Logo Daihatsu
Menu

5 Jenis Servis Mobil dan Rincian Biayanya Lengkap!

Otomotif

2022-12-29

jenis servis mobil dan biayanya

Seperti berbagai barang lain yang dimiliki, kendaraan khususnya mobil menjadi benda yang harus dirawat dengan sebaik mungkin. Lebih-lebih mobil merupakan benda dengan biaya perawatan yang tidak sedikit. Sebenarnya, apa saja jenis servis mobil dan biayanya secara lengkap? 

Ada berbagai macam jenis service mobil yang harus dilakukan pemilik kendaraan. Dengan melakukan service rutin, kondisi mobil akan terjaga, selain itu umur kendaraan juga menjadi lebih lama. Bukan hanya itu, service rutin juga membuat Anda lebih merasa aman berkendara. 

5 Jenis Servis Mobil dan Serta Biayanya

Berikut berbagai jenis servis kendaraan mobil beserta dengan biayanya, antara lain:

1. Ganti oli

Salah satu jenis servis mobil yang wajib dilakukan adalah ganti oli. Pada dasarnya, waktu yang paling tepat untuk mengganti oli  ialah 3 bulan sekali. Selain menggunakan perhitungan waktu tersebut, Anda juga bisa menservice mobil setiap terdapat penambahan 5000 km. 

Tidak jarang sejumlah kendaraan dapat mencapai kilometer yang jauh tanpa perlu mengganti oli terlalu sering. Anda dapat memeriksa buku manual agar dapat menyesuaikan waktu ganti oli mobil sesuai dengan saran dari pabrik. Ketika melakukan jenis servis ganti oli ini biayanya yang harus disiapkan mulai dari Rp400 hingga Rp500 ribuan.

2. Mengganti aki

Salah satu komponen kendaraan yang memiliki peran menyediakan serta menyimpan daya untuk seluruh kebutuhan energy listrik mobil adalah aki. Anda dapat mengecek dua minggu sekali dan menambahkan air aki.

Namun, untuk komponen aki keseluruhan, Anda dapat melakukan penggantian di bengkel resmi setiap 1 hingga 2 tahun sekali. Jangan sampai Anda lalai dalam mengganti aki, karena aki bisa kering dan mobil tidak dapat dinyalakan. 

Biaya penggantian aki ini sangat bervariasi, bergantung dari merek dan jenis yang dijadikan pilihan. Umumnya harganya mencapai Rp600 ribuan hingga Rp1 juta.

Baca Juga : Ini Dia Komponen Mobil yang Membutuhkan Servis Berkala

3. Wiper

Setiap 1 tahun sekali, melakukan ganti wiper harus dilakukan. Untuk pengecekannya, Anda dapat mengecek sekali dalam sebulan agar dapat melihat ada atau tidaknya retakan di bagian karet wiper. 

Untuk melakukan perawatan wiper, umumnya dibutuhkan biaya Rp50 hingga Rp100 ribuan saja. Bergantung dari jenis dan ukurannya. 

4. Filter udara mesin

Informasi jenis servis mobil dan biayanya yang berikutnya adalah filter udara mesin. Minimal filter udara harus diganti sekali dalam setahun. Anda juga dapat melakukan penggantian filter setiap 20 ribu kilometre. 

Filter udara pada mobil memiliki fungsi yang begitu penting karena sebagai penjaga kotoran dan serpihan agar tidak masuk ke mesin. Sehingga, dengan adanya filter ini, hanya udara bersih saja yang dapat masuk ke dalam mobil. 

Ketika kerak mulai muncul, Anda dapat melakukan penggantian filter. Filter yang urung diganti dapat menyebabkan tenaga mesin mobil berkurang. Umumnya, biaya yang dibutuhkan untuk menservice part ini hanya Rp60 ribuan saja. 

5. Kampas rem

Untuk kendaraan dengan transmisi otomatis, lebih baik ganti kampas rem ketika sudah menempuh jarak 35 ribu kilometer. Namun, untuk mobil dengan transmisi manual dapat diganti ketika kendaraan menyentuh jarak 60 ribu kilometer. 

Kampas rem yang sudah aus dapat membuat piringan cakram tidak bisa mencengkram secara sempurna, hingga akhirnya pengendara menjadi kurang nyaman ketika pengereman kendaraan.

Agar performa mobil tetap prima, berbagai jenis servis mobil dan biayanya di atas harus dipenuhi. Sebagai saran, Anda dapat melakukan service di bengkel resmi Daihatsu. Dikerjakan oleh mekanik berpengalaman, pemilik kendaraan juga bisa melakukan booking service sehingga tidak perlu menunggu antrian lama.  


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Yuk, Kenali Aturan Menggunakan Lampu DRL!

2021-02-19

Saat ini sedang ramai soal pelarangan menggunakan aksesori lampu strobo dan rotator. Lalu, bagaimana dengan penggunaan lampu DRL? Dilarang juga kah?

thumbnail

Serba-Serbi Ban Tubeless, Mulai dari Fungsi, Kelebihan, hingga Rekomendasi Produknya

2021-02-01

Salah satu jenis ban yang lazim dipakai pada mobil adalah ban tubeless. Ban satu ini punya ciri khas berupa lapisan fluid sealant yang ada di bagian dalamnya. Lapisan te

thumbnail

Penyebab Munculnya Kerak Karbon Pada Ruang Bakar

2022-04-12

Apakah Anda sudah mengetahui alasan mengapa performa mesin bisa semakin menurun? Penyebabnya karena banyaknya kerak karbon yang menumpuk pada ruang bakar. Selain perform

thumbnail

Daftar Mobil Daihatsu Bekas Dibawah 100 Juta, Cek Disini!

2022-10-25

Sahabat sedang mencari mobil Daihatsu bekas dibawah 100 juta? Nah, tepat sekali! Kami ada beberapa rekomendasi mobil Daihatsu dengan harga yang terjangkau dan bisa menjadi pilihan Sahabat.