Logo Daihatsu
Menu

Manfaat Ganti Oli Mesin Sebelum Melakukan Purging pada Mobil Mesin Diesel

Otomotif

2022-05-20

Ganti Oli Mesin Sebelum Purging Mesin Diesel

Setiap kendaraan tentu membutuhkan perawatan yang rutin untuk performa yang tetap optimal, seperti halnya membersihkan saluran pembakaran dengan cara purging mesin diesel tanpa harus membongkar komponen yang ada.

Dalam perawatannya, mobil mesin diesel memang harus sering dilakukan penggantian oli agar ruang bakar mesin tidak ada kotoran yang menyumbat. Purging dikenal sebagai proses membersihkan komponen pompa injeksi atau jalur bahan bakar pada kendaraan mobil dengan cairan khusus.

Akan tetapi sebelum melakukan purging, Anda disarankan untuk mengganti oli mesin terlebih dahulu. Benarkah demikian? Nah, untuk menjawab rasa penasaran Anda, simak yuk penjelasannya berikut ini!

Manfaat Ganti Oli Mesin sebelum Purging Mesin Diesel

Purging diesel ini biasanya bisa dilakukan pada mobil yang sudah menggunakan teknologi common rail. Melalui purging, Anda bisa membersihkan saluran bahan bakar, injector, hingga ruang bakar mesin diesel dengan mudah.

Proses purging diesel ini dilakukan dengan cara memasukkan cairan cleaner yang kemudian terbakar di dalam ruang bakar. Akan tetapi ada anggapan bahwa sebelum melakukan purging disarankan untuk melakukan ganti oli mesin terlebih dahulu. Benarkah demikian?

Saat proses purging biasanya sekaligus dengan mengganti oli mesin pada mobil. Bahkan ada pula yang melakukan proses purging terlebih dahulu barulah ganti oli. Hal ini karena proses purging berpotensi membuat oli mesin mengalami fuel dilution atau proses bercampurnya bahan bakar dengan cairan purging sehingga menurunkan kualitas oli itu sendiri.

Cairan purging itu nantinya bisa masuk melalui celah-celah ring piston dan liner silinder sehingga cairan purging ini bisa membuat oli mesin menjadi rusak karena tercampur.

Untuk itu, Anda bisa melakukan ganti oli terlebih dahulu barulah melakukan purging pada mobil mesin diesel Anda. Hal ini memang terlihat sepele akan tetapi penting diperhatikan agar umur oli mesin diesel bisa bertahan lebih lama.

Cara Merawat Mobil Mesin Diesel Agar Tahan Lama

Purging menjadi salah satu upaya untuk merawat mobil diesel Daihatsu Anda. Akan tetapi, ada beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan dalam merawat mobil mesin diesel agar lebih awet dan tahan lama. Yuk, simak langkah-langkahnya berikut ini!

1. Melakukan pemanasan pada mobil sebelum digunakan

Sebagai pemilik mobil bermesin diesel, Anda perlu memanaskan mesin mobil sebelum digunakan. Hal ini bertujuan agar oli yang ada di dalam mesin bisa bersirkulasi terlebih dahulu sehingga dapat bekerja secara optimal. Anda bisa memanaskan mesin mobil selama 5 sampai 10 menit sebelum digunakan untuk perjalanan.

2. Menggunakan oli yang tepat

Agar mesin diesel Anda lebih awet dan tahan lama, maka Anda bisa menggunakan oli mesin yang tepat dan sesuai dengan yang dianjurkan. Mobil mesin diesel memiliki temperatur yang tinggi sehingga oli yang dibutuhkan juga lebih kental dibandingkan dengan mobil bensin.

3. Menggunakan bahan bakar yang dianjurkan

Cara merawat mobil mesin diesel yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah dengan menggunakan bahan bakar yang dianjurkan oleh pabrikan mobil Anda. Bahan bakar inilah yang juga berpengaruh terhadap usia mesin kendaraan Anda.

Semakin bagus kualitas bahan bakar yang dipilih, maka semakin awet juga komponen pada mesin mobil Anda. Sebaliknya, bahan bakar dengan kualitas buruk tentu memiliki kandungan sulfur yang tinggi sehingga bisa menyebabkan komponen mesin mudah rusak.

4. Rutin mengganti filter bahan bakar

Langkah selanjutnya adalah dengan rutin mengganti filter bahan bakar. Filter ini berfungsi untuk menyaring kotoran dan kandungan air yang terdapat pada bahan bakar. Filter yang jarang diganti bisa mengurangi kemampuannya dalam menyaring kotoran maupun kandungan air yang ada di dalam mesin sehingga bisa menyebabkan mobil Anda mudah mogok.

5. Rutin mengganti filter udara

Selain filter bahan bakar, Anda juga perlu rutin mengganti filter udara mobil diesel Anda. Sedangkan adanya debu dan kotoran yang masuk juga bisa menyebabkan pembakaran menjadi tidak sempurna. Filter udara ini nantinya mampu menyaring debu dan kotoran yang terbawa angin.

6. Melakukan service secara berkala

Langka selanjutnya adalah dengan melakukan service secara berkala. Dengan melakukan service berkala pada mobil diesel Anda, maka Anda bisa mendeteksi kerusakan komponen lebih awal pada kendaraan Anda untuk menghindari kerusakan yang lebih parah.

Baca Juga:  Efek Buruk Kebiasaan Telat Ganti Oli Mobil

Kini, bagi Anda pengguna mobil diesel Daihatsu, maka tidak perlu khawatir untuk melakukan service rutin pada kendaraan Anda karena bengkel Daihatsu hadir di setiap daerah untuk memberikan layanan service terbaik untuk kendaraan Anda.

Bahkan booking service bisa dilakukan secara online dengan mengisi form pada website resmi Daihatsu. Mari sayangi mobil Anda dengan melakukan service berkala di bengkel Daihatsu terdekat di Kota Anda!


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Fungsi Ground Clearance pada Mobil dan Ukurannya

2022-11-24

Ketika musim hujan tiba, sering kali menimbulkan banyak genangan air di jalanan bahkan banjir. Hal tersebut membuat laju mobil terkadang terhambat. Kondisi inilah ya

thumbnail

Jangan Sembarangan Cuci Mobil, Perhatikan Lima Hal ini!

2020-11-03

Cuci mobil sekilas tampak sepele. Siram dengan air sabun, bilas dengan air bersih, kemudian lap sampai kering, selesai. Ternyata tidak semudah itu loh Sahabat. Jika dila

thumbnail

Aki Basah vs Aki Kering. Pilih Mana?

2021-02-19

Aki atau accumulator yang biasa disingkat accu merupakan salah satu jenis baterai yang umumnya digunakan sebagai penyuplai daya listrik

thumbnail

Mengenal Apa Saja Spare Part Mobil yang Wajib Diganti Secara Rutin

2020-11-14

Setiap pemilik mobil memiliki kewajiban untuk merawat kendaraannya agar tetap prima, terutama jika Anda mengandalkannya untuk menunjang aktivitas harian.