Logo Daihatsu
Menu

Lokasi dan Jadwal Pelayanan SIM Keliling

Tips & Trick

2020-09-27

sim keliling

SIM online akan memberikan kemudahan bagi Sahabat dalam melayani pembuatan surat izin mengemudi yang dikeluarkan oleh Korlantas Polri. Adanya layanan tersebut diharapkan mampu mempermudah Sahabat dalam proses pembuatan maupun perpanjangan SIM. Termasuk juga akan memudahkan petugas pembuatan SIM dalam merekap data diri Sahabat, selaku pemohon SIM.

Pelayanan Mobil SIM

Meskipun proses pembuatan SIM online, Sahabat sebagai pemohon tetap harus datang ke kantor Satuan Pelayanan Administrasi (Satpas) Korlantas daerah setempat. Sistem online hanya digunakan untuk proses pendaftaran dan pengisian data diri pemohon. Kemudian Sahabat akan memperoleh nomor pendaftaran yang harus dibawa beserta print out pengisian data diri dari halaman website Korlantas setempat.

Bahkan sekarang, khusus bagi Sahabat yang ingin memperpanjang SIM, Sahabat tidak perlu jauh-jauh datang ke Satpas setempat, karena Korlantas memiliki layanan SIM keliling atau mobil SIM. Layanan ini diharapkan akan semakin mendekatkan dan memudahkan masyarakat dalam mengurus perpanjangan SIM. Tetapi kalau Sahabat ingin membuat SIM baru, Sahabat tetap harus datang ke Satpas.

Perlu Sahabat ketahui bahwa layanan mobil SIM hanya melayani perpanjangan SIM bagi golongan SIM A dan SIM C. Bagi Sahabat yang akan melakukan perpanjangan SIM melalui layanan mobil SIM, Sahabat harus menyiapkan beberapa hal terkait dokumen yang diperlukan dan harus dibawa, seperti fotokopi KTP dan SIM. Juga, jangan lupa untuk membawa serta alat tulis, seperti pulpen. 

Prosedur Pembuatan SIM secara Online

Ketika Sahabat sudah sampai di lokasi layanan mobil SIM, kumpulkan dokumen dalam satu map dan serahkan ke petugas bagian registrasi. Selanjutnya Sahabat akan diberikan formulir yang harus Sahabat isi sebagai data diri. Lalu serahkan semua dokumen yang dipersyaratkan kepada petugas. Tunggu nama Sahabat dipanggil untuk masuk ke dalam bus. Setelah di dalam, Sahabat akan di tes mata dengan melihat dua angka di kertas.

Jika Sahabat bisa menjawab dengan benar, Sahabat selanjutnya akan diarahkan menuju tempat foto. Setelah itu, Sahabat diharuskan untuk membayar biaya perpanjangan SIM. Biaya perpanjangan SIM sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 tahun 2016, tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), dengan SIM A Rp 80.000, sedangkan SIM C selisih Rp 5.000 lebih murah. Tapi biasanya akan dikenai tambahan uang kesehatan sebesar Rp 25.000 dan asuransi Rp 30.000. 

Lokasi mobil SIM biasanya berada di dekat Kantor Kecamatan daerah setempat. Sedangkan jadwalnya sesuai hari kerja mulai pukul 9 hingga 15 sore secara bergantian tiap harinya. Biasanya layanan mobil SIM juga buka stand di acara CFD pada hari minggu. Untuk lebih tepatnya, Sahabat bisa mengecek jadwal mobil SIM di website Korlantas Polres tempat tinggal Sahabat. 

Sedangkan bagi Sahabat yang tinggal di wilayah DKI Jakarta, layanan mobil SIM bisa Sahabat nikmati di 5 lokasi. Sahabat yang berada di wilayah Jakarta Utara, bisa menikmati layanan tersebut di halaman parkir Satpas SIM Daan Mogot. Jika Sahabat warga Jakarta Barat, layanan ini bisa Sahabat nikmati di halaman parkir Satpas SIM Daan Mogot juga. 

Lain halnya bagi Sahabat warga Jakarta Selatan, layanan mobil SIM bisa dinikmati dari Kampus Trilogi Kalibata. Sedangkan warga Jakarta Timur, bisa menikmati layanan tersebut dari Green Terrace Taman Mini. Dan bagi warga Jakarta Pusat, bisa mengakses layanan tersebut di Lobby Selatan ITC Cempaka Mas.

Akan lebih mudah jika Sahabat telah mengisi data diri di website Korlantas untuk perpanjangan SIM online. Pastikan sebelum sampai lokasi layanan, Sahabat sudah membawa semua persyaratan seperti fotokopi KTP dan SIM lama, surat keterangan sehat jasmani maupun rohani, serta jangan lupa untuk membawa biaya perpanjangan SIM, kalau bisa lebihkan untuk berjaga-jaga.


Tag

Tips & Trick

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Trik Terbaru! Cara Scan Barcode Maps Tanpa Aplikasi

2020-10-29

Memasuki usia dewasa, kemungkinan Anda seringkali menerima surat undangan dari kerabat atau bahkan saudara sendiri. Uniknya pada

thumbnail

Membahas Sejarah Kerajaan Mataram, Sang Penguasa Jawa

2021-03-31

Kerajaan Mataram Kuno atau yang lebih dikenal dengan nama Kerajaan Medang adalah kerajaan yang berdiri sebagai penerus Kerajaan Kalingga. Kerajaan ini dibangun oleh Raja

thumbnail

7 Tips Menabung untuk Liburan ke Luar Negeri Agar Jadi Kenyataan

2020-11-26

Kalau sudah punya impian yang ingin dicapai, biasanya seseorang punya dorongan yang lebih kuat untuk mencapai sesuatu. Dalam hal ini, mungkin impian yang ingin dicapai adalah liburan ke luar negeri

thumbnail

Lakukan Tips dan Cara Perawatan Daihatsu Xenia Ini Sendiri di Rumah

2021-08-31

Mobil Daihatsu Xenia yang jarang digunakan harus tetap dilakukan perawatan rutin. Perawatan terhadap mobil bertujuan untuk menghindari permasalahan yang muncul pada mobil. Selain itu untuk menjaga