen utamanya adalah pump impeller yang berfungsi sebagai pompa pembangkit tenaga hidrolis, terletak di dalam fluida. Lalu, turbin runner sebagai penangkap tenaga dari hidrolis fluida, dan stator sebagai pengatur aliran sehingga tidak ada aliran yang berlebihan/kekurangan. Stator bertugas untuk memastikan torsi bekerja dengan presisi.

Komponen-komponen lainnya yang terdapat pada kopling hidrolik adalah pedal kopling hidrolik, master silinder, dan silinder kopling. Pedal kopling hidrolik bertugas untuk menekan minyak yang ada pada master silinder sehingga dapat diteruskan ke silinder kopling. Tekanan minyak akan mendorong tuas pembebas juga bantalan tekan yang menekan pegas diafragma.

Sementara itu, master silinder adalah bagian yang menampung minyak hidrolik. Bagian lainnya, silinder kopling bertugas untuk mengeluarkan udara yang terdapat pada sistem hidrolik. Udara yang berada pada sistem hidrolik dapat mengganggu proses kerja kopling karena apabila penekanan sedang diterapkan, tekanan nantinya malah menekan udara, bukan minyak. Dalam silinder kopling juga terdapat bagian boot atau karet penutup elastis. Karet ini bertugas untuk mencegah kotoran agar tidak masuk ke dalam silinder kopling. Karet ini punya peran yang penting, Sahabat. Tentunya kotoran yang masuk bisa mengganggu proses kerja bahkan mengakibatkan kerusakan pada kopling.

Kelebihan Kopling Hidrolik

Nah, ada beberapa kelebihan kopling hidrolik yang harus kamu tau. Mungkin, setelah baca ini, kamu jadi tertarik untuk langsung mencoba mobil dengan kopling hidrolik.

Pertama

Kopling hidrolik menyalurkan tenaga mesin secara luas, yakni dengan penempatan dan penyebaran yang lengkap. Karenanya, tenaga yang dihasilkan kopling hidrolik lebih fleksibel sesuai dengan penempatan tenaga transmisi.

Kedua

Kopling hidrolik mempunyai komponen-komponen yang bertekanan dan berkecepatan sangat tinggi. Dengan mengubah sistem perbandingan luas pada penampang silinder, kopling hidrolik dapat mengangkat atau menggerakkan beban yang berat melalui gaya yang kecil.

Ketiga

Penggunaan minyak pada kopling hidrolik dapat mengurangi gesekan antar komponen. Sebagai media untuk memindahkan gaya, minyak bertugas untuk melumasi dan menyelimuti komponen-komponen yang terdapat dalam kopling hidrolik.

Keempat

Kopling hidrolik dapat mengatur beban. Lewat komponen relief valve atau katup pengatur tekanan, beban yang berlebih akan pemompaan dengan beban berlebih akan disalurkan menuju tangki.

Kelima

Ketika pompa tidak mampu mengangkat karena beban yang berlebihan, kopling hidrolik akan membuat beban berhenti dengan sendirinya sekaligus mengunci beban tersebut.

Keenam

Kopling hidrolik sangat mudah untuk dipasang pada mobil.

Meskipun kopling hidrolik punya banyak kelebihan, kopling ini tetap memiliki beberapa kekurangan. Kopling hidrolik dijual dengan harga yang mahal karena penggunaan cairan atau minyak. Apalagi, ketika terjadi kebocoran, sistem kopling bisa kotor dan terganggu kinerjanya.

Kopling hidrolik adalah salah satu kopling yang banyak sekali digunakan pada mobil-mobil modern. Terang saja, mobil dengan sistem transmisi otomatis atau automatic lebih diminati karena bisa mengurangi resiko kaki-kaki yang pegal. Ada baiknya, Sahabat mengenal kopling hidrolik, komponen penyusun, sistem kerja, serta kelebihan dan juga kekurangannya. Sahabat juga perlu tau bagaimana cara merawat kopling. Kamu perlu melakukan pemeriksaan rutin pada sistem kopling. Hal ini untuk mencegah terjadinya kebocoran. Kalau kamu tidak tau cara memeriksanya, cukup bawa ke bengkel kesayangan. Biar orang andal yang mengerjakannya untuk mobil kamu.

Nah, setelah membaca penjelasan di atas, sekarang Sahabat sudah kenal dengan kopling hidrolik. Betapa kopling hidrolik dijual dengan harga yang mahal, namun memiliki kualitas yang bermutu baik. Jadi, jangan lupa periksa rutin koplingmu, ya!

Baca juga : Fakta Tentang Kopling Mekanik


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

4 Cara Mengendarai Mobil Matic Di Tanjakan Macet

2022-08-30

Mengendarai mobil automatic dianggap susah susah gampang. Meski lebih simpel dari mobil manual, namun saat berkendara di mountain atau hill driving (jalan menanjak atau turun)

thumbnail

Ini Dia 5 Antena Mobil Terbaik

2020-11-18

Berkendara tentu tidak lengkap jika tidak diiringi dengan suara yang identik dengan musik, radio, dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, berbagai fitur yang terdapat pada

thumbnail

Undang Undang yang Mengatur Tentang Ambulance di Jalan

2021-01-19

Pernahkah Sahabat melihat bagaimana ambulance melaju di jalan raya? Mulai dari sering mendapat prioritas sampai diiringi beberapa petugas yang membuka jalur pasti jadi p

thumbnail

Daftar Ukuran Kaca Belakang Mobil Daihatsu, Yuk Ketahui!

2023-10-06

Mencari tahu daftar ukuran kaca belakang mobil Daihatsu Ayla adalah hal penting dalam pemasangan film. Untuk mengetahui berapa varian size dari kaca mobil Ayla, Anda