Logo Daihatsu
Menu

Tips Memilih Kampas Rem Mobil Terbaik

Otomotif

2020-11-12

kampas rem mobil terbaik

Kampas rem merupakan salah satu komponen vital yang ada di mobil. Sistem keamanan pengendara melalui pengereman sangat bergantung dengan bagus atau tidaknya kondisi kampas rem. 

Bentuknya dan ukuran kampas rem memang kecil, tapi fungsinya nggak bisa dianggap remeh. Kampas rem berperan dalam mengatur laju kendaraan melalui sistem pengereman. Jika tidak ada kampas rem, maka laju mobil akan sulit dikendalikan bahkan tidak dapat berhenti. 

Kampas rem mobil paling diandalkan kalau pengendara melakukan pengereman mendadak. Dengan adanya kampas rem yang masih dalam keadaan baik, maka kecelakaan pun bisa dihindari. 

Fungsi lain kampas rem yang tak kalah penting adalah dapat membuat mobil berjalan tanpa hambatan baik di tanjakan bahkan turunan. Jika kampas rem dalam kondisi baik, maka pengendara tidak akan menemukan kesulitan saat nyetir mobil. 

Kapan waktu yang tepat untuk mengganti kampas rem? 

Semakin sering mobil digunakan, maka fungsi rem termasuk kampasnya ikut menurun. Karena itulah pemilik mobil harus peka dan rutin melakukan pengecekan agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Kampas rem wajib diganti kalau pas lagi nyetir, Sahabat merasakan beberapa kendala sebagai berikut: 

1. Muncul suara saat ngerem 

Kampas rem yang mulai habis ditandai dengan munculnya suara gesekan seperti logam dan seng saat melakukan pengereman. Suara itu berasal dari badan kampas besi yang bergesekan dengan cakram. 

2. Injakan pedal terasa dalam 

Ciri-ciri yang satu ini sangat mudah dirasakan pengendara mobil. Pedal rem yang terlalu dalam bisa mengindikasikan kampas rem tromol pada roda belakang mulai habis. 

Injakan pedal yang dalam terjadi karena rem tromol memiliki pegas balik yang membuat piston balik ke posisi semula. Jika kampas rem menipis, maka piston harus bergerak lebih jauh agar tromol bisa tertekan. Gerakan ini yang membuat injakan pedal terasa dalam. 

3. Getaran rem terasa sampai setir mobil 

Getaran yang muncul ketika pedal rem diinjak merupakan tanda kalau kampas rem mulai menipis. Bahkan kalau kondisinya cukup parah, getaran itu bisa menjalar sampai setir mobil. Jika sudah seperti ini segera ganti kampas rem dengan yang baru. 

4. Rem jadi tidak pakem 

Kampas rem yang mulai menipis membuat rem jadi tidak pakem. Hal itu terjadi karena adanya tekanan kampas pada piringan cakram yang tidak merata dan penampang rem ukurannya jadi lebih kecil. Dampaknya, tenaga pengereman jadi nggak maksimal. 

Material kampas rem mobil terbaik 

Dalam memilih kampas rem terbaik, masih banyak orang mengira kalau temperatur adalah tingkat kepakeman dari kampas rem. Artinya, semakin panas justru semakin bagus. Padahal tidak demikian, bagus atau tidaknya kampas rem bisa dilihat dari freaktion serta disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pengendara. 

Di pasaran, setidaknya ada empat jenis kampas rem mobil yang dibedakan melalui materialnya. 

1. Kampas rem organik (non-metalik) 

Kampas rem satu ini terbuat dari kombinasi karet, karbon, kaca, resin dan masih banyak lainnya. Kampas rem ini merupakan yang paling lunak ketimbang yang lain sehingga lebih cepat aus, namun tidak merusak cakram rem.

2. Semi metallic 

Kampas rem ini bisa terbilang yang paling tahan lama. Memiliki transfer panas yang baik, tapi tingkat keausan rotor sedikit lebih cepat dibanding yang lain. 

3. Non asbes organik

Jenis kampas rem ini memiliki kandungan metal yang rendah, transfer panas yang lebih baik dan agak bunyi karena ada kandungan logamnya. 

4. Kampas rem keramik 

Kampas rem yang terbuat dari keramik harganya lebih mahal ketimbang yang lain. Kampas rem ini memberikan karakter pengereman yang cukup tanpa merusak rotor.

Penulis: Dinno Baskoro


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Bahaya Kerikil Menyelip di Telapak Ban Mobil dan Cara Menanganinya

2022-06-24

Mobil menjadi kendaraan yang Anda pilih untuk mobilitas kegiatan sehari - hari? Sudahkah Anda menjaga kondisinya agar selalu dalam keadaan baik dengan performa yang maks

thumbnail

Bahaya Jika Telat Ganti Oli Mobil

2020-12-04

Oli pada mobil memiliki fungsi sebagai pelumas. Selain itu, Oli juga berfungsi untuk membersihkan dan menjaga mesin mobil agar tidak retak atau tergerus yang diakibatkan

thumbnail

7 Barang Esensial Berkendara yang Wajib Ada Di Mobil

2021-01-15

Hai Sahabat, barang esensial di mobil merupakan kebutuhan pokok dan wajib ada di dalam mobil. Khususnya bagi kamu yang menggunakan mobil untuk melakukan aktivitas setiap

thumbnail

Memahami Pengertian Coating Mobil dan Apa Saja Fungsinya

2021-01-06

Mungkin sebagian orang berpikiran, melakukan perawatan pada mobil hanya sekedar mesin, rem, ataupun komponen lainnya.Namun apakah Anda