Logo Daihatsu
Menu

Cara Menghilangkan Residu Kampas Rem pada Velg Mobil

Otomotif

2022-04-07

kampas rem mobil

Dengan memiliki mobil, Anda tentu memiliki tanggung jawab untuk memberikan perawatan terbaik pada mobil Anda agar kondisinya selalu prima. Bahkan terkadang ada saja pemilik mobil yang mengabaikan perawatan pada komponen tertentu pada mobil meskipun tahu bahwa kondisinya tidak prima.

Salah satu yang perlu Anda perhatikan adalah membersihkan residu kampas rem pada velg mobil Anda. Jika komponen ini tidak dibersihkan dalam waktu yang lama, maka kotoran seperti oli maupun debu yang ada pada cakram dan tombol akan menumpuk. Hal ini akan menyebabkan rem berbunyi decit yang mengganggu.

Hilangkan Residu kampas Rem pada Velg Mobil

Saat mobil direm, maka kampas rem akan bergesekan dengan piringan cakram. Hal ini nantinya bisa menghasilkan debu atau residu kampas rem yang nantinya bisa menempel pada velg mobil Anda. Akibatnya jika tidak dibersihkan, maka residunya akan masuk ke pori-pori cat velg pada mobil Anda.

Untuk itu, berikut adalah beberapa cara menghilangkan residu kampas rem pada velg mobil :

1. Buka velg atau roda

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk membersihkan residu kampas rem pada velg mobil Anda adalah dengan membuka velg atau roda dengan kunci velg mobil. Hal ini akan memudahkan Anda untuk proses pembersihan.

2.  Semprotkan cairan pembersih rem

Setelah velg mobil Anda terlepas, maka sempitkanlah cairan pembersih rem mobil atau brake cleaner hingga merata. Pastikan Anda memberikan jarak sekitar 15 cm antara cakram dan brake cleaner yang Anda gunakan.

Setelah itu, Anda bisa mengelap sisa-sisa kotoran yang menempel pada bagian cakram dengan kain yang bersih. Jika hasilnya belum bersih, maka Anda bisa mengulanginya seperti sebelumnya hingga hasilnya benar-benar maksimal.

3. Bersihkan juga bagian tromol

Selanjutnya, Anda juga perlu membersihkan bagian tromolnya. Untuk membersihkan bagian ini, Anda perlu melepasnya terlebih dahulu dengan cara mengetok dengan palu secara perlahan.

Setelah terlepas, maka Anda bisa melihat banyak kotoran dan residu yang menempel pada bagian ini. Cara membersihkannya adalah dengan menggunakan kompresor atau kuas halus untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempel.

Jika seluruh permukaan sudah bersih, maka Anda juga bisa menyemprot bagian ini dengan brake cleaner seperti langkah sebelumnya. Lakukan berulang kali hingga benar-benar bersih.

Sayangi Mobil Anda dengan Melakukan Servis Berkala!

Dari penjelasan di atas, tentu Anda tahu bahwa merawat setiap komponen mobil perlu dilakukan agar Anda bisa merasakan kenyamanan berkendara dengan mobil Anda. Lalu, bagaimana jika Anda tidak pernah membersihkan residu kampas rem pada velg mobil Anda?

Tentu saja kondisi mobil Anda menjadi kurang prima dan tidak nyaman untuk dikendarai. Jika hal ini terjadi, maka Anda perlu melakukan servis berkala untuk memperbaiki komponen yang bermasalah pada mobil Anda.

Bagi Anda, Sahabat setia Daihatsu, maka Anda bisa melakukan servis berkala mobil Anda di bengkel resmi Daihatsu. Melalui kami, Anda akan mendapatkan berbagai keuntungan seperti :

  • Kualitas servis dan suku cadang asli
  • Peralatan canggih dan modern
  • Mekanik handal dan bersertifikat resmi
  • Garansi servis selama 15 hari kerja atau 1000 km
  • Fasilitas bengkel lengkap dan nyaman
  • Jaringan luas di seluruh Indonesia

Dengan adanya keuntungan ini, maka Anda tidak perlu khawatir untuk melakukan perawatan mobil Daihatsu Anda, bukan?

Tunggu apa lagi? Segera periksa kondisi mobil Anda sekarang juga untuk mendapatkan kualitas berkendara yang nyaman dan aman.

Dapatkan informasi selengkapnya melalui laman website kami. Mari sayangi mobil Anda dengan melakukan service berkala!


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Bahaya Jika Telat Ganti Oli Mobil

2020-12-04

Oli pada mobil memiliki fungsi sebagai pelumas. Selain itu, Oli juga berfungsi untuk membersihkan dan menjaga mesin mobil agar tidak retak atau tergerus yang diakibatkan

thumbnail

Peraturan Mobil Pick Up di Jalan Raya, Yuk Ketahui!

2023-01-13

Mengetahui peraturan mobil pick up di jalan raya terbaru sangat diperlukan. Dengan mengetahui peraturan tersebut, Anda bisa terhindar dari sanksi pelanggaran bila An

thumbnail

Begini Cara Beli Mobil Lelang biar Dapat Harga Termurah

2020-11-26

Cara beli mobil lelang merupakan satu langkah jitu yang harus diketahui kalau Sahabat mau beli mobil bekas dengan harga murah. Perlu diketahui, beli mobil bekas di balai lelang lebih menguntungkan.

thumbnail

5 Tips Menghindari Kerusakan Body Mobil, Karat dan Jamur Tidak akan Mampir!

2021-06-09

Kerusakan body mobil adalah hal yang sangat dihindari oleh pemilik kendaraan. Hal ini dikarenakan perawatannya pasti memakan biaya yang tidak sedikit. Maka dari itu, tip