Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Manfaat Makan Ikan Salmon
17 Maret 2021
manfaat ikan salmon

Ikan salmon adalah ikan yang hidup dengan cara unik, dia lahir di perairan tawar, lalu menuju perairan asin (laut), dan kembali lagi ke perairan tawar untuk berkembang biak. Ikan salmon memiliki indera penciuman yang tajam dan memiliki ingatan untuk kembali ke tempat dulu ia dilahirkan.

Ikan salmon ini banyak ditemukan di samudera Atlantik dan samudera Pasifik. Ikan salmon hidup di suhu yang rendah. Banyak orang berburu ikan yang satu ini karena banyaknya kandungan dan manfaat yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi ikan salmon.

Kandungan Ikan Salmon

Ikan salmon disebut sebagai ikan yang paling bernutrisi di dunia. Pantas saja jika dia dihargai dengan harga yang cukup mahal dagingnya. Apa saja sih kira-kira kandungan nutrisi dalam ikan salmon?

1. Protein berkualitas tinggi

Setiap 7 ons daging ikan salmon mengandung 50 gram protein. Protein ini sangat berguna bagi tubuh melindungi kesehatan tulang dan menjaga massa otot dari proses penurunan karena tua.

2. Vitamin B

Vitamin B yang ada pada ikan salmon cukup beragam. Mulai dari vitamin B1 hingga B6 dan B9 hingga B12. Fungsi vitamin B ini adalah untuk mengubah makanan menjadi energi dan memperbaiki sel-sel yang rusak. Vitamin B juga digunakan untuk menekan peradangan dalam tubuh dan sangat baik untuk otak.

3. Sumber potasium tinggi

Terdapat 36% potasium yang dibutuhkan oleh tubuh dalam setiap 7 ons daging ikan salmon. Kandungan potasium pada salmon lebih tinggi dibandingkan pisang. Potasium ini digunakan untuk mengontrol tekanan darah dan menurunkan risiko stroke.

4. Selenium

Selenium yang dikandung oleh ikan salmon sudah mencukupi semua kebutuhan selenium yang dibutuhkan oleh tubuh jika Sahabat mengonsumsi dagingnya sebanyak 7 ons. Fungsi selenium adalah untuk menurunkan kadar antibodi tiroid pada penderita penyakit autoimun.

5. Lemak Omega-3

Ikan salmon mengandung banyak omega-3. Setiap 100 gram daging salmon mengandung sekitar 2,3 hingga 2,6 gram omega-3. Omega-3 ini adalah protein yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita untuk meningkatkan fungsi arteri pada tubuh.

Baca juga : 9 Manfaat Makan Ikan untuk Kesehatan Tubuh yang Prima

Manfaat Makan Ikan Salmon

Nutrisi yang terkandung pada ikan salmon sangat baik untuk tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bakal Sahabat dapatkan jika Sahabat mengonsumsi ikan salmon dalam rentang waktu tertentu.

1. Meningkatkan daya ingat otak

Kandungan omega-3, vitamin A, vitamin D, dan selenium yang terkandung dalam ikan salmon dapat meningkatkan daya ingat otak kita loh.

2. Menekan risiko penyakit jantung

Ikan salmon bisa menekan risiko penyakit jantung dengan cara kandungan omega-3-nya yang bisa mengurangi kadar kolesterol dalam darah dan memperkuat otot jantung. Omega-3 ini juga bisa memperbaiki sel-sel pembuluh darah yang rusak.

3. Mencegah peradangan

Makan ikan salmon dalam rentang waktu tertentu bisa mencegah terjadinya peradangan. Hal ini dikarenakan karena kandungan vitamin B yang ada pada ikan salmon cukup kompleks.

4. Menjaga kesehatan mata

Mata lelah, mata kering, dan gangguan mata lainnya bisa diatasi dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A dan omega-3. Ikan salmon memiliki zat itu semua.

5. Mencegah insomnia

Dalam ikan salmon terdapat triptofan yang merupakan sedatif alami. Fungsi triptofan ini adalah memberikan sensasi relaks dan rasa kantuk. Cocok sekali untuk Sahabat yang sedang dirundung insomnia.

6. Cocok untuk diet

Saat Sahabat mengonsumsi ikan salmon, Sahabat akan merasakan sensasi mudah kenyang. Hal ini dikarenakan ikan salmon dapat mengatur hormon yang mengontrol nafsu makan. Alhasil, Sahabat tidak perlu makan makanan berlemak lainnya yang bisa membuat berat badan Sahabat menjadi naik secara drastis.

Penulis: Iskael

Tips Sahabat Lainnya
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Tidak ada yang pernah mengira sebelumnya bahwa virus Corona ini akan berdampak pada banyak hal di dunia. Termasuk di Indonesia sendiri pada saat awal isu virus Corona di Wuhan, masyarakat Indonesia ma
Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel
Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel
Di dunia otomotif, kita mengenal dua jenis mesin. Yang pertama adalah mesin diesel dan yang kedua adalah mesin bensin. Di Indonesia sendiri kebanyakan mobil pribadi menggunakan mesin bensin. Sangat be
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil yang menjadi solusi saat berada di cuaca di Ibu Kota yang sangat terik. Indonesia merupakan negara tropis dengan suhu udara yang cukup panas terlebih saat musim kemarau tiba. Di saat seperti
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
Bagi Sahabat pengguna mobil tua, tentu tidak asing lagi dengan komponen karburator mobil. Karburator ini tidak akan kita temukan pada kendaraan keluaran terbaru. Karena mobil yang diproduksi baru-baru

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku