Logo Daihatsu
Menu

Rekomendasi 30 Makanan Khas Jawa yang Menggugah Selera

Travel

2021-01-31

30 makanan khas jawa

Indonesia sangat kaya akan suku dan budaya. Tak ayal jika banyak berbagai makanan khas yang tersebar luas di berbagai daerah. Bahkan, berbagai makanan khas pun selalu memiliki aroma yang lezat untuk dicicipi.  

Salah satunya adalah makanan khas jawa yang bisa Anda nikmati ketika berkeliling di lokasi tersebut. Berikut ulasannya.

1. Lumpia Semarang

Lumpia adalah salah satu jenis makanan tradisional yang terpengaruh adanya budaya Tionghoa di Semarang. Jajanan ini terdiri dari kulit lumpia yang diisi dengan ayam, telur dan sayuran. Makanan yang disajikan dengan saus atau cabe ini sangat nikmat untuk dicicipi.

2. Tahu Petis

Tahu petis umumnya dibuat dari tahu yang digoreng dan disajikan dengan saus hitam yang disebut petis. Pasalnya, petis tersebut terbuat dari rebusan ikan dan udang yang dicampur dengan bumbu lezat lainnya. Anda bahkan bisa mencicipi makanan ini sebagai lauk maupun camilan.

3. Enting-Enting Gepuk

Anda tentu sudah pernah mendengar nama ini bukan? Jajanan ini terbuat dari kacang tanah yang dihaluskan. Begitu pula, bahan tersebut juga dicampur dengan gula jawa untuk membuat jajanan yang padat dan nikmat.

4. Nasi Gandul

Makanan khas jawa yang satu ini juga tak patut untuk dilewatkan. Makanan ini merupakan perpaduan nasi dengan kuah gandul berupa daging sapi. Tentunya, penggunaan daun pisang sebagai alas dan perpaduan bumbu sangat menggugah selera.

5. Rondho Royal

Meskipun rondo dapat diartikan jAnda, makanan yang satu ini tape singkong yang digoreng menggunakan tepung. Anda bahkan akan menemui campuran gula merah di dalamnya yang membuat makanan ini disebut rondo royal.

6. Gethuk

Jajanan yang satu ini pada dasarnya dapat Anda temukan di berbagai wilayah tanah jawa. Namun, makanan ini sangat terkenal dari Jawa Tengah. Gethuk ini berasal dari bahan singkong yang dikukus dan ditumbuk. Jajanan ini juga dihadirkan dengan tambahan gula dan parutan kelapa.

7. Wajik

Wajik bisa Anda temui di daerah jawa dengan berbagai warna yang unik. Pasalnya, makanan ini terbuat dari beras ketan yang dipadu dengan gula jawa atau gula pasir. Rasa manis yang dihadirkan memang nikmat untuk dicicipi.

Baca juga: 5 Makanan Khas Jepara yang Harus Sahabat Jadikan Oleh-oleh

8. Mangut Beong

Mangut beong adalah makanan khas jawa yang wajib Anda cicipi. Ikan beong yang yang dimasak dengan berbagai campuran bumbu tradisional sangat lembut dan lezat. Anda bahkan bisa mendapatkan makanan ini ketika mengunjungi Candi Borobudur.

9. Jenang Kudus

Makanan khas dengan rasa manis ini menghadirkan rasa yang sangat nikmat. Jenang kudus bahkan dihadirkan dengan olahan bahan tradisional dan dihadirkan dengan gulungan kecil yang menarik.

10. Garang Asem

Garang asem berbahan dasar ikan yang dimasak dengan bumbu lezat dan santan. Makanan yang dihadirkan dengan pembungkus daun pisang ini memiliki rasa yang gurih dan pedas.

11. Karedok

Anda bisa menemui makanan ini di Jawa Barat. Berbagai olahan sayuran dengan perpaduan bumbu kacang memang sangat nikmat untuk dicicipi. Pasalnya, makanan ini juga disajikan dengan emping atau kerupuk kanji.

12. Pesmol Ikan Nila

Menghadirkan kelezatan yang sempurna, makanan ini dihadirkan dengan olahan ikan nila yang digoreng. Kemudian, ikan tersebut akan dicampurkan dengan adonan kuah bumbu tradisional yang mantap.

13. Nasi Tutug Oncom

Nasi yang dihadirkan dengan olahan oncom juga sangat nikmat untuk dicicipi. Pasalnya, olahan tersebut akan diolah dengan paduan bumbu yang telah dipanggang.

14. Sate Maranggi

Makanan khas jawa yang satu ini dihadirkan dengan olahan daging sapi. Uniknya, bumbu tradisional untuk makanan ini dihadirkan dengan campuran parutan nanas atau dibungkus daun pepaya.

15. Pepes Tahu

Pepes tahu yang lezat ini dihadirkan dengan olahan tahu dan telur dengan berbagai bumbu. Kemudian, olahan tersebut dibungkus menggunakan daun pisang dan dikukus.

16. Seblak Ceker

Makanan hits yang satu ini sudah terkenal di berbagai daerah. Masakan ini terdiri dari kerupuk yang direndam. Kemudian dimasak dengan bakso, ceker dan bumbu yang pedas gurih lezat.

