Logo Daihatsu
Menu

Lezat dan Nikmat, Berikut Rekomendasi 20 Makanan Khas Tegal yang Wajib Dicicipi

Travel

2021-02-26

makanan khas tegal

Bagi Anda yang sedang berkunjung ke Tegal, Jawa Tengah, maka jangan sampai melewatkan sajian kuliner khasnya. 

Sebab, terdapat berbagai sajian yang tentunya menggugah selera pecinta kuliner. Daripada penasaran, yuk simak 20 makanan khas Tegal yang lezat, seperti berikut ini!

1. Nasi Lengko 

Nasi Lengko ini terdiri dari nasi, tahu goreng, tempe goreng, kecap, bumbu kacang, mie, irisan timun dan pelengkapnya kerupuk. Yang membuat makanan ini cukup khas yaitu tempe dan tahunya yang hanya digoreng setengah matang. 

2. Kemronyos 

Dari namanya, kuliner Tegal ini bisa dibilang cukup unik. Meskipun begitu, makanan ini memiliki komposisi lauk yang dapat menggugah selera para pecinta kuliner yang mencobanya. 

Makanan ini merupakan hidangan sate asli daerah Tegal. Yang menarik dari Kemronyos yaitu cara pengolahannya. Jika sate pada umumnya dibakar menggunakan bumbu, kuliner ini dibakar tanpa bumbu. Sehingga, rasa kambingnya sangat khas.

3. Nasi Langgi 

Nasi Langgi menjadi makanan khas dari daerah Tegal yang wajib dicicipi. Nasi ini disajikan dengan suwiran ayam, tempe keripik, ikan asing goreng, sayur labu, dan taburan kacang tanah. Ada juga tambahan telur dadar dan sayuran seperti kemangi serta mentimun.

4. Latopia 

Kalau di Jogja populer dengan Bakpianya di Tegal juga ada kudapan yang mirip bernama Latopia. Sepintas makanan ini hampir sama dengan Bakpia, namun bentuknya cenderung persegi. 

Kuliner yang masuk dalam daftar 20 makanan khas Tegal ini sebenarnya kue pia yang hanya ada di acara tertentu saja. Namun seiring dengan perkembangan zaman, kue ini bisa didapatkan dengan mudah kapan saja termasuk di pusat oleh oleh. 

5. Glotak 

Bagi Anda wisatawan luar daerah mungkin akan terheran dengan kuliner yang satu ini. Sebab, Glotak terbuat dari gembus atau semacam oncom yang memiliki warna hitam kecoklatan. Meskipun begitu, rasa hidangan ini sangat lezat, gurih, dan pedas untuk disantap. 

Baca juga: 5 Makanan Khas Jepara yang Harus Sahabat Jadikan Oleh-oleh

6. Olos 

Olos merupakan camilan yang berbentuk bulat dengan isian sayuran dan cabai. Memang benar sepintas kudapan ini mirip dengan cimol, namun perbedaannya terdapat pada isinya. Tak jarang, ada penjual yang menawarkan isian olos dengan ayam, sosis, keju dan lain sebagainya. 

7. Tahu Aci 

Camilan tahu aci menjadi salah satu kuliner yang tidak bisa dilewatkan begitu saja. Sebab, rasanya gurih, crispy di luarnya, dan empuk di dalamnya. Makanan ini buat dari irisan tahu berbentuk segitiga, lalu ditambahkan dengan adonan aci di atasnya. 

8. Gulali 

Jika Anda masih ingin menikmati kudapan manis khas Tegal, maka bisa mencicipi Gulali. Kuliner manis ini terbuat dari gula Jawa dan gula tebu. Rasa yang legit dan manis tentu membuat siapa saja jadi ketagihan untuk mencoba kuliner yang masuk dalam 20 makanan khas Tegal. 

9. Nasi Goreng Mas Amin 

Kuliner ini masuk dalam list kuliner Tegal yang wajib dicicipi karena keunikan komposisinya. Sebab, porsi nasi goreng ini sangat banyak dengan beberapa pelengkap yang melimpah. Lauk pauk yang bisa Anda nikmati yaitu udang, telur, suwiran ayam, dan bakso. 

10. Blendung

Makanan yang satu ini berbahan dasar jagung yang kemudian diolah dengan cara direbus. Setelah itu, Blendung akan disajikan bersama dengan parutan kelapa yang dikukus. Sebagai penambah rasa gurih, parutan kelapa diberi garam. 

11. Kupat Bongkok 

Kupat Bongkok merupakan hidangan yang diolah dari tempe semangit atau tempe busuk sebagai bahan utamanya. Untuk isiannya terdiri dari tauge, udang goreng, sambal goreng,  dan kerupuk. 

12. Lontong Cap Go Meh 

Lontong Cap Go Meh ini berisi lontong, telur balado, tempe keripik, dan sambal kentang. Untuk menambah rasa, sajian ini disiram dengan kuah kuning kental yang gurih dan pedas. 

Anda juga bisa memesan Lontong Cap Go Meh dengan campuran lauk lainnya, seperti ayam atau daging. 

