Logo Daihatsu
Menu

Manfaat Membersihkan Sela-sela Mur Roda Mobil Saat Musim Hujan

Otomotif

2021-12-30

membersihkan sela-sela mur roda mobil

Aktivitas untuk membersihkan sela-sela mur roda mobil sebenarnya tidaklah sulit, tetapi tidak sedikit orang yang mengabaikannya. Sebagian beranggapan, bahwa bagian terpenting yang perlu dibersihkan adalah roda mobil.

Memang benar, roda mobil harus dirawat dengan baik, karena bersinggungan secara langsung dengan jalanan.  Entah itu jalanan yang lurus, mulus, berkelok, berkerikil, atau bahkan berlubang maupun banjir.

Manfaat Membersihkan Sela-sela Mur Roda Mobil

Namun, ada bagian dari roda mobil yang seringkali terabaikan, yakni sela-sela mur. Orang justru sering mengabaikannya, karena letak mur cukup sulit dijangkau. Hal ini cukup disayangkan, karena membersihkan sela-sela mur ternyata memiliki manfaat.

Mencegah Karat

Saat musim hujan, roda akan terkena air yang keruh dan kotor. Seiring berjalannya waktu, air tersebut akan mengering dan mengendap di bagian drat atau alur mur. Jika kondisi tersebut dibiarkan, maka bisa memicu penumpukan kotoran.

Penumpukan inilah yang lama-kelamaan membentuk plak, lalu menjadi karat. Karat ini cukup berbahaya, karena pada kondisi tertentu juga bisa merusak bagian komponennya hingga berlubang.

Jaga Tampilan

Selain karat, endapan air yang tidak kunjung dibersihkan juga bisa memicu kemunculan jamur. Akibatnya, pelek pada roda mobil akan tampak kusam dan tidak bisa mengkilap secara maksimal.

Hal tersebut semakin parah, apabila sudah muncul karat pada drat. Meski hanya berupa roda, tetapi apabila berkarat tetap menganggu penampilan, bukan? Itu artinya, membersihkan sela-sela mur juga sama saja dengan perawatan mobil.

Roda Mudah Dibuka

Apakah Anda pernah melihat atau mengalami roda mobil yang sulit untuk dibuka? Salah satu penyebab yang paling sering terjadi adalah kebersihan mur yang tidak dijaga dengan baik.

Karat atau korosi yang muncul karena kotoran mengering bisa menyebabkan mur menjadi macet dan susah untuk dibuka. Kondisi merupakan sebuah malapetaka bagi pengendara mobil.

Bayangkan, bila tiba-tiba roda mobil bocor di tengah jalan. Tentu saja, Anda harus berjuang lebih keras lagi untuk mengganti roda tersebut dengan cadangannya. Hal ini tentu sangat merepotkan, karena tidak mungkin mendorongnya ke bengkel, bukan?

Perawatan Lebih Mudah

Saat mur dalam kondisi bersih, Anda bisa lebih mudah dan leluasa untuk melakukan perawatan mobil. Oleh karena itu, saat mobil selesai dicuci, jangan lupa juga untuk membersihkan sela-sela mur juga.

Untuk perawatan harian, Anda bisa mengoleskan sedikit sabun pada bagian mur, lalu menyikatnya secara perlahan. Terutama saat musim hujan sudah tiba, segera bilas mur menggunakan air bersih, lalu keringkan dengan lap kering.

Akan lebih baik lagi, jika Anda melakukan perawatan tambahan. Setiap jarak tempuh mencapai 10.000 kilometer, mintalah mekanik di bengkel resmi untuk membersihkan setiap mur roda.

Tidak hanya mencuci dan mengelapnya saja, mekanik juga akan memberikan cairan penetran pada setiap mur. Cairan ini digadang-gadang cukup ampuh dalam merontokkan kotoran, jamur, maupun karat yang menempel pada mur.

Sebenarnya, Anda bisa melakukan perawatan ini sendiri di rumah. Anda hanya perlu memastikan semua mur bersih sempurna dan kembali terpasang dengan baik. Awas, jangan menggunakan kunci sembarangan, karena bisa merusak mur.

Dapatkan Pelayanan Terbaik dari Daihatsu

Anda bisa mencari panduan mengenai perawatan mobil yang selengkapnya di website Daihatsu atau datang langsung ke bengkel resmi terdekat. Dengan mekanik yang berpengalaman, kendaraan Anda akan ditangani secara profesional.

Kini, Anda tidak perlu repot-repot untuk membersihkan sela-sela mur roda mobil lagi. Cukup buat janji service melalui nomor yang tercantum, Anda tinggal datang tanpa perlu mengantri di bengkel. Sangat praktis dan hemat waktu, bukan?

Jangan tunggu lebih lama, mari membersihkan sela-sela mur roda mobil dengan bantuan teknisi dari Daihatsu!


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Cara Membersihkan Plafon Mobil Beludru Kotor & Berjamur

2022-08-03

Merawat plafon mobil secara berkala adalah hal yang perlu dilakukan. Apalagi jika plafon berbahan beludur. Cara membersihkan plafon mobil beludru yang kotor dan berjamur sangat mud

thumbnail

Mobil Penggerak Roda Depan vs Belakang, Ini Kelebihannya!

2022-09-26

Ketika sedang ingin membeli sebuah mobil, semua orang pasti mempertimbangkan sistem penggerak roda mobil sebelum menentukan mobil pilihannya. Apakah memilih mobil pe

thumbnail

Catat! Inilah Daftar Tipe Daihatsu Taruna yang Bagus dan Layak Dibeli!

2021-03-17

Seperti halnya mobil keluaran Daihatsu lainnya, Daihatsu Taruna juga punya banyak tipe yang bisa dipilih. Sahabat bisa memilih salah satunya yang sekiranya cocok. Pada a

thumbnail

4 Ciri-Ciri Selenoid Mobil Matic Rusak & Solusinya

2022-12-15

Salah satu komponen yang penting untuk diperhatikan adalah selenoid matic. Jangan sampai, Anda hanya menggunakannya dan tidak memperhatikan ciri ciri selenoid matic