Baca juga: 7 Kuliner Khas Lezat yang Wajib Dicoba ketika Berkunjung ke Banyuwangi

17. Tahu Gejrot

Tahu gejrot dihadirkan dengan potongan tahu dan siraman saus lezat. Pasalnya, saus tersebut terdiri dari campuran gula, air, garam, kecap dan asam jawa, sehingga membentuk makanan yang nikmat.

18. Rawon

Makanan yang satu ini identik dengan kuah hitam yang nikmat dari bumbu kluwek. Penggunaan daging sapi dalam masakan ini juga sangat lezat untuk disantap dengan sepiring nasi.

19. Lontong Kupang

Jika Anda mengenal kupang terbuat dari beras, berbeda dengan masakan ini. Lontong khas dari Jawa Timur ini terbuat dari kupang dengan berbagai bumbu yang nikmat.

20. Rujak Cingur

Rujak cingur berasal dari daging mulut sapi yang direbus dan dicampur dengan berbagai sayuran dan bumbu yang lezat. Tentunya, rujak cingur adalah makanan khas Jawa Timur yang wajib Anda cicipi. 

21. Soto Lamongan

Soto adalah makanan berkuah yang terbuat dari daging ayam. Uniknya, masakan yang satu ini memiliki ciri khas dengan tambahan kata yang membuat soto lamongan semakin nikmat. 

22. Nasi Tempong

Masakan khas Bayuwangi ini terbuat dari perpaduan nasi, sayur, dan berbagai lauk. Penggunaan sambal mentah yang sangat pedas membuat makanan ini dinamakan nasi tempong.

23. Nasi Krawu

Nasi krawu adalah makanan yang disajikan dengan daun pisang. Kemudian, makanan ini juga dihadirkan dengan isian daging sapi yang sangat nikmat.

24. Lontong Balap

Lontong yang disajikan dengan tahu, tauge dan remasan lentho memang enak untuk disantap. Pasalnya, penamaan lontong balap ini karena penjual yang saling berebut pembeli.

Baca juga: Oleh-oleh Khas Jogja untuk Keluarga Tercinta

25. Bebek Sinjay

Bebek sinjay bisa Anda temui ketika mampir ke Madura. Daging bebek yang sangat empuk dan tidak amis ini disajikan dengan sambal mangga sebagai makanan pendamping nasi.

26. Pecel Madiun

Makanan yang satu ini dihadirkan dengan berbagai sayuran yang direbus. Setelah itu, sayuran akan dilumuri dengan sambal kacang yang sangat nikmat. Anda bahkan bisa menambahkan peyek kacang untuk menghadirkan rasa yang lezat.

27. Lodho Ayam

Lodho ayam adalah makanan khas Jawa Timur berbahan dasar ayam. Pasalnya, makanan ini akan dihadirkan dengan kuah lodho yang kental maupun encer.

28. Rujak Soto

Rujak dan soto mungkin menjadi makanan yang berbeda. Namun, masakan yang satu ini menghadirkan perpaduan yang nikmat antara soto kuning dan rujak. Rasa gurih dan pedas yang dihadirkan memang sangat nikmat untuk dicoba.

29. Bebek Songkem

Masakan ini dihadirkan dengan olahan daging bebek yang dikukus dengan pelepah pisang. Masakan ini bahkan juga bisa dihadirkan dengan olahan goreng. Tentunya, bebek songkem sangat nikmat untuk disantap bersama nasi hangat.

30. Pecel Semanggi

Berbeda dari pecel madiun, masakan yang satu ini disajikan dengan bahan dasar semanggi. Penyajian makanan ini juga dihidangkan dengan bumbu dari ketela rambat. Tentunya, pecel semanggi memiliki rasa lezat dan menggugah selera.

Itulah beberapa jenis makanan lezat yang bisa Anda cicipi ketika berkeliling di Jawa. Tak hanya pariwisata alam dan buatan, wisata kuliner tentu bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk Anda lakukan. 

Beragam rasa yang dihadirkan bahkan bisa menambah kesenangan tersendiri bagi Anda.

Artikel lainnya tentang “tempat liburan di Jogja”


Tag

Travel

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Jalur Pendakian Gunung Merbabu untuk Pemula

2020-11-20

Gunung Merbabu merupakan gunung terdapat di daerah Jawa Tengah dengan ketinggian 3.142 meter di atas permukaan laut. Merbabu terkenal di kalangan pecinta alam dengan keindahannya yang memiliki pada

thumbnail

5 Cara Merawat Lansia Dirumah Terbaik yang Patut Anda Coba

2021-08-08

Bagi Anda yang pernah atau sedang menjaga orang tua berusia lanjut, tentu tahu bahwa hal tersebut tidaklah mudah. Untuk merawat lansia dirumah, Anda memerlukan kesabaran

thumbnail

9 Tips Liburan Hemat di Singapura untuk Solo Traveler

2021-03-24

Menyiapkan rencana liburan memang selalu jadi hal yang menyenangkan. Namun, ada banyak hal yang bisa sahabat siapkan dari jauh hari untuk menekan biaya perjalanan jadi l

thumbnail

Sayang Dilewatkan Begitu Saja, Ini 10 Tempat Liburan yang Asik Di Bogor

2020-10-29

Indonesia terkenal akan kekayaan alam cantik dan menawan yang dimilikinya, dan salah satunya dapat ditemukan di kota Bogor. Berag