13. Rujak Teplak 

Tegal juga terkenal dengan sajian lezat lainnya berupa rujak. Kuliner ini dibuat dari beberapa campuran sayur mayur, seperti kangkung, lembayung, daun ubi jalar, pare, jantung pisang, tauge, daun singkong, timun dan disiram dengan bumbu kacang. Sebagai pelengkap sajian ini dihidangkan bersama kerupuk mie. 

14. Bakso Mahkota Putra

Bakso Mahkota Putra menjadi makanan yang tidak boleh dilewatkan ketika sedang ada di Tegal. Makanan yang masuk dalam daftar 20 makanan khas Tegal ini cocok sekali dijadikan makan siang yang menggugah selera pecinta kuliner. 

Hal ini dikarenakan perpaduan kuah, bakso dan pelengkapnya sangat pas. Tekstur daging bakso yang lembut menjadi ciri khas kuliner ini. 

Tak hanya itu saja, ada juga bakso jumbo yang bisa dipilih. Uniknya lagi, bakso ini juga disajikan dengan pangsit dan mie sebagai pelengkap. 

15. Sop Kikil Warung Bu Umi 

Jika Anda masih ingin mencoba sajian berkuah khas tegal, maka bisa mencicipi kuliner Sop Kikil Warung Bu Umi. Cita rasa khasnya dihasilkan dari bumbu rempah rempah yang dibuat khusus, sehingga sangat menggugah selera. Seporsi sup ini disajikan dengan nasi dan lauk. 

16. Nasi Bogana

Makanan yang satu merupakan sajian nasi yang dibungkus dengan daun pisang. Nasi Bogana hadir dalam porsi kecil yang cocok untuk disantap ketika sarapan pagi. Isian nasi ini terdiri dari telur, olahan tempe, dan sambal khas Tegal yang menggoyang lidah. 

17. Bubur Ayam Tegal 

Pagi pagi tentunya paling cocok menyantap makanan yang tidak berat tapi tetap mengenyangkan. Untuk itu, Anda bisa memilih salah satu rekomendasi 20 makanan khas Tegal yaitu Bubur Ayam sebagai menu sarapan ketika berada di kota yang satu ini. 

Kuliner khas Tegal ini disajikan bersama suwiran ayam yang berlimpah. Tidak hanya itu saja, ada juga kuah kaldu ayam dengan bumbu dasar kuning, kedelai goreng, taburan bawang goreng, seledri, kerupuk, dan sambal sebagai pelengkapnya, 

18. Nasi Ponggol

Selain bubur, ada kuliner lainnya yang bisa Anda jadikan menu sarapan. Kuliner ini bernama Nasi Ponggol yang dibungkus dengan daun pisang. Lauk di dalamnya terdiri dari tahu orek, tempe, telur dadar dan udang. 

19. Gemblong Ocar Acir 

Kuliner yang satu ini memiliki nama yang cukup unik yaitu Gemblong Ocar Acir. Di beri nama seperti itu karena bentuknya yang tidak beraturan. Kudapan manis ini dibuat dari ubi kayi yang direbus dan ditumbuk hingga lunak. 

Setelah itu, adonannya di bentuk di atas tampah dan di ratakan. Untuk penyajiannya, Gemblong Kocar Kacir dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Sebagai penambah rasa, di atasnya diberi taburan kelapa parut dan juga gula manis. 

20. Soto Tauco 

Jika Anda ingin mencari makan siang yang segar di Tegal, maka tidak usah khawatir. Sebab, Anda bisa mendapatkan kuliner berkuah berupa Soto Tauco. Hidangan yang masuk dalam daftar 20 makanan khas Tegal ini merupakan soto yang disajikan dengan tauco asam. 

Tidak bisa dipungkiri lagi jika Tegal memiliki berbagai macam sajian kuliner yang begitu lezat. Sajiannya yang terbuat dari bahan bahan lokal dan rempah khas membuat siapa saja menjadi ketagihan menyantapnya. 

Baca juga: Rekomendasi 30 Makanan Khas Jawa yang Menggugah Selera


Tag

Travel

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

15 Tempat Wisata di Singapura yang Paling Populer dan Wajib Dikunjungi

2021-03-24

Singapura menjadi salah satu negara yang paling populer dikunjungi oleh turis dari Indonesia. Tiket murah ke Singapura menjadi salah satu daya tarik paling menggiurkan b

thumbnail

14 Makanan Khas Sulawesi Utara yang Dapat Memanjakan Lidah

2021-02-26

Berkunjung ke salah satu daerah yang ada di Pulau Sulawesi tentunya tidak akan jauh-jauh dari makanan khasnya. Terlebih lagi, Anda akan menemukan berbagai jenis santapan

thumbnail

Rekomendasi Wisata Petik Apel di Malang dan Tiket Masuk

2020-10-28

Malang menjadi salah satu kota terbesar nomor dua di Jawa Timur, sebagai kota terbesar, Malang memiliki begitu banyak objek wisata yang menjadi lokasi favorit traveler.

thumbnail

35 Makanan Khas Jogja yang Terkenal Lezatnya

2021-01-31

Jogja terkenal sebagai kota sejuta kenangan. Banyak orang yang ingin kembali atau datang hanya untuk menoreh momen manis bersama orang tersayang. Salah satunya yakni men