Logo Daihatsu
Menu

Komponen Kompresor AC Mobil, Fungsi dan Cara Perawatannya

Otomotif

2023-10-30

Komponen Kompresor AC Mobil, Fungsi dan Cara Perawatannya

Mengenali komponen kompresor AC mobil beserta fungsi dan cara merawatnya merupakan hal yang penting. Mengapa bisa begitu? Karena kompresor AC merupakan jantungnya sistem pendingin kabin mobil. Apabila mesin mobil dalam kondisi menyala, maka komponen ini juga akan menyala. Jika Anda ingin mengenali komponen ini lebih jauh lagi, langsung saja perhatikan ulasan berikut ini.

Apa Itu Komponen Kompresor AC pada Mobil?

Kompresor AC mobil merupakan salah satu bagian dari AC mobil yang berperan penting dalam mendinginkan kabin. Komponen kompresor AC sendiri pada mobil dibagi menjadi dua jenis yakni rotary dan piston. Pada jenis rotary, kompresor berperan dalam penyerapan dan penekanan freon. Sedangkan pada kompresor jenis piston, kompresor akan memanfaatkan gerak bolak balik di dalam silinder kompresor untuk melakukan penekanan dan penyerapan freon. 

Fungsi Komponen Kompresor AC pada Mobil

Kompresor AC memiliki banyak fungsi penting yang perlu diketahui. Berikut fungsi selengkapnya. 

1. Menyerap freon

Kompresor AC mobil memiliki fungsi utama sebagai pengisap freon yang masih berbentuk gas bertekanan rendah.

2. Memampatkan gas

Setelah freon AC tersebut dihisap, maka kompresor AC akan memampatkan freon berbentuk gas bertekanan rendah menjadi bertekanan tinggi.

3. Mengubah gas menjadi cairan

Gas bertekanan tinggi tersebut, nantinya akan dipompa oleh kondensor. Pada saat gas berada di dalam kondensor, maka gas akan diubah menjadi cairan. Proses ini biasanya disebut dengan kondensasi. 

4. Membuat freon bersirkulasi 

Cairan yang sudah mengalami kondensasi nantinya akan disalurkan ke receiver dryer untuk proses penyaringan kotoran. Setelah kotoran tersaring, cairan bertekanan tinggi tersebut akan disalurkan menuju expansion valve untuk diubah menjadi gas. Expansion valve sendiri nantinya akan menurunkan suhu gas sehingga membuat evaporator menjadi dingin. Selanjutnya, udara dingin dari evaporator akan disalurkan ke bagian kabin mobil dengan memanfaatkan blower udara. Udara dingin tersebut nantinya akan diserap kembali oleh kompresor. Dengan begitu sirkulasi freon dapat bekerja secara terus menerus saat AC dinyalakan.

Cara Merawat Komponen Kompresor AC yang Benar 

Agar kompresor AC mobil tidak mudah aus, maka diperlukan perawatan kompresor AC yang tepat. Adapun cara merawatnya sebagai berikut.

1. Menggunakan kompresor AC secara rutin

Menggunakan kompresor AC secara rutin pada kondisi cuaca yang tidak terlalu panas dapat memperpanjang usia keausan kompresor. Mengapa bisa begitu? Karena hal tersebut dapat senantiasa mempertahankan fleksibilitas komponen yang terdapat di dalam kompresor AC.

2. Mengecek freon secara rutin

Melakukan pengecekan freon secara rutin dapat membuat kompresor AC tidak mudah rusak. Sebab, Anda bisa mengetahui kondisi freon apakah sudah mulai habis atau belum sehingga Anda bisa melakukan pengisian ulang freon ketika freon hampir habis.

3. Rutin membersihkan kondensor

Agar kompresor AC berfungsi secara optimal dan tidak mudah rusak, Anda juga perlu rutin membersihkan bagian kondensor. Seperti diketahui, kondensor berfungsi juga sebagai pendingin dengan cara memindahkan panas yang berasal dari freon menuju ke udara bebas. Apabila kondensor ini jarang dibersihkan maka debu dan kotoran dapat menyumbat komponen ini sehingga aliran udara terhambat dan mengganggu kinerja kompresor.

4. Servis berkala

Cara terakhir, Anda bisa melakukan servis AC mobil secara berkala. Dengan melakukan servis berkala, Anda dapat meminimalkan potensi kerusakan yang lebih parah. Mengapa begitu? Karena Anda dapat langsung melakukan penggantian komponen apabila ada yang sudah mulai aus. 

Bicara soal servis berkala, jangan lupa untuk servis di bengkel Daihatsu. Sebab di bengkel ini tidak hanya jago urusan AC mobil, melainkan jago dalam hal servis mobil secara keseluruhan. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Berapa Biaya Mesin Fogging Mobil dan Apa Saja Manfaatnya?

2020-12-07

Istilah fogging tentu sudah tidak asing di telinga masyarakat, karena proses ini biasanya dilakukan untuk usir nyamuk. Tak hanya itu, pengasapan ini juga bermanfaat untu

thumbnail

Mobil Sigra Modifikasi Sport Emang Bisa? Yuk, Intip Inspirasinya!

2023-12-22

Sebelum membuat Daihatsu Sigra modifikasi sport, Anda membutuhkan beberapa inspirasi terlebih dahulu. Tak hanya itu, pada kali ini juga akan diberikan beberapa tips

thumbnail

Penyebab Mosfet Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

2023-10-03

Metal Oxide Semiconductor Field Effect Transistor (MOSFET) merupakan piranti semikonduktor yang berfungsi sebagai penguat sinyal serta switch pada suatu perangkat el