Logo Daihatsu
EN | ID

Tips Sahabat

Bagikan
Fungsi Kampas Rem Mobil & Tanda Harus Diganti
15 Agustus 2022
Fungsi Kampas Rem Mobil & Tanda Harus Diganti

Di dalam sistem pengereman yang dimiliki mobil, ada berbagai macam komponen mobil yang harus diketahui. Salah satunya adalah fungsi kampas rem. Pada dasarnya, setiap komponen pengereman pengereman memiliki fungsi yang penting. 

Dari komponen pengereman, kampas rem menjadi yang paling sering disebutkan. Lantas, sebenarnya apa fungsi yang dimiliki komponen ini?

Baca Juga : Cara Menghilangkan Residu Kampas Rem pada Velg Mobil

Fungsi Kampas Rem

Lokasi kampas rem berada dekat dengan roda. Kampas rem berfungsi sangat vital ketika membicarakan sistem pengereman mobil.

Lantas apa saja fungsi kampas rem mobil? Berikut fungsi lengkap yang dimiliki komponen ini, yaitu:

1. Pengereman Menjadi Lebih Mudah

Fungsi pertama adalah menjadikan sistem pengereman menjadi jauh lebih mudah. Ketika melakukan pengereman mendadak, kampas rem akan membantu pengendara agar tidak terjadi insiden yang tak diharapkan. 

Nantinya, kampas rem akan menekan disc brake serta membuat ban mobil berhenti sesuai tingkat kedalaman injakan pedal.

Oleh sebab itu, penggantian kampas rem harus dilakukan secara berkala ketika kampas rem sudah mulai habis. Pastikan kampas rem original, jangan menggunakan kampas rem palsu.

2. Pengaturan Pengereman Menjadi Lebih Mudah

Fungsi kampas rem pada mobil selain membuat pengereman menjadi lebih mudah, kampas rem juga membuat pengaturan pengereman sama mudahnya.

Komponen yang berada di lapisan amplas ini berfungsi agar sistem pengereman bisa bekerja maksimal. Lebih-lebih ketika mobil melaju serta ingin berhenti dan berbelok.

Pasti sistem pengereman akan terlibat. Bukan hanya itu, kampas rem juga akan mempengaruhi kecepatan mobil. 

Sebagai pengemudi, Anda tentu ingin mengendalikan kendaraan dengan baik. Adanya kampas rem membuat mobil bisa dikendalikan dengan penuh serta tidak memunculkan masalah yang berarti. 

3. Membantu Kendaraan Melewati Medan yang Sulit

Ketika mengendarai mobil pada medan yang sulit, kampas rem mobil memiliki peran sangat besar. baik di jalanan turunan atau jalanan menanjak, Anda pasti akan menginjak rem. 

Ketika berada di tanjakan dan dalam keadaan yang cukup ramai, kampas rem akan menahan laju mobil sehingga membuat mobil menurunkan akselerasi.

Baca Juga : 3 Kebiasaan Buruk yang Membuat Kampas Rem Mobil Cepat Habis

Tanda Kampas Rem Harus Segera Diganti

Setelah mengenal fungsi kampas rem, berikutnya adalah mengetahui tanda kampas rem habis dan harus ganti. Berikut berbagai ciri-ciri kampas rem mobil habis, antara lain:

1. Suara Decitan Terdengar

Kapan harus ganti kampas rem? Ketika Anda mendengar suara decitan saat menginjak rem, ini menjadi tanda umum kampas rem harus segera diganti karena sudah mulai habis. Bunyi yang muncul seperti gesekan besi atau logam. 

Mengapa bisa demikian? Alasannya adalah kampas rem yang sudah habis akan meninggalkan bagian besinya.

Jika sudah demikian, sistem pengereman tidak terkena kampas lagi, tetapi bagian besi tersebut. Inilah penyebab kemunculan suara decitan ketika menginjak pedal rem. 

2. Pedal Rem Bergetar Ketika Diinjak

Apa yang terjadi jika kampas rem habis? Selain mengeluarkan suara yang berdecit, ciri lainnya adalah rem menjadi bergetar ketika diinjak.

Biasanya, hal ini disebabkan karena kampas rem sudah mulai tipis sehingga piringan cakram tidak bisa mencengkram secara sempurna. 

Akhirnya terjadi getaran yang akan Anda rasakan pada pedal rem. Jangan salah, getaran ini bukan hanya terasa di pedal rem, namun juga sampai di bagian setir mobil bila kondisinya semakin buruk. 

3. Rem Kurang Pakem

Ciri ini menjadi yang paling terasa. Rem yang kurang pakem merupakan pertanda nyata dari habisnya kampas rem. Hal tersebut disebabkan karena penekanan kampas pada piringan yang tidak merata.

Akhirnya, luas penampang rem menjadi lebih kecil, selain itu tenaga pengereman juga menjadi kurang maksimal, padahal Anda menekan pedal dengan sangat dalam. 

Bila fungsi kampas rem sudah berkurang, jangan sampai menunggu waktu lama untuk datang ke bengkel dan mengganti kampas rem mobil. 

Mengapa kampas rem harus di ganti? Hal ini untuk menghindari kerusakan komponen lainnya yang ada pada mobil.

Sebaiknya Anda memilih kampas rem terbaik yang direkomendasikan oleh bengkel resmi yang telah teruji dari segi kualitas. Kunjungi bengkel resmi atau dealer Daihatsu untuk mendapatkan penanganan yang tepat dari teknisi.

Tips Sahabat Lainnya
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Zaman terus bergulir dan perkembangan di dunia otomotif terus melaju. Beberapa dekade ke depan, perdebatan antara perbedaan mesin diesel dan mesin bensin akan dikalahkan dengan tren baru yang akan mun
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil yang menjadi solusi saat berada di cuaca di Ibu Kota yang sangat terik. Indonesia merupakan negara tropis dengan suhu udara yang cukup panas terlebih saat musim kemarau tiba. Di saat seperti
Engine Mounting Komponen Penting Mesin Mobil
Engine Mounting Komponen Penting Mesin Mobil
Tahukah Sahabat bahwa tatkala mesin mobil dihidupkan maka akan timbul getaran yang cukup tinggi pada setiap komponen mesin. Apabila getaran yang cukup tinggi ini masuk hingga ke bodi mobil, dipastikan
Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil - Sekarang ini memiliki mobil memang sangatlah mudah. Apalagi dengan banyaknya yang menawarkan pembelian mobil dengan DP rendah atau bahkan tanpa DP. Bagi orang membutuhka

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor