Logo Daihatsu
Menu

Cara Pasang & Ganti Wiper Mobil, Tanpa Alat Apapun!

Otomotif

2022-07-29

Cara Pasang & Ganti Wiper Mobil, Tanpa Alat Apapun!

Wiper menjadi salah satu komponen mobil yang paling diandalkan ketika musim hujan tiba. Bila komponen ini rusak, Anda harus melakukan pergantian. Lantas, bagaimana cara pasang wiper mobil yang tepat?

Jika sebelumnya kita sudah membahas cara mematikan wiper mobil, selanjutnya kami akan memberikan panduan langkah mudah mengganti wiper mobil. Anda bisa simak panduan dibawah ini.

Baca Juga : Manfaat Menyalakan Wiper Baru Saat Kondisi Kaca Mobil Kering

Cara Pasang Wiper Mobil dengan Benar

Seringkali kita menemukan masalah pada wiper seperti air wiper tidak keluar. Hal ini bisa disebabkan karena wiper yang lama sudah tua dan usang.

Oleh karena itu, kita harus segera ganti wiper kaca mobil dengan yang baru. Agar pemasangan wiper mobil dapat dilakukan dengan tepat, berikut langkah memasang atau mengganti wiper mobil, antara lain:

  1. Sebelum memasang wiper kaca mobil, pastikan terlebih dahulu ukuran dari panjang wiper sudah sesuai dengan yang dibutuhkan mobil. Hal ini disebabkan karena setiap mobil mempunyai ukuran yang berbeda-beda.
  2. Lepaskan wiper lama. Untuk melepaskannya, Anda dapat menekan kemudian mendorongnya ke arah bawah untuk melepaskan konstruksi wiper dari rumah.
  3. Pasang wiper yang baru. Pemasangannya hanya perlu dari bawah dan dorong hingga berbunyi klik. Ketika melakukan pemasangan, perhatikan pengait konstruksi wiper dan rumah.
  4. Pastikan pula kaitan dari konstruksi serta rumah wiper bertautan dengan baik.

Pada dasarnya, cara pasang wiper kaca mobil sangat mudah, karena Anda hanya perlu mengaitkan sampai pas, selain itu pemasangan wiper ini juga tidak memerlukan alat atau kunci apapun. Setelah pemasangan berhasil, Anda bisa langsung mencoba mengoperasikannya. 

Tips Merawat Kaca Wiper Mobil 

Berikut langkah yang dapat Anda lakukan untuk menjaga serta merawat wiper mobil agar berfungsi dengan baik, antara lain:

1. Cek Karet Wiper Secara Berkala

Wiper terdiri atas bagian blade serta karet. Rangka besi digunakan sebagai penyangga, sedangkan karet digunakan untuk menghalau serta menyapu air hujan. Bagian karet merupakan salah satu komponen yang harus dijaga performanya dengan baik. 

Jika kondisi karet tidak terjaga, karet akan mudah rusak serta fungsinya menjadi tidak optimal. Untuk melakukan perawatan, Anda hanya perlu memperhatikan tempat parkir mobil. Hindari memarkirkan mobil di lokasi yang panas. 

Suhu tinggi dari sinar matahari nantinya akan diserap kaca dan berdampak pada wiper. Dengan berjalannya waktu, semakin lama karet akan pecah. Untuk mencegah panas dari kaca, Anda dapat mengangkat dan mengganjal wiper. 

2. Rawat Poros Wiper

Selain karet wiper, bagian lain yang harus diperhatikan adalah poros. Bagian poros mempunyai peran krusial agar bisa menjaga pergerakan wiper ketika digunakan berkendara di musim hujan. 

Agar dapat menjaga kinerja wiper selalu prima, jangan lupa memberi pelumas secara berkala. Pelumas bisa mencegah poros aus serta menjaga putarannya sehingga tidak terhambat ketika musim hujan. 

Baca Juga : Komponen Wiper Mobil dan Tips Mengatasi Kerusakannya

3. Hati-Hati Ketika Mencuci Mobil

Ketika Anda mencuci mobil, Anda harus melakukannya dengan hati-hati. Bersihkan dan lap bagian wiper dengan perlahan. Hal ini disebabkan karena bagian permukaan karet terdapat cairan khusus yang digunakan sebagai pelindung serta pelembab. 

Jangan sampai, lap yang digunakan untuk merawat wiper malah menghilangkan cairan ini, dan akhirnya wiper sulit digerakkan. 

4. Siram Wiper dengan Air Bersih

Perawatan wiper juga bisa dilakukan dengan menyiramnya menggunakan air bersih. Hindari menggunakan sabun cuci kendaraan. Anda dapat membilas wiper dengan air bersih dan membiarkannya mengering sendiri. 

Selain itu, hindari menggunakan lap untuk mengeringkan wiper. Penggunaan lap berisiko menghilangkan cairan khusus yang dimilikinya. 

Bagaimana? Cara pasang wiper mobil sekaligus perawatannya memang sangat mudah bukan? Selain memilih wiper yang terbaik, pastikan selalu menjaga performa mobil dengan baik. Salah satunya dengan melakukan perawatan komponen secara berkala di bengkel atau dealer resmi Daihatsu

Memiliki teknisi berpengalaman, pelayanan yang cepat dan ramah, seluruh masalah mobil Anda akan diselesaikan dengan baik.

Jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan service berkala? Bila tidak memiliki banyak waktu, Anda dapat melakukan booking service terlebih dulu, dan datang sesuai dengan jadwal antrian.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Jangan Panik! Yuk Kenali Ciri Bendik Starter Rusak pada Motor Disini

2021-01-14

Setiap kendaraan bermotor dilengkapi dengan bendik starter yang berguna untuk menghidupkan mesin. Besarnya peranan bendik stater ini, menuntut semua pemilik kendaraan ag

thumbnail

Komponen Transmisi CVT Mobil, Memudahkan Parkir di Tempat Tidak Rata

2021-02-26

Continuous variable transmission (CVT) adalah jenis transmisi otomatis yang banyak digandrungi pengendara. Hal ini tentu saja karena CVT lebih praktis karena perpindahan

thumbnail

Macam-macam Filter Udara yang Dipakai oleh Mobil

2021-11-30

Filter udara merupakan komponen penting pada kendaraan yang umur pemakaiannya pendek atau harus sering diganti. Bagian ini perlu mendapat perhatian ekstra.Sesuai dengan namanya, komponen ini

thumbnail

3 Cara Pasang Alarm Mobil dengan Benar

2021-01-06

Pencurian mobil masih marak di beberapa wilayah Indonesia, terutama jika Anda tinggal di kota metropolitan dengan tingkat mobilitas tinggi.