Logo Daihatsu
Menu

3 Kebiasaan Buruk yang Membuat Kampas Rem Mobil Cepat Habis

Otomotif

2022-04-07

kampas rem cepat rusak

Fungsi rem pada kendaraan termasuk suatu komponen penting harus diperhatikan performanya, termasuk pada mobil. Kondisi kampas rem cepat habis bisa menjadi salah satu penyebab sistem pengereman pada mobil Anda tidak optimal.

Anda perlu tahu bahwa kampas rem termasuk komponen yang memiliki masa pakai tertentu sehingga seiring dengan pemakaiannya, kinerja kampas rem bisa mengalami penurunan fungsi. Untuk itu, mari ketahui 3 kebiasaan buruk apa sih yang bisa membuat kampas rem mobil cepat habis? Berikut penjelasannya!

Kebiasaan Buruk yang Membuat Kampas Rem Mobil Cepat Habis

Umumnya, kampas rem mulai aus setelah mobil Anda mencapai 20.000-30.000 km. Akan tetapi ada beberapa kebiasaan buruk pengemudi yang bisa memicu proses kampas rem cepat habis. Kebiasaan apa saja sih yang dimaksud? Berikut penjelasannya!

1. Melakukan pengereman dengan agresif

Kebiasaan pertama yang bisa membuat kampas rem cepat habis adalah sering melakukan pengereman dengan agresif. Artian agresif di sini adalah pengemudi yang suka menyalip kendaraan serta mengemudi dengan kecepatan tinggi.

Saat Anda menyetir dengan kecepatan yang tinggi, maka bisa mempercepat masa pakai kampas rem mobil Anda karena sistem dipaksa bekerja lebih keras. Hal ini membuat frekuensi penggunaan dan bebas rem menjadi lebih tinggi dibandingkan saat mengemudi secara normal.

Sebaliknya, gaya mengemudi yang halus dan melakukan pengereman secara perlahan justru bisa mengurangi kerja rem sehingga kampas rem menjadi lebih awet.

2. Tidak memanfaatkan engine brake dengan baik

Kebiasaan selanjutnya yang bisa membuat kampas rem cepat habis adalah tidak memanfaatkan engine brake dengan baik saat mengurangi kecepatan berkendara.

Jika Anda tidak menggunakan engine brake, maka kampas rem akan bekerja sendiri untuk mengurangi laju kecepatan mobil. Saat hal ini dilakukan terus-menerus, maka kampas rem akan cepat habis.

Salah satu pertanda bahwa Anda kurang memanfaatkan engine brake adalah adanya getaran saat menginjak pedal rem. Getaran ini disebabkan oleh piringan cakram yang tidak normal.

3. Pemilihan kampas rem yang tidak sesuai

Kebiasaan pengemudi yang bisa memicu terjadinya kampas rem cepat habis adalah tidak memilih kampas rem yang sesuai dengan sparepart asli. Terkadang hal ini dilakukan karena mencari spare part dengan harga yang lebih miring.

Akan tetapi hal ini justru akan membuat kualitas kampas rem pada mobil Anda kurang maksimal. Jika terjadi kerusakan, justru Anda harus mengeluarkan biaya berlipat untuk menggantinya.

Untuk itu, pastikan Anda memilih kampas rem yang sesuai dengan sparepart original mobil Anda. Dengan memperhatikan kualitas kampas rem yang Anda gunakan, maka Anda bisa mengetahui sendiri bagaimana kualitasnya.

Dapatkan Kampas Rem Original Mobil Anda Hanya di Bengkel Daihatsu!

Setelah Anda mengetahui berbagai kebiasaan buruk di atas, tentu saja Anda bisa lebih waspada untuk menjaga kualitas kampas rem mobil Anda agar tidak cepat habis.

Jika kampas rem cepat habis, maka Anda juga perlu memperhatikan apakah kualitas kampas rem yang Anda gunakan sesuai dengan sparepart aslinya atau bukan.

Bagi Anda pengguna mobil Daihatsu, maka Anda tidak perlu khawatir mendapatkan sparepart original untuk kebutuhan komponen mobil Anda. Hanya melalui kami di bengkel Daihatsu, Anda bisa mendapatkan sparepart original jaminan resmi.

Selain itu, ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika melakukan servis di bengkel Daihatsu, seperti :

  • Kualitas service dan suku cadang asli
  • Peralatan canggih dan modern
  • Mekanik handal dan bersertifikat resmi
  • Garansi service selama 15 hari kerja atau 1.000 km
  • Fasilitas bengkel lengkap dan nyaman
  • Jaringan luas di seluruh Indonesia

Bagaimana, sangat menarik bukan? Jadi, periksa kampas rem mobil Anda sekarang juga dan dapatkan sparepart orinya hanya di bengkel Daihatsu terdekat di kota Anda! Dapatkan berbagai penawaran menarik lainnya dengan mengunjungi website resmi Daihatsu!


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Yuk Intip 4 Jenis Kamera Mundur Mobil Terbaik

2022-04-07

Salah satu tantangan bagi pengendara pemula adalah saat memarkirkan kendaraan dalam posisi mundur. Umumnya mobil keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan kamera mundur.

thumbnail

Tips Memilih Merk Lampu Kabut yang Bagus Beserta Kisaran Harganya

2022-04-07

Merk lampu kabut yang bagus adalah hal Sahabat butuhkan, jika mobil Sahabat bisa melaju di jalanan berkabut. Merk lampu kabut yang bagus sendiri sudah banyak. Sahabat ti

thumbnail

Efek Angin Palsu Di Sistem Pendingin Pada Mesin Mobil

2022-04-07

Saat ini semua mobil keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan sistem pendingin. Adanya sistem pendingin ini sudah pasti bisa membuat penggunanya akan merasa nyaman saat

thumbnail

Wajib Tahu! Yuk Kenali Fungsi Kondensor Mobil Beserta Cara Kerjanya

2022-04-07

Memiliki kendaraan bermotor roda empat tentunya harus mengetahui fungsinya dengan baik. Pemilik kendaraan ada baiknya untuk mengetahui sekilas agar jika terjadi kerusaka