Logo Daihatsu
Menu

Transmisi Otomatis Mobil - Pengertian, Fungsi dan Cara Kerjanya

Otomotif

2021-01-06

cara kerja transmisi otomatis

Sebagian orang memang lebih suka menggunakan kendaraan roda empat dengan transmisi otomatis. 

Pengemudi akan lebih dimudahkan dalam mengoperasikan kendaraan karena jenis transmisi tersebut  tidak memiliki kopling. 

Lalu bagaimana cara kerja transmisi otomatis yang dapat memudahkan pengemudinya? Yuk simak ulasan detailnya berikut ini. 

Apa itu Transmisi Otomatis?

Transmisi otomatis atau A/T dapat diartikan sebagai jenis transmisi dengan gigi yang dapat melakukan perpindahan dengan sendirinya. 

Hal ini dapat terjadi berdasarkan beban mesin dari tekanan gas pedal dan laju kendaraan yang dikemudikan. 

Untuk mengoperasikannya juga berbeda dengan transisi manual karena membutuhkan tuas pemindah gigi. 

Sedangkan, transmisi otomatis akan gigi gigi akan berpindah dengan sendirinya untuk menyesuaikan kondisi jalanan dan jumlah muatan yang bervariasi. 

Selain itu, transmisi otomatis dilengkapi dengan pengubah puntiran (torque converter) yang difungsikan sebagai kopling otomatis untuk melajukan kendaraan. 

Baca juga: Apa yang Dimaksud dengan Transmission System pada Mobil?

Cara Kerja yang Dihasilkan Transmisi Otomatis

Prinsip transmisi otomatis ini umumnya dimulai dari pengubah puntiran yang berfungsi sebagai kopling mekanikal. Setelah itu, komponen ini akan mentransfer dengan mekanisme turbin dan pompa. 

Baling-baling pertama di dalam pengubah puntiran bekerja sebagai pompa yang akan dipasangkan langsung memakai mesin. Yang selanjutnya, turbin dan planetary gear akan berfungsi sebagai stator untuk mengembangkan sistem baling-baling menjadi tiga. 

Pada proses tersebut, baling-baling akan tetap berputar agar tetap memompa oli transmisi pada ruangan tertutup. Tekanan yang terjadi dipakai untuk mendorong turbin, sehingga menghasilkan peningkatan torsi. 

Sedangkan pada prinsip kerja otomatis di planetary gear juga berfungsi sama seperti gigi gigi pada transmisi manual untuk mengubah putaran turbin. 

Hal tersebut membuatnya mirip dengan tuas persneling yang digunakan sebagai media untuk mengendalikan mobil Perbedaannya terletak pada desain fisiknya, sebab planetary gear tidak ditemukan. 

Tetapi, pada cara kerja transmisi otomatis planetary gear memiliki sebuah roda gigi yang di sekelilingnya terdapat banyak roda gigi kecil di bagian dalamnya. 

Hal ini digunakan agar menghasilkan tenaga yang optimal. Maka dari itu, untuk mengubah rasio komponen gear secara hidrolik, sistem ini membutuhkan kinerja dari valve body

Baca juga: Tips Merawat Mobil Matic

Fungsi Transmisi Otomatis pada Mobil 

Transmisi otomatis digunakan untuk memindahkan gigi transmisi saat kendaraan sedang dikemudikan. Pada umumnya, kendaraan yang sedang dijalankan akan menyesuaikan kecepatan serta beban mesin. 

Selain itu, fungsi transmisi otomatis juga dapat dibedakan berdasarkan jenisnya, seperti full hydraulic dan Powertrain Control Module (CPM)

Untuk full hydraulic berfungsi sebagai pengatur waktu perpindahan lock up dan gigi secara hidrolis. 

Berbeda dengan CPM,  cara kerja transmisi otomatis yang satu ini berfungsi untuk mengatur waktu perpindahan lock up dan gigi secara electronic.

Tidak berhenti sampai disitu saja, CPM juga menggunakan data berupa shift agar fail – safe dan untuk  diagnosa. 

Itulah beberapa informasi mengenai prinsip kerja yang ada pada transmisi otomatis. Dengan mengetahui prinsip kerja kopling otomatis, tentunya akan bermanfaat bagi Anda yang baru saja memiliki mobil baru dengan sistem tersebut. 

Anda bisa menerapkannya dengan mudah untuk berkendara lebih baik sehingga sistem transmisi tetap dalam kondisi yang optimal. 

Baca juga: Jangan Keliru, Ini Perbedaan Oli Transmisi dan Oli Gardan


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Kebut-kebutan di Jalan? Hati-hati! 5 Komponen Ini Akan Rusak

2021-02-18

Pernahkah Sahabat mengendarai mobilmu dengan kecepatan tinggi? Atau justru kamu menyukai hal yang demikian alias suka kebut-kebutan di jalan? Apapun alasannya, kebut-keb

thumbnail

Air Wiper Mobil Tidak Keluar? Ini Penyebab dan Solusinya

2023-01-10

Air wiper mobil tidak keluar, bukan hanya diakibatkan oleh habisnya air wiper di dalam reservoir. Masih banyak hal lain yang menyebabkan permasalahan tersebut terjad

thumbnail

Mudah Kok! Ini Tips Mengendarai Daihatsu Sigra Transmisi Manual

2021-08-31

Daihatsu Sigra adalah salah satu jenis mobil dengan peminat yang cukup banyak di Indonesia.  Pada varian terbaru